.

Kamis, 11 Agustus 2016

Udara Bersih ,Lingkungan Sehat






Lingkungaan sehat adalah lingkungan yang bersih. Lingkungan sehat memiliki cirri-ciri udara bersih dan segar ,tanah yang subur ,sumber air yang bersih ,air sungai yang mengalir terlihat bersih dan jernih ,sampah tidak berserakan,banyak tumbuhan hijau yang tumbuh dengan subur.Udara begitu dekat dengan kita,bahkan dapat dikatakan di telah menyatu dengan kita.


Udara adalah sumber kehidupan makhluk hidup di dunia ini. Dengan adanya udara, manusia atau makhluk hidup lainnya dapat hidup dan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Udara merujuk kepada sebuah pencampuran gas yang terdapat pada permukaan bumi ini. Secara fisiknya, udara tidak tampak terhadap pandangan kita, tidak berbau, dan tidak memiliki rasa. Kehadiran udara itu sendiri, dapat dilihat dari adanya angin yang menggerakkan suatu benda.

Udara bebas yang digunakan oleh manusia untuk bernapas mengandung gas nitrogen sebesar 78%, mengandung gas oksigen sebesar 20%, mengandung gas argon sebesar kurang dari 1%, mengandung uap air kurang lebih sekitar 1% dan menganding karbon dioksida sebanyak kurang dari 0,1%.  Gas-gas tersebut tercampur dengan baik di dalam udara yang ada di dunia ini.  Jika kita lihat persentasenya maka manusia sebenarnya bernapas dengan menghirup nitrogen, karena sebagian besar gas yang dihirup manusia saat bernapas adalah gas nitrogen.

Komposisi Kandungan Udara yang Digunakan Bernapas oleh Manusia :

1. Nitrogen - 78%

2. Oksigen - 20%

3. Argon - kurang dari 1%

4. Karbon Dioksida - kurang dari 0,1%

5. Uap Air - kurang lebih 1%


Komposisi udara kering di mana semua uap air telah dihilangkan relatif konstan. Komposisi udara kering yang bersih yang dikumpulkan di sekitar laut dapat dilihat pada Tabel



Pencemaran udara terjadi akibat dilepaskannya zat pencemar dari berbagai sumber ke udara. Sumber-sumber pencemaran udara dapat bersifat alami ataupun dapat pula antropogenik (aktifitas manusia). Peraturan pemerintah mengenai pengelolaan udara di Indonesia pada PP No. 41/1999 mendefinisikan sumber pencemaran udara sebagai setiap usaha dan atau kegiatan yang mengeluarkan bahan pencemar ke udara dengan menyebabkan udara tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dan kemudian peraturan pemerintah ini menggolongkan sumber pencemaran udara atas lima, yakni :

1) Sumber bergerak : sumber emisi yang bergerak atau tetap pada suatu tempat yang berasal dari kendaraan bermotor
2) Sumber bergerak spesifik : serupa dengan sumber bergerak namun berasal dari kereta api, pesawat terbang, kapal, laut dan kendaraan berat lainnya.
3) Sumber tidak bergerak : sumber emisi yang tetap pada suatu tempat.
4) Sumber tidak bergerak spesifik : serupa dengan sumber tidak bergerak namun berasal dari kebakaran hutan dan pembakaran sampah.
5) Sumber gangguan : sumber pencemar yang menggunakan media udara atau padat untuk penyebarannya, sumber ini berupa dari kebisingan, getaran, kebauan dan gangguan lain.


Namun belakangan ini, udara sungguh menjadi tercemar dan dapat meyakiti makhluk hidup. Asap ada dimana mana yang mengakibatkan udara menjadi tidak bersih dan kotor. Beberapa faktor yang mengakibatkan pencemaran udara yang terjadi belakangan ini di wilayah indonesia. Yakni adanya pembakaran hutan secara liar di berbagai wilayah dengan tujuan pribadi ataupun kelompok dari sebuah perusahaan. Selain itu, pabrik-pabrik liar yang melakukan pengindustriannya. Pengguna alat transportasi yang sering di gunakan oleh manusia. Selain itu juga, faktor-faktor peynebab terjadinya pencemaran udara bisa terjadi dari faktor alam. Seperti gunung-gunung yang meletus, dan gunung-gunung yang memiliki lahan gambut dan mudah terbakar. Sehingga kita perlu memiliki    cara menjaga kelestarian di sekeliling kita.
Dengan begitu, sungguh sangat di perlukan pelestarian dara bagi lingkungan yang kita tempati ini. Berikut beberapa cara menjaga kelestarian udara :
1. Menanam pohon di berbagai tempat
Hal ini bertujuan agar udara udara yang ada di lingkungan tersebut menjadi lebih bersih dan tidak mudah tercemar. Udara yang ada pada lingkungan dimana tempat menanam pohon tersebut bisa bersih akibat tumbuhan tersebut dapat memproduksi oksigen, sehingga udara menjadi bertambah bersih dan tidak mudah tercemar serta bisa dihirup dengan mahkluk hidup lainnya dan akan terhindar dari penyebab pemanasan global. Biasanya, untuk menanam pohon-pohon ini   harus di lakukan secara dini di tempat yang biasa terkena polusi udara seperti kebakaran hutan yang mengakibatkan munculnya asap.
2. Menanam tanaman hias
Selain menanam pohon, di butuhkan juga untuk menanam tanaman di tengah kota yang mana tengah kota tersebut jarang di tumbuhi pohon-pohon dan tanaman, sehingga udara udara yang ada di lingkungan tersebut mudah sekali untuk di cemari. Dengan menanam tanaman, udara akan menjadi lebih tidak mudah tercemar sebab ada yang memberikan tambahan oksigen di lingkungan tersebut. menanam tanaman ini memang sangat cocok jika di lingkungan tengah kota dan cocok juga untuk ruang publik untuk kehidupan yang sehat, sebab lingkungan tersebut sangan rawan tercemar udaranya akibat polutan pabrik industri dan kendaraan bermotor atau transportasi lainnya.
3. Mengurangi dan menghindari pengunaan gas-gas kimia
Tentu saja, dengan adanya bahan-bahan gas kimia yang sering di pakai oleh manusia, seperti parfum, akan dapat merusak dan mencemari udara. Selain itu, penggunaan gas kimia tersebut akan dapat merusak lapisan di atmosfer bumi. Sehingga, perlu untuk menghindari serta mengurangi penggunaan bahan gas kimia ini dalam kehidupan sehari-hari. Gas-gas kimia memang sangat berbahaya karena akan sangat mudah menyusuti lapisan atmosfer dan ozon yang ada di bumi kita yang berfungsi memfilter dan melindungi bumi dari sinar-sinar berbahaya yang berasal dari matahari.
4. Mengupayakan pengurangan pembuangan gas-gas sisa pembakaran
Biasanya, manusia sering sekali melakukan pembakaran baik dalam lingkungan rumahnya sendiri ataupun dalam pabrik-pabrik industri lainnya. Denga adanya hal seperti ini, udara yang biasa kita hirup akan mudah sekali untuk tercemari dan bisa menjadi penyebab banjir. Maka, sangat diperlukan sekali untuk mengurangi penggunaan hal-hal seperti ini bahkan kala bsa di hindari.

5. Membangun cerobong asap yang cukup tinggi
Hal ini akan dapat mencegah terjadinya pemcemaran udara dan dapat melestarikan udara yang ada di lingkungan kita. Sebab, dengan membangun cerobong asap yang tinggi, asap akan dapat menembus lapisan inversi thermal agar tidak dapat menambah polutan yang tertangkap di atas suatu pemukima atau kota dan udara pun akan menjadi bersih seperti yang diharapkan.
6. Mengurangi asap yang keluar dari kendaraan transportasi yang nenghasilkan polusi
Jelas, hal ini sungguh akan merusak udara karena akan menghasilkan polusi dan dapat mencemari udara. Sehingga, sangat di perlukannya pengurangan pemakaian kendaraan berknalpot yang menjadi polutan udara dan mencemari udara di sekitar kita karena bisa menjadi penyebab pemanasan global  juga yang dapat merugikan seluruh makhluk hidup di bumi.
7. Bersepeda atau berjalan kaki
Dengan adanya kendaraan bermotor atau transportasi lainnya, pasti kita akan di manjakan dan selalu membuat udara menjadi tercemar. Sebaiknya, jika jarak tujuan yang ingin kita tempati tidak jauh, jangan menggunakan kendaraan berpolutan tersebut. usahakan berjalan kaki atau mengendarai sepeda, karena dengan 2 hal tersebut, udara tidak akan menjadi tercemar dan bersih.
8. Melakukan penyaringan asap sebelum asap dibuang ke udara
Hal tersebut sangat perlu dilakukan agar udara tidak tercemar, caranya memasang bahan penyerap polutan atau saringan dengan tujuan untuk memfilter asap tersebut yang dapat mencemari udara. Dengan cara tersebut, asap yang keluar tidak terlalu banyak dan tidak begitu mudah untuk menjadi polutan bagi udara.
9. Mengurangi pemakaian bahan fosil
Dalam hal ini, terutama bahan bakar fosil yang mengandung asap serta gas-gas polutan lannya dengan tujuan agar tidak mencemarkan lingkungan yang ada di kehidupan sehari-hari. Seperti halnya, dengan langkah tersbut, maka polutan kana berkurang dan tidak akan mudah dalam mencemari udara di lingkungan kita.
10. Mengurangi sistem transportasi yang efisien dengan menghemat bahan bakar
Salah satu cara lainnya yakni tidak sering sering megunakan transportasi yang bisa merusak lingkungan udara dan mencemarinya. Dengan angkutan pribadi atau transportasin lainnya, maka udara akan sangat mudah untuk tercemar.
11. Mengalirkan gas buangan ke dalam larutan pengikat
Mengalirkan gas buangan ke dalam larutan pengikat sebelum gas buangan tersebut di bebaskan air, dengan cara tersebut, gas buangan yang akan di pindahkan akan terikat di larutan pengikat yang sebelumnya akan di bebaskan ke dalam air, sehingga gas gas buangan tersebut menjadi tereduksi sebagian dan tidak mencemari udara dengan mudah.
12. Menurunkan suhu sebelum gas di buang ke udara bebas
Selain mengalirkan gas buangan dan dibebaskan ke dalam air, ada cara lain yang dapat mereduksi gas buangan tersebut. yakni dengan cara menurunkan suhu sebelum gas tersebut di buang ke udara bebas yang ada di lingkungannya tersebut. dengan penurunan suhu, akan sangat mudah gas tersebut tereduksi. Dengan cara tersebut, akan lebih sangat efisien untuk melestarikan udara yang ada di lingkungan kita.
13. Mengurangi gas freon
Pengunaan gas freon tersebut sangat sering di temukan di tempat tinggal masyarat saat ini. Penggunaan gas freon itu sendiri terdapat ada AC yang ada di perumahan belakangan ini dan kulkas sebagai pendingin sayuran, makanan, minuman, dll. selain itu, gas freon bisa di temukan pula dalam berbagai produk kosmetika. Gas freon tersebut adalah gas yang dapat bersenyawa dengan gas ozon, sehingga mengakibatkan lapisan ozon yang ada di bumi ini mudah menyusut. Lapisan ozon itu sendiri adalah lapisan atmosfer  yang berperan sebagai filter untuk bumi kita, karena mampu memantulkan kembali sinar ultraviolet yang disinarkan oleh matahari dengan memantulkan ke luar angkasa. Sinar ultraviolet yang berlebihan, jika terjadi di dalam bumi, akan dapat mencemari udara atau oksigen yang kita hirup sehari-hari dan mereduksi oksigen tersebut, sehingga kita akan menjadi kesulitan dalam bernafas dan susah melakukan aktivitas sehari-hari.
14. Seminar pelestarian udara kepada masyarakat
Selain cara-cara di atas, hal ini sungguh sangat di perlukan yakni melakukan seminar atau pemberitahuan kepada masyarakat betapa pentingnya untuk melestariakn udara yang kita hirup sehari-hari ini agar terhindar dari penyebab banjir dan tanah longsor dikarenakan udara yang rusak akan mempengaruhi faktor lainnya yang dapat merusak lingkungan. Dengan demikian, masyarakat akan sadar betapa pentingnya melestarikan udara dan dampak yang terjadi jika mencemari udara sehingga dara akan sangat kotor dan susah untuk di hirup.

Dengan demikian, sangatlah penting untuk melestariakan udara yang biasa kita hidup sehari-hari. Sangat penting pula bagi masyarakat saat ini betapa pentingnya untuk melestarikan udara. Dengan berbagai cara di atas, sangat di harapkan masyarakat saat ini mengerti bagaimana cara menanggulangi pencemaran udara dan dapat melestarikaanya agar udara yang di hirup menjadi bersih dan segar.

Daftar Pustaka


Usep.2011.Pendidikan dan pengetahuan lingkungan
Welly.2013.Udara bersih lingkungan sehat
Anonim.1970.Komposisi  kandungan udara yang di hirup manusia saat bernafas
Rosamji.2013.Pelestarian sumber daya air dan udara
Anonim.cara melestarikan udara




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.