.

Sabtu, 13 Oktober 2018

Pencemaran Tanah bagi Makhluk Hidup


Oleh: Alif Rayhan Daryansyh (@J05-Alif)

Abstrak

Suatu lingkungan dikatakan tercemar apabila telah terjadi perubahanperubahan dalam tatanan lingkungan sehingga tidak sama lagi dengan bentuk asalnya, sebagai akibat masuk dan atau dimasukkannya suatu zat atau benda asing ke dalam tatanan lingkungan. Perubahan ini memberikan dampak buruk terhadap organisme yang hidup dalam tatanan tersebut. Pada tingkat lanjut, perubahan ini juga dapat membunuh bahkan menghapuskan satu atau lebih organisme.

Kata kunci : Tanah, Pencemaran Tanah

Tanah sangatlah penting bagi kehidupan umat manusia dan makhluk hidup lainnya dengan fungsi yang tidak akan dapat digantikan dengan yang lainnya. Hampir seluruh kegiatan yang dilakukan manusia dilakukan diatas tanah , mulai dari tempat tinggal, pertanian, industri dan aktivitas-aktivitas lainnya (Achmad, 2004).

pencemaran tanah adalah kondisi dimana terdapat bahan kimia buatan manusia yang berbahaya dan beracun yang masuk ke dalam lapisan tanah dan mengubah struktur hingga lingkungan hidup di dalam tanah.

Penyebab Pencemaran Tanah

Pencemaran Tanah ada 2 faktor, yaitu faktor buatan yang disebabkan oleh manusia dan faktor alami yang disebabkan oleh fenomena alam. Berikut contoh dari penyebab terjadinya Pencemaran Tanah :

1. Faktor Buatan

  • Pembuangan sampah anorganik

Pembuangan sampah anorganik seperti pecahan kaca, plastik, logam, dan material karet akan sulit terdekomposisi oleh mikroorganisme tanah dalam waktu yang singkat sehingga keberadaan sampah-sampah tersebut pada akhirnya dapat menurunkan tingkat kesuburan tanah serta daya guna lahan.
  • Penggunaan Pestisida

Penggunaan pestisida secara masif pada lahan-lahan pertanian akan meninggalkan residu berupa racun-racun anorganik. Residu tersebut akan membuat matinya organisme tanah, baik yang berupa mikrofauna, mikroflora, makrofauna, hingga makroflora.
  • Penggunaan Pupuk Anorganik

Selain pestisida, pupuk anorganik yang selalu digunakan dalam industri pertanian juga merupakan penyebab pencemaran tanah yang perlu mendapat perhatian serius karena penggunaan pupuk anorganik terlalu sering akan meninggalkan residu yang berdampak pada kerusakan struktur tanah dan tingkat kesuburan tanah.
  • Pembuangan Limbah Cair Industri dan Rumah Tangga

Pembuangan berbagai limbah cair rumah tangga seperti sisa deterjen dan sabun, serta limbah cair industri ke badan tanah. Limbah-limbah semacam ini tidak bisa diuraikan dalam jangka waktu singkat oleh mikroba tanah karena mikorba-mikroba tersebut justru akan mati akibat sifat racun yang dimiliki oleh limbah cair.

2. Faktor Alami


  • Hujan Asam

Hujan asam yang diakibatkan abu vulkanik hasil letusan gunung berapi menimbulkan efek samping bagi kerusakan tanah. Kandungan asam yang terlalu tinggi pada air hujan membuat pH tanah akan mengalami penurunan drastis. Akibatnya, mikroorganisme tanah yang tidak mampu beradaptasi akan mati serta struktur tanah juga akan mengalami perubahan dan menyebabkan tumbuhan menjadi tidak mampu bertahan hidup.

Macam-macam Pencemaran Tanah

  • Limbah Domestik

Limbah domestik ini adalah jenis pencemaran yang berasal dari kegiatan yang biasa dilakukan oleh manusia seperti berdagang, kelembagaan, dan pariwisata. Ada dua jenis limbah domestik yaitu limbah domestik padat dan limbah domestic cair. Limbah domestik padat berupa sampah anorganik yang sulit di uraikan oleh mikroorganisme, sedangkan untuk limbah domestik cair seperti deterjen, oli, cat, dll.
  • Limbah Industri

Kegiatan industri yang ada di Indonesia sekarang ini semakin hari semakin tidak terkendali tentang masalah pembuangan limbah yang sembarangan. Hal ini mengakibatkan pencemaran yang sangat serius bagi lingkungan terutama bagi pemilik industri kecil yang menjalankan industri nya tanpa seijin pemerintah.
  • Limbah Pertanian

Keberadaan zat-zat kimia seperti urea, DDT, pestisida yang seharusnya dapat membantu proses pertanian justru malah menjadi sumber dari pencemaran tanah akibat dari sisa-sisa zat-zat kimia tersebut.

Dampak Pencemaran Tanah

Beberapa macam dampak pencemaran tanah antara lain sebagai berikut:

  • Mengurangi kesuburan tanah

Dampak pertama yang akan kita rasakan dari adanya tanah yang tercemar pastinya akan menurunkan kesuburan pada tanah itu sendiri. Tanah mempunyai keunggulan, Salah satunya adalah mempunyai nilai kesuburan sehingga banyak tanaman bisa hidup dengan subur.

Namun ketika tanah ini sudah tercemar dengan berbagai macam zat yang merugikan hal ini akan menurunkan tingkat kesuburan tanah tersebut.
  • Membuat tumbuh- tumbuhan dan makhluk hidup lainnya mati

Selain membuat menurunkan kesuburan tanah, zat-zat kimia tersebut juga dapat membuat tanaman-tanaman serta makhluk hidup di sekitar tanah yang telah tercemar akan mati karena keracunan dari zat-zat kimia tersebut.
  • Menimbulkan wabah penyakit

Dampak pencemaran tanah yang selajutnya adalah menyebabkan timbulnya banyak bibit penyakit. Tanah yang tercemar merupakan tempat berkumpulnya bagi patogen- patogen yang menimbulkan banyak penyakit. Hal ini dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama akan menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, penyakit perut, penyakit kulit, ginjal dan liver, dll.
  • Merusak ekosistem

Tanah termasuk ke dalam komponen abiotik sehingga tercemarnya tanah pastinya akan menyebabkan keseimbangan ekosistem menjadi terganggu. Akibatnya lingkungan menjadi tidak nyaman dan banyak fungsi yang seharusnya didapatkan justru akan berubah menjadi kerugian.
  • Merusak keindahan atau estetika

Akibat selanjutya adalah rusaknya nilai keindahan atau estetika lingkungan. Keindahan lingkungan tidak hanya terdapat pada apa yang kita lihat saja, namun juga apa yang kita dengar dan apa pula yang kita rasa. Pencemaran tanah akan banyak sekali merusak nilai- nilai keindahan tersebut. Selain itu hal tersebut akan menyebabkan lingkungan yang kita tempati menjadi tidak nyaman. Terlebih apabila pencemarah tanah tersebut disebabkan oleh sampah. Selain tidak sedap dipandang mata, sampah juga akan menyebabkan bau yang sangat menyengat

Itulah beberapa dampak dari pencemaran tanah yang dapat kita rasakan. Selain dampak- dampak tersebut masih banyak lagi dampak yang dapat kita rasakan baik kita sadari maupun tidak. Oleh karenai itulah kita sebagai manusia harus menjaga tanah dari berbagai bentuk pencemaran.


Cara Mencegah Pencemaran Tanah

Tindakan pencegahan yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Sebelum dibuang ke tanah senyawa sintetis seperti plastik sebaiknya diuraikan lebih dahulu, misalnya dengan dibakar.
  2. Untuk bahan-bahan yang dapat didaur ulang, hendaknya dilakukan proses daur ulang, seperti kaca, plastik, kaleng, dan sebagainya.
  3. Menumbuhkan kesadaran pada masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.
  4. Pisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari tumbuhan dan hewan yang cepat busuk dan dapat didaur ulang menjadi kompos. Sampah anorganik seperti plastik, baterai, dan kaleng bekas, tidak dapat diurai oleh mikroorganisme sehingga harus dipisahkan.
  5. Limbah deterjen sebaiknya jangan dibuang ke tanah, tetapi ditampung ke dalam bak penampungan untuk selanjutnya dilakukan pengendapan, penyaringan, dan penjernihan.
  6. Penggunaan pupuk anorganik secara tidak berlebihan pada tanaman.
  7. Penggunaan pestisida dengan dosis yang telah ditentukan.

Daftar Pustaka

Setiawan,Hayyan. 2017. Cara Mencegah Pencemaran Tanah. Dalam: http://ilmulingkungan.com/cara-pencegahan-dan-penanggulangan-pencemaran-tanah/ (diakses 13 Oktober 2018).

Jetti,Ruth. 2017. Penyakit yang Disebabkan oleh Pencemaran Tanah. Dalam: https://www.ruthjetti.com/2017/02/dampak-dan-penyakit-akibat-pencemaran.html (diakses 13 
Oktober 2018).

Fatma, Desty. 2016. Jenis dan Dampak Pencemaran Tanah. Dalam: https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/tanah/dampak-pencemaran-tanah (Diakses 13 Oktober 2018).

Pandu, Ken. 2017. Penyebab Pencemaran Tanah. Dalam: http://www.ebiologi.net/2017/08/penyebab-pencemaran-tanah.html (diakses 13 Oktober 2018).












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.