.

Jumat, 15 September 2017

Stoikiometri

STOIKIOMETRI
@D-16-Fauzi, @D18-Rifqi, @D23-Abi
Oleh Fauzi Fathiyakan , Rifqi Baihaqi , Muhammad Abi Haykal




※ Jelaskan Mengenai Materi Stoikiometri! ?
Pengertian Stoikiometri

Stoikiometri berasal dari kata-kata Yunani, stoicheion(=unsur) dan metrein (=mengukur), berarti “mengukur unsur-unsur“. Pengertian “unsur-unsur” dalam hal ini adalah partikel-partikel atom,ion,molekul atau elektron yang terdapat dalam unsur atau senyawa yang terlibat dalam reaksi kimia. Stoikiometri menyangkut cara (perhitungan kimia) untuk menimbang dan menghitung spesi-spesi atau dengan kata lain, Stoikiometri adalah kajian tentang hubungan–hubungan kuantitatif dalam reaksi kimia (Achmad, 2001).

Dalam ilmu kimia, stoikiometri adalah ilmu yang mempelajari dan menghitung hubungan kuantitatif dari reaktan dan produk dalam reaksi kimia (persamaan kimia). Kata stoikimetri ini berasal dari bahasa Yunani yaitu stoikheion (elemen) dan metria (ukuran) (Alfian, 2009).
Stoikiometri juga dapat definisikan dengan mengukur unsur-unsur. Istilah ini umumnya digunakan lebih luas, yaitu meliputi bermacam pengukuran yang lebih luas dan meliputi perhitungan zat dan campuran kimia, zat yang dimaksudkan merupakan unsur-unsur, senyawa dan lainnya (Petrucci, 1987).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.