.

Jumat, 19 Agustus 2016

Energi Hijau Solusi Global Warming





Abstract

Energy demand in the world especially oil predicted deficit.as we know that between supply and demand oil in the world more bigger demand that supply. global crude oil consumption in 2006 is 84.50 million barel per day but in 2020 year to be 120 million barel per day.but global crued oil production in 2020 is about 60 million barel per day so deficit 60 million barel per day.this problem because the source of oil from fosil energy in the future predicted loss. we need mobile and stationary energy solution.sun,wind,water,geothermal and biomass are renewable energy sources under certain conditions and regional availability: plant oils can be used for partial substitution of mineral fuels.preliminary research has shown that the seeds obtained from plain jatropha curcas contain 40% of medium viscosity triglyceride oil that can be used as fuel for stationary diesel engines.  In direct comparison to diesel fuel is has been found that jatropha oil has a significantly higher flashpoint ( 240c againts 50c for diesel  ) and a slightly higher density other properties like calorific value and cetane numbers are on par while the low sulphur content of jatropha oil presents a major advantage.
Key words : renewable energy,jatropha curcas linn,bio diesel.

Global warming mungkin adalah ancaman terbesar dunia saat ini efek dari global warming sangatlah nyata kerusakan dunia mulai nyata kutub yang mulai mencair cuaca yang berubah-ubah dan  masih banyak lagi kerusakan yang di timbulkan oleh masalah global warming.penggunaan energi yang berlebihan menyebabkan dampak pencemaran bumi semakin parah dan penggunaan yang berlebihan juga akan menghabiskan cadangan energi bumi kita yang penggunaan nya tidak sebanding dengan proses bahan baku energi bumi yang terbuat dari fosil yang membutuhkan waktu lama untuk menjadi energi.untuk mengurangi pemakaian bahan bakar minyak dan untuk mencegah terjadinya global warming salah satu solusi yang tepat ialah dengan mengganti energi minyak bumi dengan energi hijau.energi hijau ialah energi terbarukan  yang di hasilkan dari sumber energi yang ramah lingkungan yang mencangkup semua energi terbarukan seperti matahari,angin,panas bumi,biofuel,dan tenaga air.energi hijau mempunyai banyak kelebihan di bandingkan dengan energi fosil yang mempunyai banyak kekurangan salah satunya ialah menghasilkan efek rumah kaca sedangkan energi hijau minim sekali dampak buruknya bagi bumi bahkan hampir tidak ada dampak buruknya.meskipun energi hijau sangat baik di gunakan namun masih di sayangkan kurangnya ilmu pengetahuan dan mahalnya alat untuk membuat enegi hijau membuat masyarakat masih enggan untuk menggunkannya.namun belakangan ini energi hijau mulai kembali di bumingkan sekarang energi –enegi terbarukan mulai banyak di gunakan seperti penggunaan solar panel untuk penerangan jalan,kemudian ada penggunaan biogas yang terbuat dari kotoran hewan/manusia.dengan adanya energi hijau manusia akan hidup dengan baik dan juga dapat melestarikan bumi ini.

Daftar Pustaka

Suheli.2008.Energi Hijau Terbarukan Sebagai Energi Alternatif
Vol.30 no 2,15 September 2008 : 143-152
Publisher Fakultas Teknik Univ Tidar Magelang.
Meta. 2014,Pemanfaatan Langsung Panas Bumi
Posted by ecanblue pada Januari 9, 2014 
Sudarman.2016,contoh sumber energi terbarukan
posted 29 April, 2016
Affandi R. Alfian.2013,hydro power
posted 4 maret 2013
Yana,M.2014.8 Manfaat Matahari Bagi kehidupan Masyarakat
posted 22 oktober 2014

Gambar







 
 

9 komentar:

  1. Elgi riskiana (028-elgi)
    energi hijau memang bisa mengatasi efek gas rumah kaca sekarang ini, tetapi pasti ada juga hal positif dan negatif yang akan muncul

    pertanyaan saya apa dampak positif dan negatif bila energi hijau menjadi sumber energi utama yang menggantikan energi fosil

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. 061-Agus
    global Warmming bukan saat ini saja tpi sudah sejak lama terjadi karna kurangnya cepat tanggapnya otoritas yang menangani hal tersebut

    pertanyaan saya di atas ada tertulis tentang kurangnya pengetahuan tentang energi hijau, bagaimana caranya supaya masyarakat dapat mengerti atau menambah pengetahuan tentang energi hijau tersebut?

    BalasHapus
  4. Sandi (048)

    Komentar:
    Global warming merupakan masalah yang sangat banyak di perbincangakan, dan memang salah satu penyebabnya adalah pelaku industri nakal, yang membuat polusi di bumi ini,serta penggunaan energi fosil yang berlebihan, memang sudah seharusnya kita beralih ke energi hijau supaya alam ini tidak rusak

    Pertanyaan:
    Apa yang seharusnya dilakukan, supaya masyarakat sadar mengenai penggunaan energi hijau ini

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Kenny (076)
    Berdasarkan tulisan di atas "energi hijau ialah energi terbarukan yang di hasilkan dari sumber energi yang ramah lingkungan yang mencangkup semua energi terbarukan seperti matahari,angin,panas bumi,biofuel,dan tenaga air."

    Mengapa BioFuel di katakan sebagai energi yang ramah lingkungan? apakah karena gas negatif hasil pembuangannya lebih sedikit dari yang di hasilkan dari minyak bumi ? karena saya fikir kalau "ramah lingkungan" itu sama sekali tidak mencemari lingkungan lagi.

    BalasHapus
  7. Riswandi (071)

    Dengan global warming bisa membuat angka kematian penduduk lebih tinggi, oleh Karena itu kita harus menjaga bumi ini agar tetap hijau.

    Pertanyaan :

    1. Apa dampak terparah akibat global warming menurut anda?

    BalasHapus
  8. Raafi (064)

    dengan adanya energi hijau memang sangat mengurangi global warming yang terjadi , maknya masyarakat harus selalu menerapkan energi hijau dan dari artikel ini bisa kita pelajari tentang energi hijau.

    bagaimana energi hijau dapat di terapkan di masyarakat ?

    BalasHapus
  9. Artikel yang lengkap dan menarik, mari tahan laju global warming dengan menanam pohon. Sekarang semakin menarik karena ada program revolusioner, "MENANAM POHON AMANKAN BUMI SEKALIGUS MENDAPATKAN MANFAAT EKONOMOMI DALAM PENANAMAN DAN KAMPANYENYA"


    Cari Tahu caranya di : http://www.greenwarriorindonesia.com
    http://goo.gl/J3xVtY

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.