.

Rabu, 26 Desember 2018

Teknologi Hijau (GreenTech)


OLEH: Triyatno (@J01-Triyatno)

Teknologi hijau (Greentech)yang juga dikenal dengan teknologi lingkungan(envirotech) dan teknologi bersih(cleantech) adalah integrasi antara teknologi modern dan ilmu lingkungan untuk lebih melestarikan lingkungan global dan sumber daya alam serta untuk mengurangi dampak negative dari aktifitas manusia di planet bumi.


Teknologi hijau bertujuan untuk menemukan dan mengembangkan cara-cara untuk menyediakan kebutuhan bagi manusia tanpa menyebabkan kerusakan lingkungan atau pengurangan sumber daya alam yang cepat di planet bumi. Salah satu contoh alternatif teknologi konvensional yang diterapkan guna mengaplikasikan konsep teknologi hijau  adalah proses pendaur-ulangan sampah, upaya ini dapat memberikan pengurangan yang signifikan terhadap efek negatif pada lingkungan yaitu mengurangi jumlah limbah dan polusi yang dihasilkan dari kegiatan yang dilakukan oleh manusia.

Konsep penerapan teknologi hijau dalam kehidupan manusia, yaitu :

1.      Konsep keberlanjutan, upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara terus menerus di masa depan tanpa merusak atau menghabiskan sumber daya alam. Dengan kata lain, kebutuhan saat ini dapat terpenuhi tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhannya sendiri.
2.      Konsep daur ulang sampah, upaya untuk mengakhiri siklus barang sekali pakai, dengan menciptakan produk yang sepenuhnya dapat diperoleh kembali atau digunakan kembali.
3.      Konsep Pengurangan limbah dan polusi, upaya untuk mengurangi sumber limbah dan polusi dengan mengubah pola produksi dan pola konsumsi.
4.      Konsep inovasi, upaya untuk mengembangkan alternative teknlogi yang ramah lingkungan guna memenuhi kebutuhan manusia tanpa merusak lingkungan.
5.      Konsep viabilitas, upaya untuk menciptakan suatu pusat kegiatan ekonomi di seluruh bidang teknologi dan produk yang memberikan keuntungan bagi lingkungan dan menciptakan peluang usaha baru yang benar-benar melindungi planet bumi dari kerusakan.
6.      Konsep edukasi, upaya untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya penerapan teknologi hijau guna mendukung terciptanya daya dukung lingkungan yang berkelanjutan melalui pendidikan dan pelatihan.

Prinsip Konsep Green Technology meliputi yaitu :

1.      Kenyamanan Sosial, hakikat dari pengembangan dan penerapan teknologi antara lain untuk menumbuhkan kenyamanan dalam kehidupan masyarakat.
2.      Ekonomis, penerapan teknologi sedapat mungkin harus rendah biaya dengan nilai manfaat seoptimal mungkin.
3.      Ramah Lingkungan, dalam setiap rancangan, pengembangan dan aplikasinya prinsip ramah lingkungan dan bersih menjadi suatu patokan.

Daftar Pustaka :
1.      Shidqi, Muhammad. Green Technology.    https://sites.google.com/site/muhammadshidqi/green-technology(Diakses 26 Desember 2018)
2.      Apa itu Teknologi Hijau. https://sites.google.com/site/hariinovasi/berita/apa-itu-teknologi-hijau ( Diakses 26 Desember 2018 )
3.      Nefilinda. TEKNOLOGI HIJAU: SOLUSI UNTUK PELESTARIAN SUMBER AIR http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/spasial/article/view/1578/885 (Diakses 26 Desember 2018 )
4.      Sharif, Zainudin. Dasar Teknologi Hijau. https://www.scribd.com/doc/21975047/DASAR-TEKNOLOGI-HIJAU   ( Diakses 26 Desember 2018 )
5.      https://www.scribd.com/doc/21975047/DASAR-TEKNOLOGI-HIJAU    (Diakses 26 Desember 2018 )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.