.

Selasa, 11 September 2018

KRISIS ENERGI

Oleh : PUJI ANGGRAENI (@ProyekK01, @K30-Puji)

KRISIS ENERGI
ABSTRAK : Ilmu kimia juga berperan dalam menyelesaikan masalah global yaitu masalah yang dihadapi oleh seluruh dunia, seperti yang menyangkut masalah dalam bidang lingkungan hidup, kedokteran, geologi. Biologi dan lain-lain, ataupun untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Sebagai contoh, masalah global dalam hal lingkungan hidup dan krisis energi.


Krisis energi merupakan  kekurangan (atau peningkatan harga) suatu persediaan sumber daya energi ke ekonomi. Krisis ini biasanya menunjuk ke kekurangan minyak bumi, listrik, atau sumber daya alam lainnya. Krisis ini memiliki akibat pada ekonomi, dengan banyak resesi disebabkan oleh krisis energi dalam beberapa bentuk. (tanpa energi tanpa kehidupan)

KATA KUNCI : Krisis Energi Listrik

MENGAPA BISA TERJADI : Sadarkah kita saat ini? Salah satu penyebabnya adalah terlalu besarnya ketergantungan. Pemborosan konsumsi energi secara tidak sengaja terus kita lakukan, seperti konvoi, menghidupkan lampu disiang hari, membuang dan membakar sampah, dan sebagainya. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya harga dari biaya produksi akibat kekurangan sumber energi seperti minyak bumi, atau listrik dan sumber daya energi yang berasal dari alam. Krisis energi ini akan berpengaruh terhadap perekonomian yang nantinya berdampak pada kemaslahatan hidup manusia.

SIAPA YANG SALAH : Beberapa waktu lalu, pemerintah berencana menggalakkan hemat energi sebagai langkah awal menyikapi krisis energi global. Rencana ini tentu sangat baik jika kita menyikapinya, namun keadaan politik dan sosial di Indonesia yang ruwet, ribet, dan berbelit-belit membuat kita pesimistis atas pelaksanaan kebijakan tersebut. Hemat energi bukan sekadar kebijakan saja, tetapi harus menjadi budaya masyarakat sehingga diperlukan langkah strategis melalui teknologi, wadah, komunitas, ataupun lainnya sehingga perluasan persuasi hemat energi dapat terlaksana dengan baik. Energi adalah kebutuhan pokok dan bagian dari ketahanan nasional. Sebagian masyarakat dunia, saya juga menyadari keserakahan yang telah kita semua lakukan. Krisis energi yang kita alami saat ini tidak lepas dari keserakahan dan ketidaksensitivitas kita
            Saya akan membahas tentang Krisis Energi Listrik. Dalam mengatasi krisis energi di Indonesia tidak cukup bila hanya mengandalkan satu sumber energi alternatif saja, kita harus bisa menemukan banyak sumber energi alternatif yang terbarukan agar pasokan bahan bakar dan listrik untuk dalam negeri bisa terjamin keberadaanya. Diantaranya
  • 1.      Mikrohidro                                                                                                                Mikrohidro adalah pembangkit listrik tenaga air skala kecil Relatif kecilnya energi yang dihasilkan mikrohidro (dibandingkan dengan PLTA skala besar) berimplikasi  relatif sederhananya, peralatan serta kecilnya areal tanah yang diperlukan guna instalasi dan pengoperasian mikrohidro. Mikrohidro cocok diterapkan di pedesaan yang belum terjangkau listrik dari PT PLN.
  •  Biogas                                                                                                                                                 Biogas adalah gas produk akhir pencernaan atau degradasi anaerobik bahan-bahan organik oleh bakteri-bakteri anaerobik dalam lingkungan bebas oksigen atau udara (Tatang, 2006). Komponen terbesar (penyusun utama) biogas adalah metana (CH4, 54 – 80 %-vol) dan karbon dioksida (CO2, 20 – 45 %-vol). Pada prinsipnya proses produksi biogas, terjadi dua tahap yaitu penyiapan bahan baku dan proses penguraian anaerobik oleh mikroorganisme untuk menghasilkan gas metana. Hasil teknologi biogas tersebut dapat digunakan sebagai sumber energi misalnya untuk lampu penerangan maupun untuk memasak.
  •   Sampah/Limbah                                                                                                                                untuk menghasilkan listrik menggunakan cara gasifikasi, pyrolysis, dan incinerator. Incinerator atau pembakaran, menurut Rudi Nugroho, Direktur Pusat Teknologi Lingkungan dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, BPPT. Hanya menyisakan sekitar 10% dari sampah yang dibakar. Dan panas yang dihasilkan dari pembakaran akan dialirkan untuk memanaskan boiler sehingga menghasilkan uap.
  •  Tenagasurya                                                                                                                                     Energi yang berasal dari radiasi matahari merupakan potensi energi terbesar dan terjamin keberadaannya di muka bumi. Pemanfaatan radiasi matahari sama sekali tidak menimbulkan polusi ke atmosfer. Cara ini sudah dilakukan di Indonesia, banyak kita temui di jalan tol untuk  lampu penerangannya.
  •  TenagaAngin                                                                                                                                    Untuk di Indonesia dengan estimasi kecepatan angin rata-rata sekitar 3 m/s, turbin skala kecil lebih cocok digunakan, meski tidak menutup kemungkinan bahwa pada daerah yang berkecepatan angin lebih tinggi (Sumatra Selatan, Jambi, Riau, dsb). Selain untuk pembangkitan listrik, turbin angin sangat cocok untuk mendukung kegiatan pertanian dan perikanan, seperti untuk keperluan irigasi, aerasi tambak ikan, dsb.
  • TenagaAir                                                                                                                                         adalah pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik atau yang sering kita sebut dengan PLTA. Bentuk utama dari pembangkit listrik jenis ini adalah generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari air. Namun, secara luas, pembangkit listrik tenaga air tidak hanya terbatas pada air dari sebuah waduk atau air terjun, melainkan juga meliputi pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air dalam bentuk lain seperti tenaga ombak.

KESIMPULAN : Krisis energi saat ini sekali lagi mengajarkan kepada bangsa Indonesia untuk menggerakan simbolis Hemat energi. Hemat Energi adalah langkah awal dan sensitivitas terhadap sebuah energi. Langkah untuk menunjang penggalangan hemat (pengembangan Ilmu Pengetahuan, teknologi, dan sosial). Lanjutkan dan segera terapkan secara maksimal strategi Konservasi dan Diversifikasi Energi untuk Indonesia dan dunia. Terdapat beberapa sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan yang bisa diterapkan segera di tanah air, seperti mikrohidro, biogas. Sampah/limbah, tenaga surya, tenaga angin, dan tenaga air.

DAFTAR ISI :                                                                                                                     
[1] . https://id.wikipedia.org/wiki/Krisis_energi                                                                                  [2]. https://yonopurnama.wordpress.com/sekelebat-berita/krisis-energi-salah-siapa/                        
 [3]. https://benergi.com/mencari-solusi-dari-krisis-energi-yang-mengintai                                
 [4]. YS Indartono - Majalah INOVASI, 2008 - academia.edu                                                          
 [5]. https://salamic.wordpress.com/2009/11/02/krisis-energi-di-indonesia/                                                       
[6]. http://kimiadahsyat.blogspot.com/2011/02/biogas-solusi-mengatasi-krisis-energi.htm [7].thttps://www.bbc.com/indonesia/majalah/2016/06/160613_majalah_sampah_sumberenergi                                                                                               

 



3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. @K27-Lulu, artikel sudah bagus hanya saja kurang nama si penulis.
    Nilai 76

    BalasHapus
  3. @k11-Musela

    Judulnya menarik karena membahas tentang krisis energi yqng ada di bumi.
    Tata tulisnya belum terlalu rapi,jadi belajar menulis lebih baik
    Konten,kurang kasih tanda kutip dari penulisnya sendiri
    Mind mapnya sudah berisi ide ide yang dapat dijabarkan

    Nilai : 76

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.