.

Selasa, 03 Oktober 2023

mol

 KONSEP MOL

 
Aisyah Imelia Wardhani


ABSTRAK
Mol merupakan satuan hitung untuk kimia. Satuan hitung digunakan untuk memudahkan perhitungan suatu benda. Mol (n) adalah satuan pengukuran pada Sistem Satuan Internasional (SI) untuk jumlah zat.

Kata kunci: mol dan zat

PENDAHULUAN
Satuan mol sekarang dinyatakan sebagai jumlah patikel (atom, molekul, atau ion) dalam suatu zat. Para ahli sepakat bahwa satu mol zat mengandung jumlah partikel yang sama dengan jumlah partikel dalam 12,0 gram isotop C-12 yakni 6,02 x 1023 partikel. Jumlah partikel ini disebut Bilangan Avogadro (NA = Number Avogadro) atau dalam bahasa Jerman Bilangan Loschmidt (L). Bilangan Avogadro (L) ditemukan oleh Johann Loschmidt pada 1865. Nama Avogadro dipilih sebagai penghormatan kepada Avogadro karena beliau orang pertama yang mengusulkan perlunya satuan jumlah partikel.

RUMUSAN MASALAH 
1. Pengertian mol?
2. Apa saja hubungan-hubungan dalam konsep mol!

TUJUAN
1. Memahami pengertian mol
2. Mengetahui apa saja hubungan-hubungan dalam konsep mol

PEMBAHASAN 
Mol merupakan satuan hitung untuk kimia. Satuan hitung digunakan untuk memudahkan perhitungan suatu benda. Mol (n) adalah satuan pengukuran pada Sistem Satuan Internasional (SI) untuk jumlah zat. Satuan mol didefinisikan sebagai jumlah zat kimia mengandung jumlah partikel representatif, misalnya pada atom, molekul, ion, elektron, ataupun foton. Jumlah mol ini setara dengan jumlah 12 gram karbon-12 (12C). Dalam 1 mol zat terdapat 6,02×1023 partikel yang dikenal juga bilangan avogadro. 
Hubungan-hubungan yang terdapat dalam konsep mol:
1. Hubungan mol dengan jumlah partikel
Hubungan antara mol dengan jumlah partikel didasarkan pada konsep Avogadro dan konstanta Avogadro. Menurut konsep ini, satu mol suatu zat mengandung jumlah partikel yang sama, yaitu 6,022 x 10^23 partikel. Angka ini dikenal sebagai bilangan Avogadro atau konstanta Avogadro (NA). Dengan menggunakan konstanta Avogadro, kita dapat menghitung jumlah partikel dalam suatu sampel zat dengan rumus:
N = n x NA
dimana N adalah jumlah partikel, n adalah jumlah mol, dan NA adalah konstanta Avogadro.
2. Hubungan mol dengan massa suatu zat 
Hubungan antara mol dan massa adalah konsep yang digunakan dalam kimia untuk menghubungkan jumlah partikel (mol) suatu zat dengan massa zat tersebut.Massa molar memberikan informasi tentang berapa gram dari suatu zat yang terkandung dalam satu mol zat tersebut.

Hubungan antara mol dan massa dinyatakan oleh rumus:

Massa = Jumlah mol x Massa molar
3. Hubungan mol dengan volume gas
Pengukuran kuantitas gas tergantung suhu dan tekanan gas. Jika gas diukur pada keadaan standar, maka volumenya disebut volume molar. Volume molar adalah volume 1 mol gas yang diukur pada keadaan standar. Keadaan standar yaitu keadaan pada suhu 0 °C (atau 273 K) dan tekanan 1 atmosfer (atau 76 cmHg atau 760 mmHg) atau disingkat STP (Standard Temperature and Pressure). Besarnya volume molar gas dapat ditentukan dengan persamaan gas ideal:
PV = nRT

KESIMPULAN
Mol merupakan satuan hitung untuk kimia. Satuan hitung digunakan untuk memudahkan perhitungan suatu benda. Mol (n) adalah satuan pengukuran pada Sistem Satuan Internasional (SI) untuk jumlah zat. Satuan mol didefinisikan sebagai jumlah zat kimia mengandung jumlah partikel representatif, misalnya pada atom, molekul, ion, elektron, ataupun foton.  Dalam konsep mol memiliki hubungan-hubungan antara lain: hubungan mol dengan jumlah partikel, hubungan mol dengan massa suatu zat, dan hubungan mol dengan volume gas.

SOAL
1. Suatu sampel logam mengandung 5 mol emas murni (Au). Berakah jumlah partikel dalam sampel tersebut?
X = n x 6,02.10^23 partikel/mol
= 5 mol x 6,02.10^23 partikel/mol
= 3,01 x 10^24 atom emas

2. Tentukan massa dari 2mol  NaOH
G = n x Mr
Mr NaOH = 23+16+1
=40
G = 2 x 40
= 80 gr
DAFTAR PUSTAKA
Vania. 2023. Hubungan Mol dengan Jumlah Partikel: Dalam Dunia Kimia yang Penuh Misteri. 26  September 2023. https://perpusteknik.com/hubungan-mol-dengan-jumlah-partikel/ 

Kuncoro. 2023. EXCELLENT! Contoh Soal Hubungan Mol dengan Massa, Berbentuk Pilihan Ganda dan Jawabannya Serta Pembahasannya. 19 Juli 2023:metro https://metro.aspirasiku.id/pendidikan/8429518904/excellent-contoh-soal-hubungan-mol-dengan-massa-berbentuk-pilihan-ganda-dan-jawabannya-serta-pembahasannya 

Amrudid. Rangkuman konsep mol dan stoikiometri. https://amru.id/konsep-mol-dan-stoikiometri/ 
Matiq. A. 2016. Hubungan Mol dengan Jumlah Partikel, Massa, Volume dan Molaritas. 9 Desember 2016. https://bisakimia.com/2016/12/09/hubungan-mol-dengan-jumlah-partikel-massa-volume-dan-molaritas/ 

2023. konsep mol dan analisanya. 30 Juni 2023. https://mplk.politanikoe.ac.id/index.php/program-studi/28-matakuliahkimiadasar/kimia-dasar/839-konsep-mol-dan-analisanya 

2 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.