.

Minggu, 16 September 2018

Dampak dan Penanganan Limbah Pabrik Kelapa Sawit

Oleh : Faisal Rafi Prayogo
(@K06-Faisal)

ABSTRAK

Limbah adalah buangan kotoran yang merupakan komponen penyebab pencemaran yang terdiri dari zat atau zat yang tidak mempunyai kegunaan lagi bagi masyarakat. Limbah kelapa sawit adalah limbah yang dikeluarkan dari proses ekstraksi minyak kelapa sawit. limbah kelapa sawit banyak menghaslkan gas metana akbat proses dekompsisi. tetapi didalam sisi negatif limbah kelapa sawit, terdapat sisi positifnya yaitu pemanfaatan limbahnya. dengan pemanfaat tersebut seseorang akan mendapat peluang bisnis juga untuk menghasilkan uang.


Kata Kunci : Limbah Kelapa Sawit, Limbah, Kelapa Sawit.

Perkembangan perkebunan kelapa sawit di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup tinggi. karena, bertambahnya permintaan Crude Palm Oil(CPO) sebagai sumber minyak nabati dan penyediaan untuk biofuel. Namun industri pengolahan kelapa sawit merupakan industri yang yang sarat dengan residu hasil pengolahan. Jika tidak dilakukan pengolahan secara baik dan profesional, maka limbah industri merupakan sebuah potensi bencana bagi manusia maupun lingkungan.

Secara umum, buah kelapa sawit terdiri dari kulit paling luar, serabut, tempurung, dan kernel (inti sawit). Pengolahan bagian serabut dengan cara ekstraksi dapat menghasilkan CPO, sedangkan pengolahan bagian kernel dapat menghasilkan minyak sawit inti/Palm Kernel Oil (PKO).

Manfaat kelapa sawit memang cukup banyak secara umum. tetapi terdapat sisi negatifnya yaitu limbahnya. dampak limbah kelapa sawit ini juga sangat mempengaruhi lingkungan, berikut dampak limbah kelapa sawit.
1. Limbah Padat, limbah yang dihasilkan yaitu serat, tandan kosong cangkang yang mengandung selulosa dan hemi selulosa. lmbah tersebut akan menghasilkan bau yang tidak sedap.
2. Limbah Cair, limbah yang dihasilkan yaitu Palm Oil Mill Effluent(POME) air buangan kondensat dan air hasil pengolahan. limbah cair yang ditampung pada kolam terbuka akan mengeluarkan gas metana dan karbondiksida. jika limbah tersebut dibuang ke perairan akan berptensi mencemari lingkungan karena akan mengurangi biota dan mikroorganisme diperairan dan akan menyebabkan keracunan. makanya dar itu harus diolah sebelum dibuang.
3. Limbah Gas, limbah yang dihaslkan yaitu bekas pembakaraan sisa serat dan cangkang untuk pembangkt energi. limbah ini akan menyebabkan polusi udara

Karena banyaknya dampak negatif dari limbah kelapa sawit. sebagai orang industri harus adanya pemanfaat limbah tersebut. agar tidak mencemari lingkungan masyarakat berkut pemanfaatan limbah kelapa sawit.
1. Sebagai Pembuatan Pupuk Organik, dari sisa-sisa pengolahan kelapa sawit dibuatlah pupuk. pupuk ini memiliki tingkat kesegaran dan higienis yang bagus.
2. Sebagai Perabotan Rumah Tangga, batang kelap sawit dapat dimanfaatkan untuk perabotan rumah tangga dan hiasan rumah yang memiliki nilai jual yang cukup tinggi.
3. Pembuatan Pulp Kertas, lmbah kelapa sawit dapat mengurangi ketergantungan impr indnesia terhadap bahan dasar dari pulp kertas tersebut.
4. Sebagai Bahan Pakan Ternak, limbah kelapa sawit sebagai bahan pakan ternak alteratif. karena memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Solusi dari limbah kelapa sawit yaitu menfaatkan sebaik-baiknya limbah tersebut agar tidak mencemari lingkungan masyarakat sekitar. jangan terlalu terburu-buru untung membuang limbahnya. karena, dibalik limbah tersebut terdapat manfaat yang cukup banyak bagi masyarakat sekitar.

meskipun sudah banyak teknologi untuk mengatasi masalah limbah kelapa sawit tersebut.tetapi, jika tidak diatasi dengan standar nya maka percuma dan akan mengakibatkan pencemaran lingkungan.  harus diperlakukan penegasan dan aturan yang berlaku agar masyarakat tidak terkena imbasnya


DAFTAR PUSTAKA
  •  https://kumparan.com/noviyanti-nurmala1519197736585/dari-limbah-menjadi-berkah-mengenal-potensi-limbah-kelapa-sawit-indonesia
  •  https://www.academia.edu/28754185/Dampak_Limbah_Pabrik_Kelapa_Sawit_Terhadap_Kerusakan_Lingkungan.pptx
  • https://manfaat.co.id/manfaat-limbah-kelapa-sawit
  • http://www.snv.org/public/cms/sites/default/files/explore/download/leaflet_biogas_pome_b.indonesia.pdf

7 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. @K13-Eggy
    Judulnya bermanfaat bagi petani sawit,penulisannya cukup rapi dengan tatanya yang baik, mind mapnya cukup berwarna dan menarik, daftar pustaka masih terdapat yang copas
    Nilai: 74

    BalasHapus
  4. @K18-Fierdian
    Menurut saya judul yg digunakan sdh spesifik terhadap suatu masalah. Terdapat kekurangan dalam Daftar Pustakanya karena tdk terdapat penulis, tdk ada kutipan penulis. Kontennya kebanyakan mengutip dan bukan hasil sendiri. Mind Mapnya kebesaran logonya dan bukan dikiri.
    Nilai : 70

    BalasHapus
  5. Artikel sudah baguss,daftar pustaka masih copas dan penyajian materi sudah bagus
    75

    BalasHapus
  6. Isi artikelnya menarik dan berpengaruh pada pembaca. Tetapi tidak ada kesimpulan dan masih ada kesalahan penulisan daftar pustaka. Nilai : 75

    BalasHapus
  7. @K29-Aprilia
    Judul artikel cukup bauk dan isinya bermanfaat, namun belum ada kesimpulan dan kesalahan penulisan daftar pustaka. Nilai : 73

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.