.

Selasa, 12 Desember 2023

Elektrokimi : Elektrolisis

ELEKTROLISIS


 Muhammad Reza Gunawan

41623010022 (@Z11-Reza)

Abstrak

    elektrokimia merupakan pemanfaatan arus listrik yang dihasilkan dari sebuah reaksi kimia ataupun arus listrik yang menyebabkan terjadinya suatu reaksi kimia. Pemanfaatan elektrokimia banyak digunakan untuk menghasilkan teknologi terbarukan. Elektrolisis dan sel Volta merupakan hasil terapan dari sel elektrokimia yang menggunakan media elektroda dan larutan elektrolit. Sampai saat ini, elektrokimia masih memiliki peranan penting di dalam kemajuan teknologi modern mulai industri otomotif maupun rumah tangga.

Pendahuluan

     Elektrolisis adalah peristiwa penguraian atau perubahan kimia senyawa tertentu jika di lewatkan muatan atau arus listrik melalui larutan elektrolit atau zat cair senyawa tersebut. Arus listrik di hantar melalui perpindahan ion- ion kation ke katoda dan anion ke anoda. Padanya terjadi pemisahan ion-ion suatu elektrolit karena pengaruh arus listrik sehingga berbentuk persenyawaan baru akibat jual beli elektron dari dan ke elektroda. Cara menjalankan elektrolisis dengan menaikkan potensial lebih pada interval waktu tertentu dan reaksi di elektroda didominasi oleh transfer muatan, maka akan terjadi arus naik sebagai fungsi dari potensial lebih. Bila kenaikan potensial lebih tidak menaikkan arus maka proses reaksi didominasi oleh transfer masa.

Rumusan Masalah

  1. Bagaimana reaksi elektrolisis yang terjadi pada katoda untuk sel elektrolisis?
  2. Dalam Elektrolisis terjadi transfer massa dan transfer muatan?
  3. Sebutkan 3 golongan transfer massa atau perpindahan materi?
Pembahasan

    Reaksi Sel Elektrolisis
Elektron akan mengalir dari katode ke anode. Ion-ion positif akan cenderung tertarik ke katode dan tereduksi, sedangkan ion-ion negatif akan cenderung tertarik ke anode dan teroksidasi.


Secara umum, elektrolisis lelehan senyawa ionik melibatkan reaksi redoks yang lebih sederhana. Hal ini dikarenakan tanpa adanya air, kation akan direduksi di katode dan anion akan dioksidasi di anoda. Sebagai contoh, pada elektrolisis lelehan NaCl, ion Na+ akan tereduksi di katode membentuk logam Na dan ion Cl− akan teroksidasi di anode membentuk gas Cl2.
Namun, jika reaksi elektrolisis berlangsung dalam sistem larutan, ada beberapa reaksi redoks yang bersaing sehingga reaksi cenderung agak kompleks karena ditentukan oleh beberapa faktor.


    A). Transfer muatan

    Transfer muatan adalah peristiwa perpindahan elektron dari elektroda ke larutan atau sebaliknya. (Bard 1980).

    B). Transfer massa

    Apabila kecepatan transfer elektron jauh lebh cepat daripada pergerakan ion- ionnya untuk sampai pada elektrodanya maka dapat dipastikan bahwa kecepatan reaksi sangat tergantung pada trnsder massanya

Transfer massa atau perpindahan materi dibedakan menjadi tiga golongan:

1. Perpindahan Secara Imigrasi
          Materi bermuat yang dipindahkan ditimbulkan oleh adanya gaya tarik - menarik elektrostatik antara anion dan kation, dengan demikian kation akan menuju katoda sebaliknya anion akan menuju anoda.

2. Perpindahan secara konveksi
          pemberian panas dan pengadukan dapat memindahkan materi bermuatan dari satu tempat ke tempat yang lain.

3. Perpindahan secara divusi
          perpindahan materi bermuatan di dasarkan adanya perbedaan gradien konsentrasi dari yang lebih rapat (pekat) ke daerah yang lebih renggang (encer) atau ion dari larutan ke elektroda karena adanya gradien konsentrasi (Bard 1980). Banyaknya ion yang berpindah per detik dalam satuan luas tertentu sebanding dengan gradien konsentrasi.

Daftar Pustaka :

Harahap, M. R. (2016). Sel Elektrokimia: Karakteristik dan Aplikasi. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro2(1).

Murniati, Tri, and Muljadi Muljadi. "Pengolahan limbah batik cetak dengan menggunakan metode filtrasi-elektrolisis untuk menentukan efisiensi penurunan parameter cod, bod, dan logam berat (cr) setelah perlakuan fisika-kimia." EKUILIBRIUM 12.1 (2013): 27-36.

Prianto, B. (2010). Katalisis Heterogen dengan Mekanisme Langmuir-Hinshelwood sebagai Model Reaksi Elektrolisis Nacl. Berita Dirgantara9(3).

https://dspace.uii.ac.id/bitstream

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.