.

Jumat, 14 September 2018

Water Pollution




Oleh : Apilia Wahyuni ( @ProyekK01 / @K29-Aprilia )

Water Pollution
 
1.      ABSTRAK
        Pencemaran air didefinisikan sebagai perubahan langsung atau tidak langsung terhadap keadaan air dari keadaan yang normal menjadi keadaan air yang berbahaya atau berpotensi menyebabkan penyakit dan gangguan bagi kehidupan makhluk hidup. Pencemaran air merupakan masalah global utama yang membutuhkan evaluasi dan revisi kebijakan sumber daya air pada semua tingkat (dari tingkat internasional hingga sumber air pribadi dan sumur). Telah dikatakan bahwa polusi air adalah penyebab terkemuka di dunia
untuk kematian dan penyakit. Dalam PP No. 20/1990 tentang Pengendalian Pencemaran Air, pencemaran air didefinisikan sebagai : “pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiaan manusia sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya” (Pasal 1, angka 2). Definisi pencemaran air tersebut dapat diuraikan sesuai makna pokoknya menjadi 3 (tga) aspek, yaitu aspek kejadian, aspek penyebab atau pelaku dan aspek akibat (Setiawan, 2001).

·        Kata Kunci : Indikator Pencemaran Air.

2.      INDIKATOR PENCEMARAN AIR
        Air diperlukan dalam jumlah banyak untuk mendukung aktivitas organisme, mulai dari kebutuhan konsumsi makhluk hidup (termasuk manusia), untuk industri, media untuk hidup dan sebagainya.karena begitu banyaknya kegiatan manusia yang melibatkan air maka aktivitas secara langsuung dan tidak langsung akan dapat mengakibatkan pencemaran air. Berikut ini adalah beberapa indikator terhadap pencemaran air yang dapat diamati dengan melihat perubahan keadaan air.
a.       Perubahan suhu air.
b.      Perubahan tingkat keasaman, basa, dan salinitas air.
c.       Perubahan warna, bau, dan rasa pada air.
d.      Terbentuknya endapan dan koloid.
e.       Mikroorganisme dalam air.

3.      KOMPONEN PENCEMARAN AIR
        Selain mengetahui indikator pencemaran air maka selanjutnya perlu diketahui komponen pencemaran air sehingga dapat diketahui sumber pencemarannya.
a.       Bahan buangan padat
Bahan buangan padat yang membentuk koloid dapat menyebabkan air menjadi keruh, sehingga menghalangi masuknya sinar matahari ke dalam air dan menghambat proses fotosintesis air sehingga mengurangi kelarutan oksigen dalam air. Sedangkan bahan buangan yang tidak terlarut dapat menyebabkan pengendapan di dasar air sehingga mengakibatkan pendangkalan aliran air.
b.      Bahan buangan organik
Bahan buangan organik sebaiknya jangan masuk ke dalam air karena senyawa organik akan dapat meningkatkan jumlah mikroorganisme seperti bakteri. Neningkatnya jumlah mikroorganisme terurtama bakteri patogen akan sangat berbahaya bagi kesehatan manusia bila air di konsumsi.
c.       Bahan buangan anorganik
Bahan buangan anorganik dapat berupa anion, kation, dan garam. Biasanya berasal dari bahan bangunan seperti industri logam, elektroplating, industri elektronika, dan industri kimia.
d.      Bahan buangan cair berminyak
Bahan cair berminyak sangat memengaruhi kehidupan air karena lapisan minyak di dalam air akan menghalangi masuknya oksigen ke dalam air sehingga akan mengurangi masuknya oksigen ke dalam air. Lapisan minyak pada permukaan air juga akan menghambart proses fotosintesis pada tumbuhan air.
e.       Bahan buangan zat kimia
Beberapa senyawa kimia yang umum dikenal sebagai pencemar diantaranya adalah detergen, insektisida, zat warna kimia, senyawa organik, bahan sintesis, larutan penyamak kulit, dll.
4.      FUNGSI AIR
        Karena air merupakan sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, maka air mempunyai banyak fungsi. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari air:
·         Membantu tumbuhan melakukan proses fotosintesis
·         Menyuburkan tanah
·         Memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh makhluk hidup
·         Sebagai sarana membersihkan badan, pakaian, dan peralatan lainnya
·         Menjaga kesehatan tubuh dengan cara meberikan supplay mineral yang cukup
·         Menjaga kecantikan kulit pada manusia
·         Melarutkan berbagai macam penyakit
·         Sebagai rumah bagi semua macam binatang dan tumbuhan air
·         Sebagai penyeimbang suhu di Bumi
5.      DAMPAK PENCEMARAN AIR
a.       Merusak kesehatan manusia.
b.      Kerusakan ekosistem.
c.       Kematian pada hewan.
d.      Media penyebaran penyakit.
e.       Kutrangnya pasokan air bersih.

6.      UPAYA PENANGGULANGAN PENCEMARAN AIR
a.         Menciptakan jalur hijau untuk mempertahankan area resapan air.
b.         Mengelola penggunaan detergen dengan baik.
c.         Mengolah dan membuang limbah rumah tangga dengan tepat.
d.   Mengganti bahan kimia pemberantas hama dengan memanfaatkan musuh alami dan parasitoid5. Mengganti pupuk kimia dengan pupuk organik dan kompos.
e.         Mengolah limbah cair dari industri atau pabrikMembuat penampungan limbah.
f.          Menangkap ikan dengan cara alami.
g.         Membuat perencanaan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

7.      KESIMPULAN
        Pencemaran adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan atau komponen lain ke dalam lingkungan, atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Terdapat banyak definisi mengenai pencemaran air. Intinya ialah jika satu atau beberapa zat telah masuk ke dalam air atau perairan sehingga menimbulkan gangguan terhadap organisme yang ada. Kondisi perairan sungai yang memburuk secara langsung akan menurunkan kualitas kesehatan makhluk hidup di sekitarnya. Pada dasarnya pencemaran air memang sangat merugikan bagi semua makhluk maupun kalangan. Akibatnya tatanan lingkungan hidup pun berubah. Pencemaran bisa menurunkan kwalitas lingkungan hidup setempat. Namun semua itu dapat diatasi dengan berbagai cara seperti tidak membuang limbah pada sungai, tidak membuang sampah sembarang dan masih banyak lagi.


          DAFTAR PUSTAKA

Hidayat , Atep Afia., dan Kholil, Muhammad. 2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Jakarta. Patona Media.
Situmorang, Manihar. 2017. Kimia Lingkungan. Depok. PT RajaGrafindo Persada.

6 komentar:

  1. (K20) - Ghina)
    Judul : sudah menarik
    Tata tulis : tidak adanya solusi untuk permasalahan tersebut, kata kunci masih berupa kalimat bukan kata
    Konten : Sudah baik hanya saja kurang kutipan dalam penulisan jadi sumber materinya kurang jelas, daftar pustaka sudah baik
    Mind map : sudah kreatif
    NILAI : 75

    BalasHapus
  2. @K28-Rofiqoh

    Mind map sudah bagus, tinggal rapihkan lagi materinya
    nilai: 80

    BalasHapus
  3. K17-Natalia
    Isi artikelnya sudah bagus dan sudah dilengkapi mind map. Tetapi tulisannya masih berantakan dan masih ada kesalahan penulisan artikelnya.
    Nilai : 74

    BalasHapus
  4. @k11-musela
    Isi artikel sudah bagus dan lumayan lengkap,tulisannya belum rapi dan teliti mind mapnya kurang bagus

    Nilai : 73

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.