.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Pencemaran Udara , Penyebab dan Dampaknya


Nama : ALIFIANA
Kode : @G31


adalah pencemaran yang terjadi karena masuknya substansi yang dapat mengganggu mutu daru udara dan tentunya sangat membahayakan bagi makhluk hidup. Sifat udara yang mudah menyebar inilah yang membuat penyebaran menjadi lebih cepat dan tidak terarah sehingga menimbulkan pencemaran udara di berbagai tempat tanpa mengenal waktu. 

B.Dampak Pencemaran Udara
Dampak dari pencemaran udara sangatlah banyak dan sangat membahayakan, mulai dari yang mengganggu kegiatan sehari-hari hingga menyebabkan kematian kepada seseorang.
Berikut ini beberapa dampak atau efek yang di timbulkan oleh polusi udara :

1. Gangguan Kesehatan

Salah satu dampak fatal dari pencemaran udara adalah terjadinya gangguan kesehatan. Seseorang yang menghirup udara kotor tersebut bisa kapan saja terkena beberapa penyakit yang dirasa penyakit tersebut cukup parah seperti ispa, asma, bronkitis, memicu stress, kanker paru-paru dan kanker kulit yang disebabkan terganggunya sistem lapisan ozon.

2. Dampak Terhadap Pertanian

Selain dampak pada kesehatan, adanya pencemaran udara juga bisa mempengaruhi terhadap bidang pertanian. Contoh masalah yang terjadi karena pencemaran lingkungan ini adalah terganggunya proses fotosistesi pada tumbuhan yang mengakibatkan terganggunya pertumbuhan dari tumbuhan itu sendiri.

3. Hujan Asam

Karena banyaknya asap yang berterbangan dan membawa berbagai macam zat yang entah itu ada yang berbahaya atau tidak mengarah ke awan. Disitu karena adanya zat yang sensitif dan rapuh tercampur dengan air menjadikan zat dan air tersebut berubah menjadi zat asam.

4. Kerusakan Lapisan Ozon

Lapisan ozon berada di stratosfer yang taksiran ketinggian dari lapisan ozon sekitar 20-35 km dari permukaan bumi. Lapisan ini yang melindungi bumi dari sinar ultra violet yang pancarkan matahari. Akibat jika terkena dari sinar tersebut secara langsung efek yang di timbulkan mulai kulit terbakar hingga kanker kulit. Karena zat-zat yang terkandung dalam polutan tersebut sangat barbahaya menjadikan lapisan ozon yang dulunya tebal dan aman sekarang mulai berlubang dan menipis.

5. Efek Rumah Kaca

Ini merupaka efek yang sekarang sudah dirasakan hampir semua manusia di planet ini. Disebabkan oleh menumpuknya gas CFC beserta gas-gas yang bersifat negatif di permukaan atmofer.
Akibat dari itu radiasi dan sinar ultra violet di tampung dan di pantulkan secara sekala besar ke dalam permukaan bumi, yang menjadikan pemanasan permukaan bumi. Kejadian ini disebut sebagai global warming atau pemanasan global.

C.Penyebab Polusi Udara
Penyebab pencemaran udara dari faktor adalah alam contohnya adalah aktifitas gunung berapi yang mengeluarkan abu dan gas vulkanik, kebakaran hutan, dan kegiatan mikroorganisme. Polutan yang dihasilkan biasanya berupa asap, debu, dan gas.
Penyebab polusi udara yang kedua adalah faktor manusia dengan segala aktifitasnya. Berbagai kegiatan manusia yang dapat menghasilkan polutan antara lain :
  1. Pembakaran; Semisal pembakaran sampah , dan kegiatan industri. Polutan yang dihasilkan antara lain asap, debu, grit (pasir halus), dan gas (CO dan NO).
  2. Proses peleburan; Semisal proses peleburan baja. Polutan yang dihasilkannya meliputi debu, uap, dan gas.
  3. Pertambangan dan penggalian; Polutan yang dihasilkan terutama adalah debu.
  4. Proses pengolahan dan pemanasan; Semisal proses pengolahan makanan. Polutan yang dihasilkan meliputi asap, debu, dan bau.
  5. Pembuangan limbah; baik limbah industri maupun limbah rumah tangga. Polutannya adalah gas H2S yang menimbulkan bau busuk.
  6. Proses kimia; Semisal pada pemurnian minyak bumi. Polutan yang dihasilkan umunya berupa debu, uap dan gas.
  7. Proses pembangunan; Semisal pembangunan gedung-gedung, jalan dan kegiatan yang semacamnya. Polutannya seperti asap dan debu.
  8. Proses percobaan atom atau nuklir; Polutan yang dihasilkan adalah gas dan debu radioaktif.
 Daftar Pustaka :
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar