.

Selasa, 05 November 2019

Materi 7 : Kimia Lingkungan (Bagian 2)

Terlebih dahulu dikemukakan mengenai pengertian pencemaran udara dan polutan. Menurut Woodford (2014), polusi udara gas ( atau cairan dan padatan yang tersebar melalui udara) yang dilepaskan dalam jumlah cukup banyak sehingga membahayakan kesehatan  manusia dan hewan, menghentikan atau menghambat pertumbuhan tanaman, serta merusak atau mengganggu beberapa aspek lain dari lingkungan (termasuk menimbulkan kerusakan bangunan, menimbulkan bau yang tidak menyenangkan, dan sebagainya).


Berikan komentar, catatan, review terhadap bahan kuliah ini...

21 komentar:

  1. Salim (2002), pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukannya zat,energi dan atau komponen lain ke dalam udara oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan atau mempengaruhi kesehatan manusia. Menurut saya kita harus menjaga atau meminimalisir pencemaran yang terjadi dilingkungan kita karena dapat berdampak besar bagi kesehatan manusia seperti mengurangi penggunaan kendaraan berbahan dasar minyak atau bensin.
    (@N03-YOGA)

    BalasHapus
  2. Wida Ayu Amidah (@N17-WIDA)

    menurut pendapat saya, Pencemaran udara diartikan sebagai adanya bahan-bahan atau zat-zat asing di dalam udara yang menyebabkan perubahan susunan (komposisi) udara dari keadaan normalnya. Jadi, Pencemaran udara adalah masuknya, atau tercampurnya unsur-unsur berbahaya ke dalam atmosfir yang dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan lingkungan, gangguan pada kesehatan manusia secara umum serta menurunkan kualitas lingkungan.Pencemaran dapat terjadi dimana-mana. Bila pencemaran tersebut terjadi di dalam rumah, di ruang-ruang sekolah ataupun di ruang-ruang perkantoran maka disebut sebagai pencemaran dalam ruang (
    indoor pollution)
    . Sedangkan bila pencemarannya terjadi di lingkungan rumah, perkotaan, bahkan regional maka disebut sebagai pencemaran di luar ruang (outdoor pollution).Umumnya, polutan yang mencemari udara berupa gas dan asap. Gas dan asap tersebut berasal dari hasil proses pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna, yang dihasilkan oleh mesin-mesin pabrik, pembangkit listrik dan kendaraan bermotor. Selain itu, gas dan asap tersebut merupakan hasil oksidasi dari berbagai unsur penyusun bahan bakar, yaitu: CO2 (karbondioksida),CO(karbonmonoksida),SOx(belerang oksida) dan NOx(nitrogen oksida). Secara umum penyebab pencemaran udara ada 2 macam, yaitu :
    a.Karena faktor internal (secara alamiah), contoh:
    1.Debu yang beterbangan akibat tiupan angin.
    2.Abu (debu) yang dikeluarkan dari letusan gunung berapi berikut gas-gas vulkanik.
    3.Proses pembusukan sampah organik, dll

    b.Karena faktor eksternal (karena ulah manusia), contoh:
    1.Hasil pembakar bahan bakar fosil.
    2.Debu/serbuk dari kegiatan industri
    3.Pemakaian zat-zat kimia yang disemprotkan ke udara.

    BalasHapus
  3. Sahlevi Ariputra (N09-SAHLEVI)

    Pencemaran air menyebabkan terganggunya semua spesies makhluk hidup yang ada di planet bumi. Pencemaran air terjadi karena limbah industri yang dibuang ke sungai atau perairan lainnya, yang menyebabkan ketidakseimbangan dan menimbulkan kontaminasi bagi organisme di dalam dan sekitarnya, kegiatan sehari-hari seperti mencuci pakaian dan peralatan di sekitar kolam, sungai atau danau.

    BalasHapus
  4. Pencemaran udara sangat membahayakan kehidupan manusia, urgensinya ialah berkaitan dengan sistem pernafasan dan kualitas kesehatan manusia secara keseluruhan yang sangat membutuhkan oksigen. Dikarenakan semua organ tubuh kita membutuhkan banyak oksigen untuk berfikir, merasa, bergerak, makan, tidur dan bahkan berbicara semua tergantung pada energi yang dihasilkan dari oksigen.
    (@N13-Wildan)

    BalasHapus
  5. SHABILLA MAHARANI WIYANA (@N18-SHABILLA)

    Menurut pendapat saya, pencemaran udara diartikan sebagai adanya zat-zat asing di dalam udara yang menyebabkan perubahan susunan atau komposisi udara dari keadaan normalnya.Pencemaran udara berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap kehidupan
    manusia, hewan dan tumbuhan.

    Bahan pencemar udara dibagi menjadi dua bagian:
    1. Polutan Primer
    Polutan yang dikeluarkan langsung dari sumber tertentu.
    2. Polutan Sekunder
    Polutan ini biasanya terjadi karena reaksi dari dua atau lebih bahan kimia di udara, Misalnya reaksi foto kimia.

    Kualitas udara sangat dipengaruhi oleh besar dan jenis sumber pencemar yang ada seperti dari kegiatan industri, kegiatan transportasi, dll.

    BalasHapus
  6. Oky maulana (N07-Oky)

    Dari yang saya baca, pencemaran udara yaitu masuknya atau dimasukkannya zat, energi atau komponen lain ke dalam udara oleh kegiatan manusia. Maka segala bahan padat, gas, cair, panas, mikroorganisme yang ada di udara dan dapat menimbulkan gangguan terhadap kualitas kehidupan disebut polutan udara.yang mana pada hal ini dapat menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup. Dengan kata lain disebut polutan apabila jumlahnya melebihi jumlah normal, berada pada waktu yang tidak tepat dan berada pada tempat yang tidak tepat.

    BalasHapus
  7. May Rose Indah Pratiwi Tedjo (@N21-MAY)

    Menurut saya, Pencemaran udara adalah masuknya atau dimasukkannya zat, energi, dan komponen lain ke dalam udara oleh kegiatan manusia, sehingga mutu udara turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan atau mempengaruhi kesehatan manusia. pencemaran udara sangat merugikan, pencemaran udara yang dihasilkan baik oleh pabrik, asap kendaraan dll. dapat menurunkan kadar oksigen di udara, hujan asam, dan dapat merusak lapisan ozon.

    BalasHapus
  8. Caesar antonius (N05-Caesar)

    Menurut aku Penyebab dan dampak pencemaran udara yang paling utama selalu terkait dengan manusia. Manusia menjadi penyebab utama dan terbesar terjadinya pencemaran udara. Pun manusia pula yang merasakan dampak terburuk dari terjadinya pencemaran udara.

    Pencemaran udara merupakan salah satu kerusakan lingkungan, berupa penurunan kualitas udara karena masuknya unsur-unsur berbahaya ke dalam udara atau atmosfer bumi. Unsur-unsur berbahaya yang masuk ke dalam atmosfer tersebut bisa berupa karbon monoksida (CO), Nitrogen dioksida (No2), chlorofluorocarbon (CFC), sulfur dioksida (So2), Hidrokarbon (HC), Benda Partikulat, Timah (Pb), dan Carbon Diaoksida (CO2). Unsur-unsur tersebut bisa disebut juga sebagai polutan atau jenis-jenis bahan pencemar udara.

    BalasHapus
  9. Muhammad Arifin ( N14-Arifin )

    Polutan adalah suatu zat atau bahan yang menyebabkan polusi. Polutan masuk ke dalam atmosfer, tepatnya troposfer, menyebabkan komposisi udara berubah, sehingga terjadilah pencemaran udara.

    BalasHapus
  10. Pencemaran air

    Polusi air dapat disebabkan oleh beberapa jenis pencemar sebagai berikut:

    · Pembuangan limbah industri, sisa insektisida, dan pembuangan sampah domestik, misalnya, sisa detergen mencemari air. Buangan industri seperti Pb, Hg, Zn, dan CO, dapat terakumulasi dan bersifat racun.

    · Sampah organik yang dibusukkan oleh bakteri menyebabkan 02 di air berkurang sehingga mengganggu aktivitas kehidupan organisme air

    Bila terjadi pencemaran di air, maka terjadi akumulasi zat pencemar pada tubuh organisme air. Akumulasi pencemar ini semakin meningkat pada organisme pemangsa yang lebih besar.
    (@N01-RAMA)

    BalasHapus
  11. Adrian rahadi (N16-Adrian)
    kualitas udara sangat dipengaruhi oleh besar dan jenis sumber pencemaran yang ada seperti dari kegiatan industri, kegiatan transportasi. menurut saya kegiatan industri dan kegiatan transportasi adalah penyumbang besar polusi udara di berbagai kota kota besar jadi kita harus dapat menemukan solusi bagaimana cara agar kegiatan industri dan kegiatan transportasi dapat dikurangi dan diminimalisir dampak pencemaran udaranya

    BalasHapus
  12. (@N06-FIKRI)

    Parker, Pencemaran Udara adalah perubahan atmosfer karena masuknya bahan kontaminan alami atau buatan ke dalam atmosfer tersebut.
    Pencemaran udara sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, dapat menyebabkan timbulnya penyakit pernafasan yang di sebakan oleh oksigen yang dihirup tidaklah sehat.

    BalasHapus
  13. Muhammad Fathan Fadilah (N10-Fathan)

    menurut Woodford (2014) menjelaskan, bahwa pemanasan global merupakan dampak yang luar biasa dari pencemaran udara yang dihasilkan oleh manusia. Persoalan pemanasan global belum selesai, persoalan kerusakan bagian dari atmosfer yaitu kebocoran lapisan ozon muncul.

    BalasHapus
  14. Ni Wayan Andini Pitaloka
    (@N20-WAYAN)

    Untuk kelangsungan hidupnya manusia memerlukan udara pernafasan yang higienis (Akhadi,2015). Beragam jenis zat pencemaran terbukti mengkontaminasi udara, setiap gas bisa dikatakan sebagai polusi jika konsentrasi cukup tinggi sehingga menyebabkan terjadinya berbagai dampak negatif akibat polusi udara. Penyebab pencemaran udara bisa disebabkan polutan yang ditimbulkan oleh faktor alam & dampak dari berbagai aktivitas manusia. Pencemaran udara menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan manusia & memperburuk kondisi planet bumi. Menurut saya, tidak ada pilihan lain bahwa di antara sesama manusia harus saling menyadarkan & berupaya mengubah perilaku yang tidak ramah lingkungan

    BalasHapus
  15. Adetha Muhammad Dzulfaqar (N11-Adetha)

    Soedomo (2001), polutan adalah suatu zat atau bahan yang menyebabkan terjadinya polusi. Suatu zat disebut polutan bila keberadaannya di suatu lingkungan dapat menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup. Dengan kata lain dapat disebut polutan apabila jumlahnya melebihi jumlah normal, berada pada waktu yang tidak tepat dan berada pada tempat yang tidak tepat. Pencemaran udara tak lain merupakan kerusakan yang terjadi secara sistematis pada salam satu bagian atmosfer, tepatnya lapisan troposfer. Semakin banyak pencemaran yang selalu bertambah tiap waktunya, itulah yang harus kita amati dan dari kita juga yang harus berupaya untuk mengatasi pencemaran yang disebabkan oleh aktivitas manusia.

    BalasHapus
  16. Dymas Nurbayu Yulianto [@N02-DYMAS]
    Selanjutnya dikemukakan, bahwa solusi untuk mengatasi pencemaran tidak bisa ditawar-tawar lagi, jika tidak maka akan menyesal kemudian. Beberapa solusi yang dapat diterapkan antara lain meningkatkan pembangunan ekonomi (misalnya dengan peningkatan pariwisata, perbaikan transportasi, efisiensi energi, dan meningkatkan produktivitas secara keseluruhan); mitigrasi perubahan iklim (polutan iklim berumur pendek seperti karbon hitam berkontribusi terhadap penurunan kualitas udara dan pemanasan global); dan memenuhi tuntutan jutaan orang untuk hidup sehat dan lebih produktif.

    BalasHapus
  17. Ardy Triananda (@N08-Ardy)

    Pencemaran udara, air dan tanah selalu berdampak terhadap penurunan kualitas lingkungan, setiap bidang dipermukaan bumi telah mengalami gangguan dari pencemaran lingkungan. Lingkungan telah menjadi korban pertama dari peningkatan pencemaran. Peningkatan kadar CO2 diatmosfer menyebabkan kabut asap yang dapat membatasi sinar matahari mencapai bumi.

    BalasHapus
  18. Satria Hotma Hizkia (@N19-SATRIA)
    Dampak pencemaran udara bagi kesehatan manusia. Tubuh mengambil tindakan secara secara otomatis. Semua orang tidak perlu diberitahu bahwa pencemaran udara dapat membahayakan kesehatan, dan berupaya menghindarinya.

    Sekitar 10-20 persen penyakit kanker disebabkan oleh pencemaran udara, dengan waktu keterpengaruhan yang berlangsung lama dan merupakan kombinasi dengan penyebab lainnya.

    BalasHapus
  19. Alfina Septiyadevi (@N12-Alfina)

    Salah satu pencemaran yang dapat membahayakan kehidupan manusia yaitu pencemaran udara karena berkaitan dengan sistem pernapasan yang merupakan aktivitas pokok yang dilakukan setiap makhluk hidup. Pencemaran udara dapat terjadi ketika lingkungan terkontaminasi oleh zat kimia, fisik, dan biologis yang mengubah karakteristik alami atmosfer. Kendaraan bermotor, fasilitas industri, kompor rumahan, dan kebakaran hutan merupakan sumber utama dari polusi udara. Kemudian menurut WHO pencemaran udara merupakan salah satu "pembunuh" terbesar di dunia. Sebagian besar kematian terjadi di negara berkembang. Hujan asam, efek rumah kaca dan kerusakan lapisan ozon juga dampak dari pencemaran udara. Pencemaran udara secara tidak langsung memberikan dampak yang sangat merugikan, tetapi tidak banyak manusia yang memperhatikan dan menyadari secara serius.

    BalasHapus
  20. Satria aji surya (N15-SATRIA)

    menurut saya, pencemaran yang terjadi bukan hanya di sebankan oleh faktor alam, bisa juga karena aktivitas manusia, mulai dari kegiatan industri, transportasi, dan rumah tangga. Pencemaran udara merupakan suatu hal yang buruk, dapat mengakibatkan menurunnya kesehatan tubuh dan kerusakan alam yang di akibatkan oleh pencemaran. Dan masih banyak yang lainnya seperti hujan asam, efek rumah kaca, dan kerusakan lapisan ozon.

    BalasHapus
  21. ROMA WIBERO (@N04-ROMA)
    Dari pemahan baca saya,Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia
    Penyebab Pencemaran Air Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda.
    Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi.
    Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem.
    Industri membuang berbagai macam polutan ke dalam air limbahnya seperti logam berat, toksin organik, minyak, nutrien dan padatan. Air limbah tersebut memiliki efek termal, terutama yang dikeluarkan oleh pembangkit listrik, yang dapat juga mengurangi oksigen dalam air.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.