.

Minggu, 10 November 2019

Pencemaran Air

Oleh: Rosa Amaria Putri (@P09-ROSA),@Proyek P07



Abstrak
Permukaan Planet Bumi meliputi dua pertiga bagian ditutupi oleh perairan dan sepertiga oleh daratan. Jumlah penduduk Planet Bumi terus meningkat ,saat ini sudah melampaui 7 miliyar jiwa , hal itu membuat kebutuhan terhadap sumberdaya alam termasuk air terus meningkat.Di sisi lainnya kebutuhan ruang yang terus meningkat justru mengancam keberadaan sumberdaya air.Kualitas dan kuantitas sumber daya perairan terus mengalami degradasi, makin banyak penduduk yang tidak memiliki akses terhadap air yang sehat. Pencemaran air terjadi dimana-mana,baik lautan,sungai,danau,bahkan air tanah.Penyebab dari pencemaran air adalah limbah mausia,kimbah nutrisi,air limbah,limbah kimia,limbah radioaktif,limbah minyak,limbah plastic. Pencemaran air sangat berdampak pada makhluk hidup baik manusia maupun hewan. Cara menanggulanginya dengan cara memberikan pendidikan,dan hokum yang ada.
Kata Kunci
Limbah,manusia,hewan,ekosistem,ekonomi,pendidikan,hukum.
Pedahuluan
Pencemaran merupalkan persoalan serius yang dihadapi oleh penduduk Planet Bumi.Sebelum terjadinya revolusi industry abad ke-19,kata pencemaran relative kurang dikenal. Saat itu penduduk Planet Bumi menjalan kan kehidupan dengan sangat baik.Namun pasca revolusi industry dengan cepat industrial menyebar dengan cepat keseluruh pelosok dunia. Industrialisasi membawa konsekuensi tersendiri berupa pencemaran ,termasuk pencemaran air. Saat ini penduduk mencapai 7 miliyar jiwa banyak ekosistem yang mengalami kerusakan ,hal itu menunjukan bahwa perilaku manusia sudah melampaui batas, sehingga mengancam keberadaan habitatnya sendiri (Woodford,2015).
       I.            Permasalahan
Kurangnya kesadaran manusia akan alam disekitarnya,yang menyebabkan kerugian bagi makhluk hidup lainnya termasuk dirinya sendiri,masih banyak pabrik yang membuang limbah pabriknya sembarangan yang menyebabkan kerusakan ekosistem.
     II.            Pembahasan

Definisi pencemaran air, adalah jika satu atau beberapa zat gtelah masuk ke dalam air atau perairan sedemikian rupa, sehingga menimbulkan gangguan terhadap organisme yang ada.
Mengidentifikasi pencemaran air untuk mengetahui kualitasnya dapat dilakukan dengan dua cara . Cra pertama dengan mengambil sample air,kemudian mengukur konsentrasi bahan kimia yang gterkandung di dalamnya (indicator kimia kualitas air ).Cara kedua ialah dengan menganalisis kondisi kehidupan satwaseperti ikan,serangga dan hewan invertebrata yang habitatnya disekitar perairan (indicator kimia kulaitas air).
Penyebab:
·         Limbah Manusia
Masih banyak manusia yang tidak memiliki toilet layak dan membuang limbah sisa proses pencernaan makanannya ke sungai atau kawasan perairan.

·         Limbah Nutrisi
Nutrisi seperti nitrogen atau fosfor akan dimanfaatkan kembali oleh mikroorganisme dan makroorganisme disekitar perairan, namun jumlah limbah yang masuk atau dimasukan keperairan  untuk merehabilitasidirinya sendiri menjadi terlampaui.

·         Air Limbah
Limbah cair merupakan limbah yang berwujud cair. Limbah cair terlarut dalam air,selalu berpindah,tidak pernah diam.Seperti air cucian,air sabun,air bekas pencelupan warna,DLL.Yang berpindah ke sungai ataupun ke laut yang menyebakan pencemaran.

·         Limbah Kimia
Limbah kimia yang menimbulkan pencemaran air dan sangat beracun ialah polychlorinated biphenyls (PCB).

·         Limbah Radioaktif
Limbah radioaktif dalam konsentrasi yang cukup tinggi dapat membunuh,sedangkan dalam konsentrasi rendah dapat menyebabkan kanker dan penyakit lainnya.

·         Limbah Minyak
Industri minyak bumi memiliki potensi sebagi sumber dampak terhadap air,tanah,dan udara baik secara langsung maupun tidak langsung.

·         Limbah Plastik
Limbah plastik merupakan salah satu sumberb polutan yang menimbulkan pencemaran air,baik dilautan,sungai,danau dan badan perairan lainnya.

Dampak:
·         Kesehatan Manusia
·         Kerusakan Ekosistem
·         Kematian Hewan
·         Biaya Ekonomi

Cara Menanggulangi:
·         Pendidikan
Memberikan pembelajaran formal maupun nonformal diharapkan cara berpikir,kebiasaan,sikap,dan karakter sebagian besar manusia berubah,menjadi lebih “hijau”,lebih perduli terhadap ekosistemnhya,termasuk sumberdaya air yang dimilikinya.

·         Hukum
Membuat hukuman bagi orang yang mencemarkan air,memberikan hukuman yang sebanding.

    III.                                                                                                      Kesimpulan dan Saran
Pencemaran sangat berbahaya bagi makhluk hidup maupun ekosistem,mari kita lebih perduli dan perhatian terhadap makhluk hidup dan ekosistem disekitar kita,mulai dari diri sendiri mulai kesadaran bahwa ekosistem rusak kita juga sebagai manusia yang merugi,jadi kita harus menjaga dan merawat Planet Bumi ini dengan kesadaran penuh.



                                                 IV.       Daftar Pustaka
Hidayat, A A; kholil, Muhamad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri. Yogyakarta: Penerbit  Wahana Resolusi.

Puspitasari,Eka D.2009.Dampak Pencemaran Air Terhadap Kesehadapan Lingkungan Dalam Perspektif  HukumLingkungan.Dalamhttps://jurnal.ugm.ac.id/jmh/article/viewFile/16254/10800(akses 10 November 2019)
Warlina,Lina.2004. PENCEMARAN AIR: SUMBER, DAMPAK DAN PENANGGULANGANNYA.Dalamhttp://www.rudyct.com/PPS702-ipb/08234/lina_warlina.pdf(akses 10 November 2019)
PENCEMARAN AIR: SUMBER, DAMPAK DAN PENANGGULANGANNYA Oleh: Lina Warlina
Yudo,Satmoko;Idaman,Nusa.2001. MASALAH PENCEMARAN AIR DI JAKARTA, SUMBER DAN ALTERNATIF PENANGGULANGANNYA.Dalamhttp://www.kelair.bppt.go.id/Jtl/2001/vol2-2/11cemar.pdf(akses 10 November 2019)
Adack,Jessy.2013. DAMPAK PENCEMARAN LIMBAH PABRIK TAHU TERHADAP LINGKUNGAN HIDUP.Dalamhttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/administratum/article/viewFile/3200/2742(akses 10 November 2019)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.