.

Minggu, 07 Agustus 2016

PENCEMARAN AIR TANAH AKIBAT LIMBAH RUMAH TANGGA





Pencemaran air tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami. Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau kebocoran WC,limbah sampah yang dibuang sembarangan mengakibatkan air disekitarnya tercemar.
Ketika suatu zat berbahaya/beracun telah mencemari permukaan tanah, maka ia dapat menguap, tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya.

Dampak pencemaran
Kesuburan tanah berkurang dan tanah yang terkontaminasi dapat menyebabkan masalah pada manusia melalui sistem pernapasan, kulit, maupun sistem pencernaan. Melalui sistem pernafasan misalnya, tanah yang tercemar bisa menyebabkan bau yang tidak sedap terhirup oleh manusia atau adanya partikel pada udara menyebabkan kesehatan pernafasan jadi memburuk. Melalui kulit, tanah yang tercemar akan membuat air tanah ikut terkontaminasi bahan berbahaya dan bila digunakan untuk mandi, air ini tentu akan membuat masalah pada kulit.
Sumber Limbah Rumah Tangga
Limbah rumah tangga merupakan limbah yang dihasilkan oleh satu rumah atau beberapa rumah. Sumber limbah rumah tangga adalah sebagai berikut:
a)            Limbah Organik,
berdasarkan pengertian secara kimiawi limbah organik merupakan segala limbah yang mengandung unsur Karbon (C), sehingga meliputi limbah dari mahluk hidup (misalnya kotoran hewan dan manusia seperti tinja (feaces) bepungsi mengandung mikroba potogen, air seni (urine) umumnya mengandung Nitrogen dan Posfor) sisa makanan (sisa-sisa sayuran, wortel, kol, bayam, salada dan lain-lain) kertas, kardus, karton, air cucian, minyak goreng bekas dan lain-lain. Limbah tersebut ada yang mempunyai daya racun yang tinggi, misalnya: sisa obat, baterai bekas, dan air aki. Limbah tersebut tergolong (B3) yaitu bahan berbahaya dan beracun, sedangkan limbah air cucian, limbah kamar mandi, dapat mengandung bibit-bibit penyakit atau pencemar biologis seperti bakteri, jamur, virus, dan sebagainya. Namun secara teknis sebagian orang mendefinisakan limbah organik sebagai limbah yang hanya berasal dari mahluk hidup (alami) dan sifatnya mudah busuk. Artinya bahan-bahan organik alami namun sulit membusuk/atau terurai, seperti kertas, dan bahan organik sintetik (buatan) yang sulit membusuk atau terurai.
b)            Limbah Anorganik,
 berdasarkan pengertian secara kimawi, limbah yang tidak mengandung unsur karbon, seperti logam (misalnya besi dari mobil bekas atau perkakas dan almunium dari kaleng bekas atau peralatan rumah tangga), kaca dan pupuk anorganik (misalnya yang mengandung unsure nitrogen dan fospor). Limbah-limbah ini tidak memiliki unsur karbon sehingga tiak dapat di urai oleh mikro organism. Seperti halnya limbah organik, pengertian limbah organik yang sering diterapkan dilapangan umumnya limbah anorganik dalam bentuk padat (sampah) agak sedikit berbeda dengan pengertian diatas secara teknis limbah anorganik di definisikan sebagai limbah yang tidak dapat atau sulit terurai atau busuk secara alami oleh miro organism pengurai. Dalam hal ini bahan organic seperti plastic, karet, kertas, juga dikelompokan sebagai limbah anorganik. Bahan-bahan tersebut sulit terurai oleh mikroorganisme sebab unsur karbonnya memebentuk rantai kimia yang kompleks dan panjang.


CARA MENGATASI PENCEMARAN TANAH :
1.REMEDIASI

Salah satu cara buat mengatasi pencemaran nan terjadi pada tanah, yaitu dengan remediasi. Remediasi ini ialah suatu kegiatan nan dilakukan buat melakukan pembersihan secara total pada permukaan tanah.

2.BIOREMEDIASI

Bioremediasi ialah proses lanjutan nan dilakukan dari proses remediasi atau justru proses tunggal dalam mengatasi masalah pencemaran tanah ini. Caranya, yaitu dengan menggunakan mikroorganisme baik berupa jamur atau bakteri nan bisa memecah zat-zat pencemar menjadi partikel-partikel kecil bahkan habis sama sekali.

3.MENANAM KEMBALI POHON PADA TANAMAN

Dengan menanam pohon pada lahan kosong maka dapat membuat investasi masa depan yang lebih baik. Pohon mampu menaham air hujan yang masuk ke dalam tanah sehingga akan membuat tanah tersebut lembab.


Daftar Pustaka:

Harmayani, Kadek Diana Konsukartha, I G. M. 2012. Pencemaran Air Tanah Akibat Pembuangan Limbah Domestik Dilingkungan Kumuh. Jurnal Natah Vol. 5, No. 2 Agustus 2007. http://kakakpintar.com/pengertian-pencemaran-tanah-penyebab-dampak-dan-cara-mengatasi/. Diunduh tanggal 6 agustus 2016.
Pintar, kakak. 2015. Pengertian pencemaran tanah, penyebab, dampak, dan cara mengatasi. http://kakakpintar.com/pengertian-pencemaran-tanah-penyebab-dampak-dan-cara-mengatasi/. Diakses tanggal 6 agustus 2016.
Syifa, Bina. 2016. Cara Mengatasi Pencemaran tanah. http://www.binasyifa.com/869/35/27/cara-mengatasi-pencemaran-tanah.htm. diakses tanggal 6 agustus 2016.
Anonim. 2015. Pencemaran Tanah : Pengertian, Penyebab, Dampak, Dan Cara Mengatasinya. http://www.ebiologi.com/2015/07/pencemaran-tanah-pengertian-penyebab.html. diakses tanggal 6 agustus 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.