.

Minggu, 14 Oktober 2018

PENCEMARAN UDARA


Oleh:@J02-Rizky

ABSTRAK


Pencemaran udara adalah suatu kondisi di mana kualitas udara menjadi rusak dan terkontaminasi oleh zat-zat, baik yang tidak berbahaya maupun yang membahayakan kesehatan tubuh manusia. Pencemaran udara biasanya terjadi di kota-kota besar dan juga daerah padat industri yang menghasilkan gas-gas yang mengandung zat di atas batas kewajaran. Rusaknya ata semakin sempitnya lahan hijau atau pepohonan di suatu daerah juga dapat memperburuk kualitas udara di tempat tersebut. Semakin banyak kendaraan bermotor dan alat-alat industri yang mengeluarkan gas yang mencemarkan lingkungan akan semakin parah pula pencemaran udara yang terjadi. Untuk itu diperlukan peran serta pemerintah, pengusaha dan masyarakat untuk dapat menyelesaikan permasalahan pencemaran udara yang terjadi.

KATA KUNCI:Menjelaskan tentang penyebab dan dampak pencemaran udara



A. Penyebab Pencemaran Udara


1. Asap Rokok

Bahaya rokok tidak hanya bagi kesehatan pernapasan saja. Asap yang dihasilkan dari pembakaran bisa menimbulkan zat beracun yang mencemari udara sekitar. Indonesia menjadi negara yang memiliki perokok aktif dengan jumlah yang sangat besar. Masyarakat harus disadarkan dengan memberikan penyuluhan tentang bahaya rokok.

2. Peralatan rumah tangga

Saat ini banyak produsen peralatan rumah tangga yang menciptakan perabot ramah lingkungan. Langkah ini untuk mencegah terjadinya pencemaran udara. Tentu saja tidak semua orang sadar akan hal tersebut. Sebagian malah mengeluhkan karena harganya yang sedikit mahal. AC dan kulkas menjadi penyumbang polutan terbesar di bumi ini.

3. Kebakaran hutan

Terjadinya kebakaran hutan bisa jadi disebabkan karena faktor cuaca dan kesengajaan manusia yang ingin membuka lahan dengan cara cepat. Dampak pencemaran udara yang diberikan sangat signifikan. Tidak hanya buruk bagi kesehatan, tapi juga dapat menyebabkan keracunan dalam tempo cepat. Jika kadar polutan sangat tinggi, jalan keluar terbaik adalah dengan mengungsikan warga terdampak.


B. Dampak Pencemaran Udara

Dampak dari pencemaran udara sangatlah banyak dan sangat membahayakan, mulai dari yang mengganggu kegiatan sehari-hari hingga menyebabkan kematian kepada seseorang.
Bahkan di dunia sendiri para petinggi PBB dan organisasi dibawahnya sejak dari dulu sudah mulai mengkritisi perihal pencemaran lingkungan yang satu ini. Bukan itu saja di dunia sendiri banyak dari sekelmpok masyarakat yang membentuk sebuah organisasi yang dimana itu di tujukan untuk sebagai penekanan dalam masalah pencemaran lingkungan.
Berikut ini beberapa dampak atau efek yang di timbulkan oleh polusi udara.

1. Gangguan Kesehatan

Salah satu dampak fatal dari pencemaran udara adalah terjadinya gangguan kesehatan. Banyak sekali gangguan atau penyakit yang bisa terjadi akibat polusi yang satu ini. Seseorang yang menghirup udara kotor tersebut bisa kapan saja terkena beberapa penyakit yang dirasa penyakit tersebut cukup parah.
Penyakit yang dapat di timbulkan seperti ispa, asma, bronkitis, memicu stress, dan masih banyak lagi dampak fatal yang lain seperti kanker paru-paru dan kanker kulit yang disebabkan terganggunya sistem lapisan ozon.

2. Dampak Ekonomi

Dilihat dari akibat terjadinya pencemaran udara ini, produktivitas dari seseorang akan terganggu sebab kurang bisa menikmati udara segar. Selain itu juga karena efek dari polusi ini mengakibatkan terganggunya penglihatan pada seseorang.
Karena sebab itu bukan hanya aktifitas kantor atau pekerja saja yang terganggu tapi bahkan juga aktifitas sosial yang lain juga terganggu karenanya.

3. Dampak Terhadap Pertanian

Selain dampak pada ekonomi dan kesehatan, adanya pencemaran udara juga bisa mempengaruhi terhadap bidang pertanian. Contoh masalah yang terjadi karena pencemaran lingkungan ini adalah terganggunya proses fotosistesi pada tumbuhan yang mengakibatkan terganggunya pertumbuhan dari tumbuhan itu sendiri.
Bukan hanya itu saja tanaman juga sangat rentan dengan penyakit, penyakit yang di hasilkan oleh tumbuuhan sangatlah tidak bagus untuk manusia. Penyakit tersebut diantaranya klorosis dan nekrosis.
Penyakit pada tumbuhan ini menyebabkan jalur sirkulasi udara yang dikeluarkan tumbuhan menjadi terganggu dan kurang sehat, sehingga menjadikan udara menjadi kotor dan tidak baik untuk di hirup.


DAFTARPUSTAKA








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.