.

Sabtu, 11 Agustus 2018

PENCEMARAN UDARA : DAMPAK PENCEMARAN UDARA PADA LINGKUNGAN

PENCEMARAN UDARA : DAMPAK PENCEMARAN UDARA PADA KESEHATAN



Abstract



Menurut budiono (2001) Pertumbuhan aktivitas ekonomi dan urbanisasi yang cukup tinggi baik diperkotaan dan subperkotaan berpotensi besar dalam peningkatan penggunaan konsumsi energi, separti pada kebutuhan bahan bakar guna pembangkit tenaga listrik, tungku-tungku industri dan transportasi. Pembakaran bahan bakar ini merupakan sumber-sumber pencemar utama yang dilepaskan ke udara.



Keywords : pencemaran, udara.



Penyebab Pencemaran Udara.

1.  Polusi Asap Kendaraan Bermotor

kendaraan bermotor merupakan salah satu kebutuhan umum yang paling penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Padahal asap dari kendaraan pribadi salah satu penyebab dan penyumbang terbesar dalam pencemaran udara.

2. Pembangkit Listrik

Sebagian pembangkit listrik konvensional hingga sekarang masih menggunakan bahan bakar yang masih kurang ramah lingkungan. Beberapa contohnya seperti batu bara, gas, dan minyak. Pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna merupakan hal yang menghasilkan gas berbahaya yang menyebabkan pencemaran udara.

3. Abu Polutan Letusan Gunung Berapi

Indonesia adalah salah negara dimana memiliki banyak gunung berapi atau gunung yang masih aktif. Salah satu kemungkinan dari pencemaran udara yang berasal dari alam merupakan ini salah satunya.

4. Limbah Asap Industri atau Pabrik

Beberapa zat yang keluar dari proses industri ini berupa zat yang berbahaya seperti karbon monoksida, hidokarbon, dan senyawa yang dapat membahayakan kesehatan alam dan manusia.

5. Limbah Pertanian

Penggunaan dari pupuk itu terlalu berlebihan menjadikan gas amonia dan NH3 yang terkandung dalam pupuk tersebut keluar berlebihan yang mengakibatkan dampak yang signifikan kepada keadaan atmosfer.

6. Kegiatan Pertambangan Penyebab Pencemaran Udara

Dalam proses pertambangan sendiri ketika dalam proses penambangan mineral yang di ambil dari perut bumi menjadikan banyak polutan yang dihasilkan.

7. Aktifitas Rumah Tangga

Aktifitas rumah tangga juga memiliki andil dalam menyumbang polusi udara ini. Ada beberapa kegiatan rumah tangga yang menyebabkan polusi udara. Seperti pembakaran sampah yang masih sembarangan dan juga proses pengecatan rumah.

8. Kebakaran Hutan Polutan Polusi Udara

terkadang penyebab dari kebakaran hutan sendiri sulit di duga-duga. Terkadang ada yang karena dari alam yang terutama pertanahan gambut atau bisa juga disebabkan oleh tangan manusia sendiri.

9. Efek Timbunan Sampah Untuk Polusi Udara

Selain bau yang tidak sedap, dari tempat pembuangan akhir ini juga bisa menjadikan penumpukan gas metana yang membahayakan untuk kesehatan.

10. Penebangan Hutan

Dalam hal ini hutan merupakan salah satu penyeimbang alam yang harus sangat di jaga karena keadaan seperti ini seharusnya pemerintah memberi perhatian khusus tehadap kasus ini.

Dampak Pencemaran Udara
Salah satu dampak fatal dari pencemaran udara adalah terjadinya gangguan kesehatan. Seseorang yang menghirup udara kotor tersebut bisa kapan saja terkena beberapa penyakit yang dirasa penyakit tersebut cukup parah.

Penyakit yang dapat di timbulkan seperti ispa, asma, bronkitis, memicu stress, dan masih banyak lagi dampak fatal yang lain seperti kanker paru-paru dan kanker kulit yang disebabkan terganggunya sistem lapisan ozon.

Daftar pustaka
ENN. 2013. Air Pollution and Cancer Spikes Linked in Alberta. Environmental News Network. http://www.enn.com/pollution/article/46581
Hart,  B. 2015 Oxygen’s Vital Importance to the Human Body. SelfGrowth. http://www.selfgrowth.com/articles/oxygens_vital_importance_to_the_human_body.html
Lapan. 2015. Ozon (O3). Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer – Lapan. http://www.komposisi.sains.lapan.go.id/htm/ozon.htm
Soedomo, M. 2001. Pencemaran Udara. Penerbit ITB. Bandung.
Woodford, C. 2014. Air pollution. Explainthatstuff!. http://www.explainthatstuff.com/air-pollution-introduction.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.