.

Senin, 15 Oktober 2018

Kesetimbangan Lingkungan


Oleh : Musela Carentia (@K11-Musela)



Abstrak : Pencemaran lingkungan merupakan salah satu masalah utama pada zaman sekarang, maraknya pencemaran mempengaruhi banyak terhadap produktivitas dari bumi itu sendiri.Karena efek dari pencemaran alam sendiri sangat lah berbahaya bukan hanya untuk keselamatan bumi bahkan juga keselamatan umat manusia.Banyak pencemaran yang marak dalam kehidupan sehari-hari yang kita temui seperti pencemaran udara, air, tanah. 

     Pencemaran lingkungan adalah masuknya zat atau energi lain ke dalam air, udara, dan tanah. Pencemeran ini juga dapat diartikan sebagai adanaya perubahan suatu kondisi komposisi pada media yang tercemar. Misalnya saja tanah, air, dan udara yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti proses alam, manusia, dan yang lainnya.

       Menurut web sahabatnesia (2017), Peristiwa pencemaran lingkungan ini disebut sebagai polusi. Sedangkan bahan yang bisa menyebabkan pencemaran disebut sebagai polutan. Syarat-syarat suatu zat dapat dikatakan sebagai polutan apabila keberadaannya bisa menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup.
Suatu zat dikatakan sebagai polutan apabila :
1.      Jumlahnya melebihi jumlah normal.
2.      Berada pada tempat yang tidak tepat.
3.      Berada pada waktu yang tidak tepat.

Jenis-jenis Pencemaran dan Penyebabnya

       Berikut uraian singkat mengenai beberapa jenis pencemaran (CEF,2015), (Hathaway,dn 2015), dan (Hill,2004) :
1.Pencemaran Udara : Pencemaran udara merupakan suatu kondisi dimaa terdapat berbagai substansi zat baik itu fisik, kimia dan juga biologi yang terdapat di dalam lapisan atmosfer bumi.   Pencemar udara dapat berupa gas dan partikel. Contoh : Karbon monoksida dari hasil pembakaran sampah.

2.Pencemaran Air : Pencemaran air adalah perubahan zat atau kandungan di dalam air baik itu air yang ada di sungai, danau maupun air di lautan luas bahkan saat ini juga sudah terdapat pencemaran pada air tanah. Contoh : Adanya penggunaan bahan peledak seperti bom untuk membunuh ikan yang banyak dilakukan oleh para nelayan juga mampu menimbulkan terjadinya pencemaran air.

3.Pencemaran Tanah : Jenis pencemaran lingkungan yang ke tiga adalah pencemaran tanah, dimana pencemaran ini terjadi karena adanya zat atau bahan kimia yang ada di dalam tanah dan biasanya terjadi karena hasil dari ulah manusia sehingga mengubah struktur dan kandungan tanah yang masih alami. Contoh : adanya penggunaan pestisida pada tanaman yang masuk ke dalam lapisan tanah.

4.Pencemaran Suara : Disebabkan ketika kebisingan yang mengganggu system pendengeran pada telinga, yang lebih jauh dapat menimbulkan masalah psikologis secara stress,hipertensi, gangguan pendengeran, dan sebagainya. Contoh : knalpot kendaraan,music keras, dan sebagainya.

5.Pencemaran Radioaktif : suatu pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh debu radioaktif akibat terjadinya ledakan reaktor-reaktor atom serta bom atom. Yang paling berbahaya dari pencemaran radio aktif seperti nuklir adalah radiasi sinar alpha, beta dan gamma yang sangat membahayakan makhluk hidup di sekitarnya.

6. polusi termal : masalah nyata dan gigih dalam masyarakat modern kita. Dalam istilah awam, polusi termal adalah ketika suatu industri atau organisasi buatan manusia lainnya mengambil air dari sumber alami dan baik mendingin ke bawah atau memanas itu. Contoh : Manufaktur dan tanaman Industri: Produksi dan Manufaktur tanaman adalah sumber terbesar dari polusi termal.

7.Pencemaran Cahaya : polusi cahaya adalah "dampak buruk akibat cahaya buatan manusia". Polusi cahaya biasanya berarti intensitas cahayanya terlalu besar.

Dampak Pencemaran Lingkungan
a.Degradasi Kualitas Lingkungan
b.Kesehatan Manusia
c.Pemanasan Global
d.Penipisan Lapisan Ozon
e.Kesuburan Tanah Berkurang

Kesimpulan
         Dari berbagai uraian di atas kami dapat menarik kesimpulan sebagai berikut :
Bahwa pencemaran lingkungan terjadi karena ulah manusia itu sendiri yang tidak dapat mengolah dan memanfaatkan lingkungan dengan baik. Pencemaran lingkungan dibagi ke dalam tiga bagian yaitu ; (1) Pencemaran Udara, (2) Pencemaran Air, dan (3) Penmcemaran Tanah.
Dampak pencemaran lingkungan khususnya bagi kesehatan manusia yaitu akan berdampak pada tingkat kekebalan tubuh. Semakin banyak pencemaran yang dilakukan, maka kekebalan tubuh manusia yang berada di sekitar daerah pencemaran akan menurun sehingga tidak jarang manusia saat ini sering terkena penyakit seperti penyakit kulit, penyakit kanker, dll.

Daftar Pustaka
·         Hidayat.A.A dan Muhammad Kholil.2018.Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri.Penerbit Wahana Resolusi.Yogyakarta.
·         https://adeputraselayar.wordpress.com/2012/06/12/makalah-pencemaran-lingkungan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.