.

Senin, 24 Desember 2018

Teknologi Hijau


Abstract:
Kesadaran masyarakat saat ini tentang Teknologi hijau sangatlah rendah, banyak masyarakat tidak mempedulikan apa yang telah mereka lakukan dapat merusak hal-hal disekitar kita seperti Warga Indonesia banyak menggunakan kendaraan bermotor pribadi. Padahal hal tersebut selain dapat menyebabkan kemacetan, tetapi juga dapat membuat kadar udara menjadi dapat membahayakan bagi pernafasan manusia. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas tentang Teknologi Hijau.

Kata Kunci: Teknologi Hijau

Teknologi hijau merupakan pembangunan dan
aplikasi produk, peralatan serta sistem untuk memelihara alam sekitar dan meminimumkan dampak negatif daripada aktiviti manusia. Teknologi hijau merupakan  teknologi rendah karbon dan lebih ramah lingkungan. Apabila kita menggunakan teknologi hijau, kita menggunakan sumber daya seperti energi, air, dan sebagainya secara minimum untuk menghasilkan sesuatu produk. Produk itu akan aman digunakan dan menyediakan lingkungan yang sehat dan lebih baik untuk semua kehidupan.

Teknologi hijau merujuk pada produk, peralatan, atau sistem yang memenuhi kriteria-kriteria berikut:
  • Meminimumkan degrasi kualiti persekitaran, mempunyai pembebasan Gas Rumah Hijau (GHG) yang rendah atau sifar, tidak berdampak buruk bagi lingkungan sehingga kelestarian lingkungan tetap terjaga
  • Menghemat tenaga dan sumber asli
  • Menggalakkan sumber-sumber yang dapat diperbarui.


Dasar Teknologi Hijau dilaksanakan untuk mengurangkan kadar peningkatan penggunaan tenaga dalam masa yang sama meningkatkan pembangunan ekonomi. Selain itu membantu pertumbuhan dalam industri teknologi hijau dan meningkatkan sumbangannya kepada ekonomi negara. Teknologi hijau juga bertujuan meningkatkan keupayaan bagi inovasi dalam pembangunan teknologi hijau dan meningkatkan daya saing dalam teknologi hijau.

Terdapat tiga tunggak Dasar Teknologi Hijau yaitu :

  • Tenaga

Dari aspek tenaga, teknolgi hijau akan mencari kaedah untuk mengurangkan penggunaan tenaga dan pada masa yang sama mempromosikan kecekapan guna tenaga.
  • Alam sekitar

Teknlogi hijau diharapkan mampu menimalisir dampak buruk ativitas manusia terhadap alam seitar
  • Ekonomi dan sosial

Dari aspek ekonomi, teknologi hijau dapat meningkatkan pembangunan ekonomi negara. Dari segi sosial pula, kualiti hidup rakyat dapat dipertingkatkan.

Konsep penerapan teknologi hijau secara umum memiliki beberapa tujuan utama  yang memiliki prioritas untuk dapat diterapkan dalam kehidupan manusia, yaitu :

  • Keberlangsungan – Upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara terus menerus di masa depan tanpa merusak atau menghabiskan sumber daya alam.
  • Pendaurulangan sampah – Upaya untuk mengakhiri siklus barang sekali pakai, dengan menciptakan produk yang sepenuhnya dapat diperoleh kembali atau digunakan kembali.
  • Pengurangan Sumber Sampah – Upaya untuk mengurangi sumber limbah dan polusi dengan mengubah pola produksi dan pola konsumsi.
  • Inovasi – Upaya untuk mengembangkan alternatif teknologi yang ramah lingkungan guna memenuhi kebutuhan manusia tanpa merusak lingkungan. Inovasi ini salah satunya adalah penciptaan biomassa yang bisa diubah menjadi ethanol yang merupakan energi alternatif  yang dapat diperbarui sebagai pengganti bahan bakar fosil.
  • Viabilitas – upaya untuk menciptakan suatu pusat kegiatan ekonomi di seluruh bidang teknologi dan produk yang memberikan keuntungan bagi lingkungan dan menciptakan peluang usaha baru yang benar-benar melindungi planet bumi dari kerusakan.
  • Edukasi – Upaya untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya penerapan teknologi hijau guna mendukung terciptanya daya dukung lingkungan yang berkelanjutan.


Daftar Pustaka:

Nurain, Dini Nuris. 2013. Teknologi Hijau, Solusi Cerdas Bagi Pemanasan Global. Dalam: http://www.kompasiana.com/dininuris/teknologi-hijau-solusi-cerdas-bagi-pemanasan-global_552931adf17e61824a8b458f (Diakses 24 Desember 2018).

Amelia, Riski dkk. Jurnal Teknologi Kimia dan Industri, Vol. 2, No. 4 Tahun 2013, Pp 146-156: Pembuatan dan Karakterisasi Katalis Karbon Aktif Tersulfonasi Sebagai Katalis Ramah Lingkungan Pada Proses Hidrolisis Biomassa. Dalam: https://www.academia.edu/9779671/Jurnal_Teknologi_Kimia_dan_Industri_PEMBUATAN_DAN_KARAKTERISASI_TERSULFONASI_SEBAGAI_KATALIS_RAMAH_LINGKUNGAN_PROSES_HIDROLISIS_BIOMASSA?auto=download. (Diunduh 24 Desember 2018)

Hidayat, Afia, Atep. 2013. Mengenal Teknologi Hijau. Dalam: http://www.kangatepafia.com/2013/10/mengenal-teknologi-hijau.html (Diakses 24 Desember 2016)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.