.

Sabtu, 11 Agustus 2018

pengelompokan industri kimia


Pengelompokan industri kimia

Industri kimia semakin lama semakin mengalami perkembangan yang pesat, kondisi ini mendorong persaingan antara industri kimia satu dengan yang lainnya. Persaingan yang terjadi mendorong perusahaan untuk dapat memiliki strategi yang tepat dalam meningkatkan dan mengembangkan produksi perusahaan, misalnya dengan menambah jumlah kapasitas produksi. Salah satu cara untuk menambah kapasitas produksi adalah dengan menambah line produksi baru. PT Sinar Sakti Kimia adalah sebuah perusahaan yang terletak di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. PT Sinar Sakti Kimia bergerak di bidang Industri kimia. PT. Sinar Sakti Kimia memproduksi water glass dengan berbagai jenis kekentalan maupun cullet (Water glass yang masih berbentuk kristal). Konsumen dari perusahaan ini adalah dari pabrik-pabrik keramik, sabun, kertas, tekstil, dan kimia.
Kimia industri adalah cabang ilmu kimia yang menerapkan pengetahuan kimiawi terhadap produksi material dan zat kimia khusus dengan sedikit dampak buruk pada lingkungan.
Meskipun proses kimia laboratorium disesuaikan secara tradisional dengan skala industri, proses tersebut dimodelkan dengan cermat sesuai dengan skala mereka. Dengan demikian, fenomena seperti perpindahan massa atau panas, model arus atau sistem kontrol dikelompokkan dibawah lingkup teknik kimia.
Industri mempunyai dua pengertian yaitu pengertian secara luas dan pengertian secara sempit. Dalam pengertian secara luas, industri mencakup semua usaha dan kegiatan dibidang ekonomi yang bersifat produktif. Sedangkan pengertian secara sempit, industri atau industri pengolahan adalah suatu kegiatan yang mengubah suatu barang dasar secara mekanis, kimia, atau dengan tangan sehingga menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Dalam hal ini termasuk kegiatan jasa industri dan pekerja perakitan (assembling). Dalam istilah ekonomi, industri mempunyai dua pengertian. Pertama, industri merupakan himpunan perusahaan-perusahaan sejenis, contoh industri kertas berarti himpunan perusahaan-perusahaan penghasil kertas. Kedua, industri adalah sektor ekonomi yang didalamnya terdapat kegiatan produktif yang mengolah barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi (Arsyad, 2004).
Dalam pengertian kedua, kata industri sering disebut sektor industri pengolahan/manufaktur yaitu salah satu faktor produksi atau lapangan usaha dalam perhitungan pendapatan nasional menurut pendekatan produksi. Sukirno (2006) pengertian industri adalah:
Pengelompokan Jenis Industri Departemen Perindustrian mengelompokan industri nasional Indonesia dalam 3 kelompok besar yaitu: 1. Industri Dasar Industri dasar meliputi kelompok industri mesin dan logam dasar (IMLD) dan kelompok industri kimia dasar (IKD). Yang termasuk dalam IMLD atara lain industri mesin pertanian, elektronika, kereta api, pesawat terbang, kendaraan bermotor, besi baja, alumunium, tembaga dan sebagainya.
daftar pustaka;
http://e-journal.uajy.ac.id/11042/2/1TI08101.pdf
https://id.wikipedia.org/wiki/Kimia_industri
http://digilib.unila.ac.id/3048/12/BAB%20II.pdf
http://e-journal.uajy.ac.id/2584/3/2EP14851.pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar