.

Selasa, 12 September 2017

MINYAK BUMI DAN TURUNANNYA

@E19-Lestari, @ProyekA02





PENGERTIAN MINYAK BUMI
                Minyak bumi adalah cairan kental berwarna hitam yang bersifat mudah terbakar . minyak bumi adalah Petroleum dari bahasa latin Petrus (karang) dan Oleum (minyak).
Minyak bumi dijuluki sebagai emas hitam.
Minyak bumi adalah senyawa kimia yang mengandung hidro dan karbon. Minyak bumi telah dipergunakan sejak jaman kuno,dan sampai saat ini,minyak bumi masih dipakai dan masih menjadi komoditas penting. Lebih dari 4000 tahun yang lalu menurut Heredotus dan Diodorus Siculus,aspal sudah digunakan sebagai kontruksi dari tembok dan menara babylon. Jumlah minyak terbanyak ditemukan di tepi sungai Issus. Pada tahun 347,minyak diproduksi dari sumur yang digali di China.
                Sedangkan pada tahun 1850-an Ignacy Lukasiewicz menemukan bagaimana proses untuk mendistilasi minyak tanah dari minyak bumi sehingga memberikan alternatif yang lebih murah daripada harus menggunakan minyak paus. Sumur minyak komersial pertama di dunia digali terletak di polandia pada tahun 1853. Pengeboran minyak kemudian berkembang cepat di banyak belahan dunia lain,terutama saat kerajaan Rusia berkuasa. Perusahaan Branoel yang berpusat di Aljazair menguasai produksi minyak dunia pada akhir abad ke-19.

PROSES PEMBENTUKAN MINYAK BUMI
Minyak bumi memiliki warna yang sangat gelap dan berbentuk cair. Penemuan sumber minyak bumi biasanya berada pada bagian bawah tanah hingga lapisan bawah laut. Proses pembentukan minyak bumi ini adalah sebagai berikut :
·         Dimulai ketika ada tanaman atau hewan yang terkubur di dalam lapisan kerak bumi selama ratusan juta tahun yang lalu.
·         Tanaman dan hewa yang mati akan terbawa ke dalam lapisan kerak bumi lewat pergerakan lapisan lempengan bumi.
·         Semua sisa tanaman dan hewan yang telah menjadi fosil akan bereaksi dengan panas bumi dan gas alam yang terbentuk secara alami.
·         Hal inilah yang mebuat fosil berubah menjadi cairan hitam atau minyak bumi.

PRODUK HASIL PENGOLAHAN MINYAK BUMI
                Produk-produk hasil pengolahan minyak mentah yang dihasilkan dari kilang. Namun,hanya beberapa saja yang familiar bagi masyarakat, contohnya bensin,solar dan minyak tanah. Agar kita dapat mengetahui mengenai jenis-jenis produk hasil pengilangan/penyulingan minyak mentah.
 Produk-produk hasil pengolahan minyak bumi adalah sebagai berikut :
1.       LPG ( Liquefied Petroleum Gas )
LPG adalah salah satu produk hasil penyulingan minyak mentah berupa gas cair. Unsur utamanya berupa hidrokarbon ringan,seperti propana,butana,serta terdapat juga sejumlah kecil etana dan pentana. LPG umumnya digunakan sebagai bahan bakar industri dan rumah tangga. Sebelum LPG dipasarkan telah terlebih dahulu ditambahkan zat pembau (penambah bau) yaitu senyawa merkaptan (ethyl mercaptan). Tujuan penambahan senyawa merkaptan tadi adalah untuk mempermudah konsumen menyadari apabila terjadi kebocoran gas.
2.       Avtur ( Aviation Turbine )
Bahan bakar avtur atau disebut dengan Jet-A1 merupakan bahan bakar untuk pesawat terbang yang menggunakan mesin turbin. Bahan bakr ini dibuat dari korosene (minyak tanah). Karena terbuat dari korosene, maka sifat avtur dan minyak tanah sangat mirip seperti memilliki rentang rantai karbon serta senyawa hidrokarbon yang sama (parafinik dan naftenik). Keunggulan lain pada avtur bila dibandingkan dengan kerosin adalah kandungan energi per volummenya lebih tinggi,sehingga dapat memberikan energi bagi pesawat untuk melakukan pernerbangan dengan jarak yang lebih jauh.
3.       Avgas ( Aviation Gasoline )
Avgas adalah bahan bakar minyak yang dibuat khusus untuk pesawat terbang dan mesin yang memiliki ruang pembakaran internal dan bermesin piston (piston engine).
Avgas mengandung timbal,yakni jeis zat beracundan akan berdampak buruk terhadap lingkungan. Penggunaan timbal pada avgas bertujuan untuk menghindari timbulnya ketukan di dalam mesin atau dengan kata lain zat tersebut berfungsi untuk meningkatkan nilai oktan ( octane booster ) pada avgas.
4.       Bensin
Bensin atau dalam bahasa inggris disebut Gasoline adalah salah satu produk hasil olhan minyak bumi yang cukup familiar di telinga masyarakat. Komponen utama yang terdapat pada bensin ialah oktana dan n-heptana. Sebagai bahan bakar kendaraan bermotor kualitas bensin ditentukan oleh karakteristik jumlah oktan,sama halnya dengan avgas, bilangan oktan pada bensin menunjukkan seberapa besar tenaga yang diberikan terhadap mesin sebelum bensin terbakar habis,serta mewakili karakteristik anti ketukan yang terjadi pada mesin ketika pembakaran sedang berlangsung. Jadi semakin tinggi nilai oktan pada bensin maka semakin tinggi juga kualitas bensin tersebut.
5.       Kerosin ( Kerosene )
Kerosin atau lebih indentik dengan sebutan minyak tanah merupakan cairan yang tidak berwarna dan mudah terbakar. Kerosin biasanya akn diolah lebih khusus pada unit Merox atau Hydrotreater,serta kualitasnya sebagi bahan bakar minyak akan ditingkatkan di unit hydrocracking.
6.       Solar ( Diesel )
Solar atau diesel umumnya digunakan sebagai bahan bakar untuk pembakaran pada mesin-mesin diesel. Sifat umum pada solar yaitu tidak berwarna atau sedikit kekuning-kuningan,tidak mudah menguap pada temperatur normal,memiliki kandungan sulfur yang lebih tinggi bila dibanding dengan bensin dan kerosin. Aspek penilaian kualitas pada solar meliputi : pembakarannya hanya menimbulkan sedikit ketukan,mudah terbakar,kekentalan,kandungan sulfur,dan stabil.
7.       Aspal
Aspal brasal dari fraksi berat minyak bumi yang diolah menjadi dua jenis yaitu aspal padat dan aspal cair. Fungsi utama aspal pada jalan raya yaitu : untuk mengikat bantuan agar tidak terlepas dari permukaan jalan,sebagai bahan pelapis dan perekat,sebagai pengisi ruang kosong antara agregat kasar,agregat halus,dan agregat filter.

PENERAPAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
·         Sandang
Dari bahan hidrokarbon yang bisa dimanfaatkan untuk sandang adalah PTA ( purified terephthalic acid ) yang dibuat dari para-xylene dimana bahan dasarnya alah kerosin (minyak tanah). Dari kerosin ini semua bahannya dibentuk menjadi senyawa aromat,yaitu para-xylene.
·         Papan
Bahan bangunan yang berasal dari hidrokarbon pada umumnya berupa plastik. Bahan dasar plastik hampir sama dengan LPG yaitu polimer dari propilena,yaitu senyawa olefin/alkena dari rantai karbon C3. Dari bahan plastik inilah kemudian jadi bermacam-macam produk dimulai dari atap rumah (genteng plastik),furniture,peralatan interior rumah,bemper mobil,meja,kursi,piring,dll.
·         Seni
Untuk urusan seni terutama seni lukis peranan utama hidrokarbon ada pada tinta minyak dan pelarutnya. Hidrokarbon yang digunakan untuk pelarut cat terbuat dari Low Aromatic White Spirit atau LAWS merupakan pelarut yang dihasilkan dari Kilang PERTAMINA  di Plaju dengan rentang titik didih.
·         Estetika
Bahan hidrokarbon yang juga digunakan untuk estetika kosmetik adalah lilin.
·         Pangan
Karbohidrat atau sakarida adalah segolongan besar senyawa organik yang tersusun dari atom karbon,hidrogen,dan oksigen. Karbohidrat yang merupakan polimer yang tersusun dari molekul gula yang terangkai menjadi rantai panjang serta bercabang-cabang. Karbohidrat merupakan bahan makanan penting dan sumber tenaga yang terdapat dalam tumbuhan daging  hewan.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN DARI MINYAK BUMI
Keuntungan dari minyak bumi :
·         Pengolahan dari minyak bumi dan gas alam sebenarnya dilakukan dengan beberapa cara yang sangat ringan dibandngkan dengan pengolahan yang dilakukan untuk sumber daya lain
·         Minyak bumi sebenarnya sangat mudah dalam proses pendistribusian sehingga sumber pengelolahan dari pusat dilakukan dengan jaringan pipa yang kemudian ditanamkan dalam pusat pengelolahan khusus.
·         Minyak bumi juga sebenarnya memiliki manfaat dalam pembangun pembangkit tenaga listrik karena memiliki sistem penyaluran bahan bakar yang cukup ringan dan juga cukup cepat serta dalam proses yang mudah.
Kerugian dari minyak bumi :
·         Sumber daya minyak bumi dan gas memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses membentuknya kembali
·         Dalam proses pengelolahan biasanya menimbulkan beberapa efek buruk untuk kesehatan dan membuat pemanasan global karena menimbulkan polusi dan pencemaran.
·         Pengelolahannya juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit sehingga akan menghabiskan dana yang banyak dibandingkan dengan beberapa proses pengelolahan lainnya yang ada dari sumber manusia .

DAFTAR PUSTAKA
Sabariman,Wahyu Agung 2014. Pengertian,sejarah,hasil,dan pelestarian minyak bumi. Sabariman152.wordpress.com. dalam
( 25 Agustus 2014 )
Ana,Chy 2015.15 Manfaat minyak bumi bagi manusia sehari-hari. Manfaat.co.id. dalam
( 27 Maret 2015 )
Rahayu,I 2009. Praktis belajar kimia. Nafiun.com. dalam
( 20 Desember 2004 )
Mulyani,Bakti 2009. Kimia untuk SMA/MA. Pi.com. dalam
(18 April 2007
Arum,Aulia 2013. Penggunaan minyak bumi dan dampaknya. Auliaarumsagita.wordpress.com. dalam
( 18 Mei 2013 )
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar