.

Jumat, 16 Februari 2018

Solusi Pencemaran Udara

Oleh Dwi Setiawan
@F06-DWI



Abstract

Pencemaran udara terjadi akibat kurang pedulinya semua pihak terhadap udara padaha udara merupakan salah satu aset penting bagi sema makluk yang ada di bumi, oleh karena itu penting bagi semua pihak khususnya bagi pemerintah harus mulai peduli dan serius menanggapi permasalaan pencemaran udara, karena udara adalah salah satu pokok kebuhan dalam dunia ini, dengan adanya kepedulian pasti akan bermunclan solusi dalam menanganin pencemaran uda yang sangat masif terjadi di era sekarang, banyaknya kendaraan bermotor dan juga pabrik-pabrik yang menimbulkan atau menyebabkan terjadinya pencemaran udara


Kata Kunci : Solusi Pencemaran udara

Solusi Pencemaran udara

Indonesia merupakan negara berkembang oleh sebab itu sangat penting bagi pemerintah daerah dan pusat untuk secaraserius peduli dan menanggapi permasalahan yang di akibatkan oleh pencemaran udara, tentunya pemerintah tidak bisa bekerja sendiri perlu adanya peran serta dan dukungan oleh seluruh masyarakat, dengan cara mengikuti arahan –arahan yang di berikan oleh pemerintah dan juga mencairi tahu apa itu pencemaran udara,dampak pencemaran udara,penyebab terjadinyapencmaran udara, dengan begitu pasti akan tercipta lingkungan udara yang bersih dan sehat,
Menurut Hidayat dan M.kholil (2017), bahwa, pencemaran udara pemicunya sangat beragam, begitu pila dampak yang ditimbulkannya dan solusi yang harus ditempuh,mulai dari kasus asap rokok dan perokok pasisif sampai pemanasan global dan efek rumah kaca.
Pencemaran udara yang terpenting di daerah perkotaan adalah bersumber dari sarana transportasi. Data terakhir tahun 2003 Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebutkan, jumlah kendaraan di DKI Jakarta mencapai 4,48 juta kendaraan, dengan rincian, sepeda motor 2,3 juta unit, mobil pribadi 1,211 juta unit, truk 370.832 unit, dan bus 254.914 unit. Meski uji KIR dilakukan, tetap saja banyak knalpot kendaraan mengeluarkan asap tebal, terutama bus kota.( Defriman Djafri,2007)
Antisipasi Teknis Pengelolaan Lingkungan Udara Upaya-upaya pengelolaan lingkungan udara dari gas-gas pencemaran dapat dilakukan dengan berbagai tindakan dan pendekatan non teknis dan teknis. Pendekatan non teknis dapat berupa penerapan instrumen kebijakan mengenai pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan, standar baku mutu, peningkatan kesadaran pada semua elemen masyarakat (stakeholder) penting kelestarian lingkungan hidup, sedangkan dari segi teknis adalah dengan penerapan teknologi.( Basri, Iwan Setiawan,2012)

Menurut dina (2017),Setelah mengetahui sumber dan dampak dari polusi udara, diharapkan kitasemakin sadar akan bahaya yang ditimbulkan oleh pencemaran udara. Sebagai seorang manusia yang diberi kecerdasan oleh Tuhan, ada baiknya kita ikut berpikir untuk menemukan solusi sabagai cara untuk mengatasi polusi udara. Jika tidak mampu menemukan solusi, sebenarnya sudah banyak solusi-solusi yang dapat kita lakukan untuk mengatasi polusi udara.
1. Gunakan Transportasi Umum
Mendorong lebih banyak orang untuk menggunakan moda transportasi umum menjadi lebih banyak, akan mampu untuk mengurangi polusi. Juga, cobalah untuk menggunakan mobil dengan cara yang lebih bijak. Jika Anda dan rekan Anda berasal dari wilayah yang sama dan memiliki rencana yang sama, maka Anda bisa mengajak mereka berangkat bersama-sama dengan satu mobil sehingga lebih hemat energi, uang, dan mengurangi polusi udara.

2. Reboisasi Hutan
Reboisasi merupakan kegiatan untuk menanam kembali hutan yang pohon-pohonya telah habis ditebang. Kegiatan semacam ini sangat perlu dilakukan, karena mengingat dalam kesehariannya manusia banyak memanfaatkan kayu sepeti untuk membuat kertas, perabot rumah tangga, membangun rumah, dan masih banyak lagi. Hal ini menjadi begitu penting karena hutan dapat membuat udara bersih yang banyak mengandung oksigen.
3. Memahami Konsep Daur Ulang
Berlaku bijaklah dalam memilah barang-barang untuk dibuang, jangan terlalu mudah membuah barang-barang yang tidak berguna bagi Anda. Karena dalam kenyataannya barang-barang tersebut masih bisa digunakan lagi untuk hal lain. Misalnya Anda dapat menggunakan toples bekas untuk menyimpan sereal atau makanan.
4. Menggunakan Sumber Energi Bersih
Ada banyak sumber energi alternatif yang ramah lingkungan. Seperti sumber energi bersih yang berasal dari matahari, angin, dan panas bumi. Sumber energi ini dapat diperbarui sehingga akan lebih aman digunakan dan mengurangi polusi yang timbul akibat pembakaran bahan bakar fosil untuk menghasilkan energi listrik
5. Menggunakan Peralatan Elektronik yang Hemat Energi
greenfuture.io
Dipasaran sudah dapat dengan mudah kita temukan lampu hemat energi seperti lampu CFL dan LED, yang menggunakan energi yang lebih sedikit dibandingkan dengan lampu bohlam biasa. Daya tahan lampu juga baik, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Karena menggunakan energi listrik yang lebih sedikit otomatis akan lebih mengehamat tagihan listrik Anda.
6. Menyaring Asap atau Limbah pada Pabrik dan Industri
Seperti yang telah dibahas diatas, bahwa salah satu sumber dari polusi udara adalah berasal dari pabrik dan industri. Sangatlah tidak mungkin bagi kita untuk menutup pabrik, karena mereka mengahsilkan berbagai barang yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Namun dampak dari asap pabrik dapat dikurangi dengan memasang penyaring untuk mngurangi penyebaran gas-gas berbahaya.
7. Menghemat Energi
Matikan kias, lampu, alat-alat elektronik lainnya saat Anda akan keluar ruangan. Karena sebagian besar bahan bakar fosil digunakan untuk menghasilkan listrik. Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan dapat menyelamatkan lingkungan dari kerusakan dan mengurangi polusi udara dari pembakaran bahan bakar fosil.
8. Membuang Sampah di Tempat Sampah
Dengan memperhatikan kebersihan lingkungan kita, otomatis akan membuat area disekitar kita bebas dari polusi udara. Karena sampah yang berserakan di sekitar tempat tinggal kita akan membawa bibit penyakit yang disebarkan memalui udara. Oleh karena itu jagalah kebersihan dan budayakan unutk membuang sampah di tempat sampah.
9. Menanam Pohon di Pinggir Jalan
Sperti yang kita tahu kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor menghasilkan asap yang dapat mencemari udara. Dengan menanam pohon di pinggir jalan akan mengurangi dampak dari polusi asap kendaraan. Hal ini menjadi tanggung jawab setiap kepala derah dan kabupaten/kota unutk turun tangan mengatasi polusi udara di jalan raya.
10. Mengurangi Penggunaan Bahan Kimia untuk Kegiatan Pertanian





Daftar Pustaka :


Hidayat afia atep & M.kholil,2017,kimia industri dan teklnolog hijau

Basri, Iwan Setiawan,2012, PENCEMARAN UDARA DALAM ANTISIPASI TEKNIS PENGELOLAAN SUMBERDAYA LINGKUNGAN, SMARTek Vol 8, No 2 (2010), http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=10760

Defriman Djafri, 2007, Jurnal Kesehatan Masyarakat, Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas Vol 2, No 1 (2007)

dina,2017,informasizone.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar