.

Selasa, 12 September 2017

Kimia Hujan Asam


@E22-Reno, @ProyekA02
Oleh : Reno Bayu Aditya

Hujan merupakan salah satu fenomena alam yang ada di Bumi selain beragam fenomena alam yang menakjubkan lainnya di dunia. Sebagai salah satu fenomena alam yang ada di Bumi, hujan ini mempunyai banyak sekali jenis. Secara garis besar pembedaan jenis- jenis hujan ini didasarkan pada dua hal, yakni berdasarkan proses terjadinya dan berdasarkan bentuknya.
Sementara itu jenis hujan apabila dilihat dari bentuknya maka dibagi menjadi beberapa jenis yaitu hujan es, hujan salju, hujan asam, dan hujan rintik-rintik.
Itulah beberapa jenis hujan yang dapat kita ketahui bersama. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai satu jenis hujan yang telah disebutkan di atas. Jenis hujan yang akan kita bahas adalah Hujan Asam.

Pengertian Hujan Asam
Hujan asam mempunyai pengertian sebagai segala bentuk hujan yang memiliki tingkat keasaman atau pH dibawah normal, yakni dibawah 5,6. Secara umum, hujan yang turun di wilayah Indonesia memiliki pH normal sekitar 6. Dan hujan asam ini mempunyai kandungan pH di bawah kadar normal tersebut. Asamnya hujan ini dikarenakan adanya kandungan karbondioksida atau CO₂ yang larut dengan air hujan tersebut dan memiliki bentuk sebagai asam lemah.

Karakteristik Hujan Asam
Seperti jenis hujan lainnya, hujan asam ini juga mempunyai karakteristik khusus yang akan menjadi ciri khasnya dan membedakannya dengan jenis hujan yang lainnya. Karakteristik atau ciri- ciri yang dimiliki oleh hujan asam ini hanya dapat kita temukan di hujan asam saja dan tidak di hujan yang lainnya. Beberapa ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh hujan asam ini antara lain adalah sebagai berikut:
1.       Memiliki pH dibawah kadar normal, yakni dibawah 5,7
2.       Terjadi karena adanya peningkatan kadar asam nitrat dan sulfat yang ada di dalam polusi udara.
3.       Meningkatkan seseorang terserang gangguan jantung dan juga paru- paru
4.       Membuat kulit menjadi gatal- gatal dan memerah
5.       Beresiko menyebabkan pusing bagi orang yang memiliki kekabalan tubuh yang rendah

Manfaat Hujan Asam
Sebagai salah satu jenis fenomena alam, hujan sangat dikenal sebagai fenomena alam yang mempunyai banyak sekali manfaat bagi alam dan juga makhluk hidup yang ada di dalamnya. Bukan hanya manusia, namun juga binatang dan tumbuh- tumbuhan.
Satu- satunya manfaat dari hujan asam yang banyak diketahui oleh banyak orang adalah hujan asam ini mampu melarutkan berbagai mineral yang sangat di butuhkan oleh binatang dan juga tumbuhan yang ada di Bumi. Kandungan asam yang tinggi inilah yang mampu melakukannya (melarutkan mineral di dalam tanah). Sementara hanya inilah manfaat dari hujan asam yang mampu dipecahkan. Selain manfaat tersebut, masih ada manfaat lain yang akan kita peroleh dari turunnya hujan asam ini.

Dampak Negatif Hujan Asam
Sesuatu selain mempunyai manfaat, terkadang juga mempunyai dampak atau kerugian. Hal ini seperti hukum alam, ada sisi positif dan ada sisi negatif. Demikian halnya dengan hujan asam ini. Sisi positif yang dimiliki oleh hujan asam adalah manfaatnya, dan sisi negatif adalah dampaknya. Berikut ini adalah dampak negatif daru hujan asam tersebut:
1.       Jumlah ikan yang dilaut mengalami penurunan
2.       Merusak lapisan lilin yang dimiliki oleh tumbahan
3.       Pertumbahan tumbuhan semakin lambat
4.       Menyebabkan penyakit bagi kesehatan
5.       Membuat besi lebih berkarat


Daftar pustaka
1.      Insya, Ansyari.2013. dampak negative hujan asam. Dalam https://learnmine.blogspot.co.id/2013/06/dampak-negatif-hujan-asam.html
2.      Sitompul, Donna.2015. tugas mata kuliah pengetahuan. Dalam http://donnasitompul.blogspot.co.id/2015/04/tugas-mata-kuliah-pengetahuan.html
3.      Rizdela, Arfa.2012. makalah hujan asam. Dalam http://rizdelaarfa.blogspot.co.id/2012/05/makalah-hujan-asam.html
4.      Anna.2012. makalah hujan asam. Dalam http://lenkabelajar.blogspot.co.id/2012/09/makalah-hujan-asam-acid-rain.html
5.      Sendhy, saputro .2009. hujan asam. Dalam  https://sendhysaputro90.wordpress.com/2009/11/19/hujan-asam/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.