.

Sabtu, 04 Agustus 2018

PENGARUH KONSUMSI ASAM LEMAK TRANS DITINJAU DARI SISI KESEHATAN



Abstrak
     Ilmu pangan berkaitan dengan produksi, pengolahan, distribusi, persiapan, evaluasi, dan pemanfaatan pangan. Dalam hal ini, ahli kimia mengkaji bagaimana produk makanan ini diproses, disiapkan, dan didistribusikan.
    Dengan meningkatnya penyakit yang terkait dengan hipertensi dan obesitas, dokter telah memperingatkan untuk berhati-hati terhadap kebiasaan makan. Menghindari lemak adalah salah satu saran utama, terutama lemak trans. Lemak trans atau trans fat dianggap oleh banyak dokter sebagai jenis lemak yang terburuk untuk dikonsumsi. 

Isi
     Asam lemak adalah asam monokarboksilat berantai lurus yang terdapat di alam sebagai ester di dalam molekul lemak atau trigliserida. Hasil hidrolisis trigliserida akan menghasilkan asam lemak jenuh dan tak jenuh berdasarkan ada tidaknya ikatan rangkap rantai karbon di dalam molekulnya. Asam lemak tidak jenuh (memiliki ikatan rangkap) yang terdapat di dalam minyak dapat berada dalam dua bentuk yakni isomer cis dan trans. Asam lemak tak jenuh alami biasanya berada sebagai asam lemak cis, hanya sedikit bentuk trans. Jumlah asam lemak trans (trans fatty acids = TFA) dapat meningkat di dalam makanan berlemak terutama margarine akibat dari proses pengolahan yang diterapkan seperti hidrogenasi, pemanasan pada suhu tinggi.
    Asam lemak trans atau trans fat terbentuk saat cairan minyak menjadi lemak padat.

Fungsi Asam Lemak Trans dalam Makanan

1.      Pengganggu Enzim
Proses metabolisme di dalam tubuh membutuhkan enzim dan enzim yang ada di dalam tubuh dapat terganggu oleh lemak trans yang kita dapatkan dari makanan sehari-hari. Tubuh biasanya menggunakan atau memanfaatkan enzim sebagai pembasmi sel-sel jahat yang memicu kanker, jadi bila enzim terganggu, sel kanker akan lebih gampang menyerang.
2.      Menurunkan Reaksi Daya Tahan Tubuh
Fungsi lemak trans di dalam tubuh justru adalah membuat respon dari sistem kekebalan tubuh kita menurun. Ketika daya tahan tubuh menurun, ini akan kemudian berimbas langsung pada fungsi kekebalan tubuh yang tidak akan bekerja seperti biasanya. Saat disfungsi imun ini terjadi, ada beragam penyakit yang akan dengan mudah menyerang tubuh.
3.      Pengganggu Reseptor Insulin
Di dalam membran sel, lemak trans akan berperan sebagai pengganggu reseptor insulin. Kondisi ini tentu malah justru memicu timbulnya gangguan kesehatan

Efek Kelebihan Asam Lemak Trans

1.      Kadar LDL Tinggi
Ketika kadar dari LDL bisa begitu tinggi, artinya kadar HDL di dalam tubuh kita terlalu rendah. Kebiasaan kita dalam menikmati makanan instan dan cepat saji jelas dapat menambah risiko kadar LDL tinggi apalagi kalau konsumsinya terlalu banyak di mana asam lemak trans di dalam tubuh terlalu berlebihan. Kolesterol jahat akan memenuhi tubuh kita dan inilah yang akan menurunkan kolesterol baik sehingga HDL rendah menjadi akibatnya.
2.      Penyumbatan Arteri
Saat kadar LDL meningkat, arteri akan menjadi tersumbat karena kadar HDL yang juga rendah dikarenakan asupan asam lemak trans sangat banyak. Tersumbatnya arteri ini disebabkan adanya plak-plak lemak yang tertimbun di dalam saluran atau pembuluh darah. Akibatnya akan fatal apabila tidak segera menanganinya dengan baik.
3.      Tekanan Darah Tinggi
Ketika kadar LDL meninggi, begitu juga pembuluh darah mengalami penyumbatan, otomatis tekanan darah tinggi menjadi kondisi yang berpotensi terjadi pada kita. Darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu dari berbagai penyakit serius akibat penyumbatan aliran darah yang bila kadar HDL bisa ditambah, darah tinggi pun akan kembali stabil.
4.      Penyakit Jantung
Tekanan darah tinggi selalu ada hubungannya dengan penyakit jantung karena ketika pembuluh darah tersumbat, aliran darah yang mengalir ke jantung pun akan terhambat. Penghambatan ini akan membuat fungsi jantung menurun dan ini dapat menjadi penyebab jantung koroner, serangan jantung, pembengkakan jantung, dan kondisi sakit jantung lainnya.

Daftar Pustaka
Hidayat, Atep Afia dan Kholil,Muhammad.2017.Kimia Industri dan Teknologi Hijau,Jakarta:Pantona Media.
Silalahi, Jansen dan Tampubolon, Sanggam Dera Rosa.2002. Asam Lemak Trans Dalam Makanan dan Pengaruhnya Dalam Kesehatan. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, 13(2), 184-185.
Erlita.2016. Asam Lemak Trans. Dalam : https://halosehat.com/gizi-nutrisi/panduan-gizi/asam-lemak-trans/amp. Diakses pada (4 Agustus 2018 jam 16.00 WIB)
Ardiansyah, Ahmad Ali Irfan. 2013. Lemak Trans. Makalah Kimia Pangan. Dalam : https://www.researchgate.net/publication/269693980_Artikel_Kimia_Pangan. Diakses pada (4 Agustus 2018 pukul 16.00 WIB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.