.

Minggu, 17 September 2017

STOIKOMETRI


@D02-Anastasia, @D03-Almira, , @D05-Yulia, @kel-B02, 


Dalam ilmu kimia, stoikiometri (kadang disebut stoikiometri reaksi untuk membedakannya dari stoikiometri komposisi) adalah ilmu yang mempelajari dan menghitung hubungan kuantitatif dari reaktan dan produk dalam reaksi kimia (persamaan kimia). Kata ini berasal dari bahasa Yunani stoikheion (elemen) dan metriā (ukuran). (WIKIPEDIA)

 A. MASSA ATOM, JUMLAH PARTIKEL, DAN MOL
B. PENENTUAN DARI DATA PERCOBAAN 
C. APLIKASI STOIKOMETRI


berikut beberapa contoh soal :

1. sebanyak 1 liter udara kering pada 25oc 786 mmHg mengandung 0,925 gN2 berikut gas yang lain seperti oksigen, karbondioksida, dan argon.
a. berapa tekanan parsial ( dalam mmHg ) N2 dalam cuplikan udara ?
b. berapa fraksi mol N2 dalam campuran ?
penyelesaian :
a. andaikan gas dalam campuran mengikuti hukum ideal. untuk menghibur tekanan parsial gas N2, maka satuan grram diubah ke dalam bentuk mol menggunakan massa molar.
   = 0,03 MOL N2 
dengan menggunakan hukum gas ideal pada 298 K 
b. fraksi mol N2 dalam udara adalah :

2.  suatu gas ditampung diatas air yang terrdapat dalam suatu bejana. tercatat suhu dan volume gas tersebut masing-masing adalah 18 C dan 234 ml. Barometerr menunjukan tekanan 745 torr. berapa mol gas yang ditampung itu : diketahui pada suhu 18 c, tekanan uap air adalah 15,5 torr
 penyelesaian 
di dalam bejana terdapat dua macam gas, yaitu selain gas yang sengaja ditampung, juga uap air yang berasal dari air. sesuai dengan hukum Dalton , jika gas ditandai dengan x dan uap air dengan y , maka tekanan total dinyatakan dengan 
P= Px + Py
Px = P- Py 
Px = 745 torr - 15,5 torr = 729,5 tprr / 0,96 atm

jumlah mol gas x yang ditampung dapat dihitung menggunakan persamaan  











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.