.

Sabtu, 11 Agustus 2018

PENCEMARAN UDARA : DAMPAK PENCEMARAN UDARA PADA LINGKUNGAN

PENCEMARAN UDARA : DAMPAK PENCEMARAN UDARA PADA KESEHATAN



Abstract

Menurut budiono (2001) Pertumbuhan aktivitas ekonomi dan urbanisasi yang cukup tinggi baik diperkotaan dan subperkotaan berpotensi besar dalam peningkatan penggunaan konsumsi energi, separti pada kebutuhan bahan bakar guna pembangkit tenaga listrik, tungku-tungku industri dan transportasi. Pembakaran bahan bakar ini merupakan sumber-sumber pencemar utama yang dilepaskan ke udara.

Keywords : pencemaran, udara.

Penyebab Pencemaran Udara.
1.  Polusi Asap Kendaraan Bermotor
Di dalam era moderninasi ini kendaraan bermotor merupakan salah satu kebutuhan umum yang paling penting untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Padahal asap dari kendaraan pribadi salah satu penyebab dan penyumbang terbesar dalam pencemaran lingkungan khususnya pencemaran udara.
2. Pembangkit Listrik
Sebagian pembangkit listrik konvensional hingga sekarang masih menggunakan bahan bakar yang di rasa masih kurang ramah lingkungan. Beberapa contohnya seperti batu bara, gas, dan minyak. Pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna merupakan hal yang menghasilkan gas berbahaya yang menyebabkan pencemaran udara. Dari gas itu seperti sulfur dioksida merupakan salah satu penyumbang dari terjadinya pemanasan global yang sekarang terjadi seperti ini.
3. Abu Polutan Letusan Gunung Berapi
Indonesia adalah salah negara dimana memiliki banyak gunung berapi atau guunung yang masih aktif. Salah satu kemungkinan dari pencemaran udara yang berasal dari alam merupakan ini salah satunya.
4. Limbah Asap Industri atau Pabrik
Dari beberapa penelitian beberapa zat yang keluar dari proses industri ini berupa zat yang berbahaya seperti karbon monoksida, hidokarbon, dan senyawa yang dapat membahayakan kesehatan alam dan manusia.
5. Limbah Pertanian
Penggunaan dari pupuk itu terlalu berlebihan menjadikan gas amonia dan NH3 yang terkandung dalam pupuk tersebut keluar berlebihan yang mengakibatkan dampak yang signifikan kepada keadaan atmosfer.
6. Kegiatan Pertambangan Penyebab Pencemaran Udara
Dalam proses pertambangan sendiri ketika dalam proses penambangan mineral yang di ambil dari perut bumi menjadikan banyak polutan yang dihasilkan.
7. Aktifitas Rumah Tangga
Aktifitas rumah tangga juga memiliki andil dalam menyumbang polusi udara ini. Ada beberapa kegiatan rumah tangga yang menyebabkan polusi udara. Seperti pembakaran sampah yang masih sembarangan dan juga proses pengecatan rumah.
8. Kebakaran Hutan Polutan Polusi Udara
Kebakaran hutan merupakan kejadian alam yang sangatlah fatal akibatnya, terkadang penyebab dari kebakaran hutan sendiri sulit di duga-duga. Terkadang ada yang karena dari alam yang terutama pertanahan gambut atau bisa juga disebabkan oleh tangan manusia sendiri.
9. Efek Timbunan Sampah Untuk Polusi Udara
Polusi yang di timbulkan juga tidaklah bisa dianggap remeh selain bau yang tidak sedap, dari tempat pembuangan akhir ini juga bisa menjadikan penumpukan gas metana yang membahayakan untuk kesehatan.
10. Penebangan Hutan
Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki hutan terbesar di dunia. Akan tetapi banyak masalah yang terjadi terkait hutan di Indonesia terutama penebangan hutan secara liar. Dalam hal ini hutan merupakan salah satu penyeimbang alam yang harus sangat di jaga karena keadaan seperti ini seharusnya pemerintah memberi perhatian khusus tehadap kasus ini.
Dampak Pencemaran Udara
1. Gangguan Kesehatan
Salah satu dampak fatal dari pencemaran udara adalah terjadinya gangguan kesehatan. Seseorang yang menghirup udara kotor tersebut bisa kapan saja terkena beberapa penyakit yang dirasa penyakit tersebut cukup parah.
Penyakit yang dapat di timbulkan seperti ispa, asma, bronkitis, memicu stress, dan masih banyak lagi dampak fatal yang lain seperti kanker paru-paru dan kanker kulit yang disebabkan terganggunya sistem lapisan ozon.
Rata-rata penyebab terjadinya penyakit tersebut karena adanya zat yang masuk dalam tubuh yang mengakibatkan pengendapan maupun menyebabkan infeksi pada beberpa organ inti tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar