.

Minggu, 04 Februari 2018

Pentingnya Penerapan K3 di Industri



Oleh: Fitri Nurul Karimah (@G15-Fitri)

















Abstrak

Dengan adanya perkembangan teknologi di Indonesia ini mendukung pertumbuhan masyarakat Indonesia salah satunya pada bidang industri. Industri di Indonesia sudah sangat beragam, namun pada kenyataannya masih sering terjadi kecelakaan kerja. Hal tersebut diperkirakan karena kurangnya rasa keselamatan pada tiap pekerja serta faktor mekanis maupun lingkungan. Maka dari itu sangat dibutuhkan penerapan sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) guna mendukung kesejahteraan pekerja dan industri.

Kata kunci: Kecelakaan kerja, industri, K3, Kesehatan dan Keselamatan Kerja


Isi

Perkembangan teknologi yang sangat cepat telah mempengaruhi dunia perindustrian di Indonesia. Diketahui bahwa dari dunia industri banyak menghasilkan produk yang dibutuhkan manusia, baik dari segi kebutuhan primer, sekunder maupun tersier. Menurut Aftalion (2010) dalam Hidayat dan Kholil (2017), bahwa industri kimia mengalami perkembangan pesat dalam kurun waktu antara 1935-1955, bersamaan dengan bermunculannya inovasi di berbagai bidang. Permintaan dunia terhadap produk industri kimia sangat pesat pertumbuhannya. Saat itu kimia industri hanya terpusat di Eropa, Amerika Serikat dan Jepang.

Sedangkan Industri memiliki pengertian yaitu seluruh bentuk kegiatan ekonomi yang mengolah bahan baku dan atau memanfaatkan sumber daya industri sehingga menghasilkan barang yang mempunyai nilai tambah atau manfaat lebih tinggi, termasuk jasa industri (Hidayat dan Kholil, 2017).

Dari banyaknya industri yang ada di Indonesia menurut Susihono (2013), bahwa kenyataannya dalam dunia industri, perlindungan terhadap tenaga kerja masih jauh dari yang diharapkan karena masih banyak terjadi kecelakaan kerja serta potensi bahaya kerja yang dapat membahayakan tenaga kerja. Terkait masalah perlindungan tenaga kerja dari kecelakaan kerja, perusahaan menerapkan sistem manajeman yang dapat melindungi tenaga kerja dari kecelakaan kerja dan menghindari kerugian yang besar terhadap perusahaannya. Salah satu sistem manajeman yang harus diterapkan adalah sistem manajeman keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3).

Menurut Waruwu (2016), Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan upaya untuk menciptakan suasana bekerja yang aman, nyaman dan mencapai tujuan yaitu produktivitas setinggi-tingginya. Kesehatan dan Keselamatan Kerja sangat penting untuk dilaksanakan pada semua bidang pekerjaan tanpa terkecuali proyek pembangunan gedung seperti apartemen, hotel, mall dan lain-lain, karena penerapan K3 dapat mencegah dan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan maupun penyakit akibat melakukan kerja.

Dan menurut Suma’mur (2009) dalam Suyono (2013), bahwa terjadinya kecelakaan kerja disebabkan karena dua golongan. Golongan pertama adalah faktor mekanis dan lingkungan (unsafe condition), sedangkan golongan kedua adalah faktor manusia (unsafe action). Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa faktor manusia menempati posisi yang sangat penting terhadap terjadinya kecelakaan kerja yaitu antara 80–85%.

Dengan begitu dapat diketahui betapa pentingnya penerapan K3 bagi para pekerja di industri. Karena dengan adanya penerapan K3 dalam dunia kerja, sangat menekankan kepada para pekerja agar mengutamakan kesehatan dan keselamatan dirinya. Maka dari itu sangat diharapkan bahwa para pekerja di tiap perusahaan dapat menerapkan sistem K3 dengan baik, benar, serta bertanggungjawab.


Daftar Pustaka

Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil. 2017. Kimia, Industri dan Teknologi Hijau. Jakarta: Pantona Media

Susihono, Wahyu dan F.A. Rini. 2013. Spektrum Industri Vol.11 No.2 dalam file:///C:/Users/acer/Downloads/1736-4627-1-SM.pdf (Diunduh pada tanggal 4 Februari 2018)

Suyono, Karina Zain dan E.D. Nawawinetu. 2013. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health Vol. 2 No. 1 dalam http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/k3aaaf3d0761full.pdf 
(Diunduh pada tanggal 4 Februari 2018)

Waruwu, Saloni dan Ferida Yuamita. 2016. Spektrum Industri Vol. 14, No. 1 dalam file:///C:/Users/acer/Downloads/3705-7083-1-SM.pdf (Diunduh pada tanggal 4 Februari 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.