.

Senin, 15 Oktober 2018

PENCEMARAN AIR DI LINGKUNGAN

Oleh :
@J13-Silvia


Abstrak: Masalah pencemaran air yang ada di Indonesia setiap tahun semakin meningkat. pencemaran air adalah menurunnya kualitas air akibat masuknya makhluk hidup, zat, energi ke dalam air akibat aktifitas manusia. Penurunan kualitas air tersebut dapat disebabkan secara sengaja oleh aktifitas manusia. Contohnya adalah membuang sampah di sungai dan lain –lain.Akibatnya adalah rusaknya ekosistem air.
Kata Kunci: Pencemaran air
Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia. Pemanfaatan terbesar danau, sungai, lautan dan air tanah adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya berpotensi sebagai objek wisata.
Walaupun fenomena alam seperti gunung berapi, badai, gempa bumi dll juga mengakibatkan perubahan yang besar terhadap kualitas air, hal ini tidak dianggap sebagai pencemaran.
Berdasarkan UU No. 3 Tahun 1997 menyatakan bahwa pencemaran air adalah menurunnya kualitas air akibat masuknya makhluk hidup, zat, energi ke dalam air akibat aktifitas manusia. Penurunan kualitas air tersebut dapat disebabkan secara sengaja oleh aktifitas manusia. Contohnya adalah membuang sampah di sungai dan lain – lain.
Sumber Pencemaran Air

1. Parameter Fisika
Paremeter ini digunakan untuk mengetahui tingkat pencemaran air. Salah satu indikator yang dapat diamati adalah warna air, bau, rasa, dan kekeruhan.
2. Parameter Kimia
Dalam hal ini parameter yang diamati adalah pH, zat organik dan jumlah logam berat dalam air.
3. Parameter Bakteriologi
Hal ini dilakukan untuk mengetahui kandungan bakteri dalam air. Parameter yang diamati antara lain adalah jumlah coliform, puristik, dan patogenik yang ada di air.
4. Parameter Suhu
Suhu dapat dijadikan indikator untuk membuktikan bahwa suatu perairan itu tercemar. Hal ini dikarenakan beberapa organisme seperti bakteri yang sangat peka terhadap perubahan suhu pada air. Oleh karena itu, jumlah populasi bakteri di suatu lingkungan perairan dapat menjadi indikator pencemaran air.
5. Parameter Rasa dan Bau
Salah satu indikator pencemaran air adalah terjadinya perubahan rasa dan bau. Air yang jernih pada umumnya tidak memiliki rasa dan bau atau biasa dikenal memiliki pH netral. Air yang tercemar biasanya berbau busuk, bau gas, terasa pahit dan asam.


 Penyebab atau Polutan Pencemaran Air :
1. Sampah organik dan anorganik
Sampah ini adalah salah satu penyebab pencemaran air. Hal ini dikarenakan banyak sekali sampah yang dibuang di sungai. Hal ini menyebabkan air sungai tercemar.
2. Limbah industri
Limbah industri menjadi salah satu penyebab utama pencemaran lingkungan. Limbah cair industri yang dibuang ke laut atau sungai tanpa diolah terlebih dahulu dapat mencemari lingkungan perairan.

3. Pertambangan
Salah satu contohnya adalah pertambangan batubara. Hal ini dikarenakan saat batubara dibakar maka merkuri yang terkandung di dalamnya telepas bebas di udara. Merkuri tersebut dapat kembali lagi dan masuk ke dalam tanah sehingga dapat mencemari air.
4. Detergen
Detergen merupakan salah satu contoh limbah ruah tangga. Oleh karena itu, anda harus melakukan pengolahan limbah tersebut dengan baik agar tidak mencemari air di lingkungan sekitar anda.
5. Perusakan hutan
Perusakan hutan juga dapat menjadi penyebab pencemaran air karena jika banyak pohon yang ditebang maka tidak ada lagi yang mampu mengikat air di tanah. Hal ini berefek pada munculnya erosi tanah.

Jenis Pencemaran Air

  1. Pencemaran Mikroorganisme Air
  2. Pencemaran dari Bahan Arnorganik Nutrisi Tanaman
  3. Pencemar Bahan Kimia Anorganik
  4. Pencemar Bahan Kimia Organik

Dampak Pencemaran Air

1.      Meledaknya hama
2.      Punahnya spesies
3.      Keseimbangan lingkungan terganggu
4.      Berkurangnya kesuburan tanah
Adapun Cara Menanggulangi Pencemaran Air
Kita harus sadar akan kelangsungan ketersediaan air dengan tidak merusak atau mengeksploitasi sumber mata air agar tidak tercemar, tidak membuang sampah ke sungai, berusaha mengurangi intensitas limbah rumah tangga, mengolah atau menyaring limbah cair dari pabrik sehingga limbah yang nantinya bersatu dengan air sungai bukanlah limbah jahat  perusak ekosistem, menangkap ikan secara alami, pembuatan sanitasi yang benar dan bersih agar sumber-sumber air bersih lainnya tidak tercemar dan yang paling utama adalah membuat perencanaan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

DAFTAR PUSTAKA

Anonym.(2017).Pencemaran Air.Dalam
https://hamparan.net/pencemaran-air/ (Diunduh Pada 15 Oktober)
https://thegorbalsla.com/pencemaran-air/ ( Diunduh Pada 15 Oktober)

Anonym.(2016). Pencemaran Air : Pengertian, Sumber, Jenis dan Akibat.Dalam

Geost, Flysh. 2017. Cara Penanggulangan Pencemaran Air. Dalam 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.