.

Senin, 12 Oktober 2020

Kandungan Zat Kimia pada Kopi

oleh : Muhammad Agi Bahrul Faiz


ABSTRAK

Hingga saat ini kopi masih menjadi primadona dalam perdagangan komoditas agrukultur global. posisinya sebagai jenis minuman yang diterima secara universal lantas meningkatkan signifikasi kopi baik bagi negara produsen maupun konsumen. Brazil merupakan negara produsen kopi terbesar di dunia. Brazil menjadi kian menarik karena berhasil mempertahankan posisinya di tengah volatilitas pasar. Tantangan bagi Brazil tidak hanya datang dari sisi eksternal, tetapi juga internal. Pada akhir tahun 1980an terjadi perombakan dasar mekanisme perdagangan kopi dunia. Periode ini sekaligus merupakan masa-masa kritis bagi Brazil mengingat di saat yang sama Brazil mengubah haluan sistem perekonomiannya. Kompetisi dalam produksi kopi pun semakin ketat dengan menguatnya tingkat produksi di negara-negara produsen lain. masa-masa sulit ini berhasil dilalui oleh Brazil, terbukti dengan posisinya sebagai negara produsen kopi terbesar yang sampai saat ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan oleh Brazil untuk mempertahankan posisinya sebagai produsen terbesar dalam pasar kopi global. Penelitian ini menjabarkan upaya yang dilakukan Brazil dengan menggunakan teori embedded liberasime dan konsep positioning. Penelitian ini lantas mengajukan dua argumentasi untuk menjawab pertanyaan penelitian, yaitu : 1 Brazil berhasil menetapkan positioning  pada citra negara dalam dimensi makro melalui promosi investasi dan interaksi dalam rezim internasional; (2) Brazil berhasil menetapkan positioning pada citra negara dalam dimensi mikro melalui product equity pada pengguna dan harga-kualitas. Jangkauan penelitian dimulai pada tahun 1989 dan berakhir pada tahun 2016.

Kata Kunci : Brazil, kopi, pasar kopi global, citra negara

Pendahuluan 
Banyak orang yang tahu bahwa kopi mengandung kafein dan merupakan salah satu minuman yang sering dikonsumsi oleh masyarakat di seluruh dunia. Kopi merupakan keluarga dari Rubiaceae genus Coffea. Sudah ada 80 spesies kopi yang diindentifikasi di dunia namun kopi yang sering diproduksi dan dikomsumsi oleh masyarakat dunia adalah kopi robusta dan arabika.

Kopi sebagai minuman berasal dari seduhan kopi dalam bentuk bubuk. Kopi bubuk adalah biji kopi yang telah disangrai, digiling atau ditumbuk sehingga mempunyai bentuk halus. Dua spesies kopi yang sering dibudidayakan adalah jenis Arabica (Coffea arabic) dan Robusta. Kedua jenis kopi ini memiliki perbedaan diantaranya iklim ideal untuk tumbuh, aspek fisik, dan komposisi kimia. Selain itu perbedaan pada jenis kopi arabika dan kopi robusta berhubungan dengan komponen kimia yang terdapat pada 2 jenis kopi tersebut.

Permasalahan

Banyaknya komponen kimia didalam kopi seperti kafein, asam klorogenat, trigonelin, karbohidrat, lemak, asam amino, asam organik, aroma volatile dan mineral dapat menghasilkan efek yang menguntungkan dan membahayakan bagi kesehatan penikmat kopi.

rumusan permasalahan
1. kandungan senyawa kimia yang ada di kopi.
2. apa saja yang menguntungkan dan membahayakan bagi kesehatan penikmat kopi?

Hasil dan Pembahasan

1. Kandungan senyawa kimia yang ada di kopi
Asam klorogenat adalah senyawa kimia yang terkandung dalam biji kopi. Senyawa tersebut dapat dihidrolisis dengan dilakukan penyaringan atau pemanggangan. Banyaknya efek farmakologi asam klorogenat seperti antivirus hepatitis B, antihipertensi, antidiabetes.

Golongan asam pada kopi akan mempengaruhi mutu dan memberikan aroma serta cita rasa yang khas. Asam yang dominan pada biji kopi adalah klorogenat yaitu sekitar 8% pada biji kopi atau 4,5% pada kopi sangrai. selama penyangraian sebagian besar asam klorogenat menjadi asam kafeat dan asam kuinat.

Asam klorogenat termasuk keluarga dari ester yang terbentuk dari gabungan asam kuinat dan beberapa asam trans-sinamat, umumnya caffeic, pcoumaric dan asam ferulat. Asam klorogenat dapat melindungi tumbuhan kopi dari mikroorganisme, serangga dan radiasi UV sedangkan manfaat asam klorogenat bagi kesehatan manusia yaitu sebagai antioksidan, antivirus dan berperan dalam kegiatan antispasmodik

Asam klorogenat yang tinggi pada kopi dapat dijadikan sebagai tujuan terapi atau pembuatan obat tetapi dapat menyebabkan gejala refluks asam sehingga perlu disiapkan kopi dengan tingkat asam klorogenat yang rendah agar terhindar dari gejala refluks asam namun cukup untuk tujuan pengobatan sehingga perlu dicari metode yang tepat agar refluks asam tidak terjadi namun memberikan efek terapeutik.

2.  Menguntungkan dan membahayakan bagi kesehatan penikmat kopi
kopi menjadi minuman favorit masyarakat di dunia termasuk indonesia. mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas pasti semua menyukai kopi. berikut ini kami rangkum dalam bahaya dan manfaat kopi untuk kesehatan 

1. Mencegah penyakit berat
kopi ternyata memiliki manfaat dalam mengurangi risiko terkena berbagai penyakit berat, seperti diabetes tipe 2 dan kanker. selain itu, kopi juga berguna untuk mengurangi resiko penyakit yang menyerang otak, seperti alzheimer yang dapat berujung pada penyakit dementia
2. Sumber Antioksidan 
Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi penyakit serta menghambat terjadinya kerusakan sel dalam tubuh. Kandungan antioksidan pada kopi ditengarai lebih tinggi dibandingkan dengan buah dan sayur sayuran
3.Menurunkan stres 
Kandungan kafein di dalam kopi membantu meredakan sakit yang dialami kepala dan menurunkan tingkat stres. itulah sebabnya mengapa banyak orang cenderung minum kopi saat akan menghadapi momen penting seperti meeting kantor yang penting. Minum kopi secara teratur juga menyebabkan seseorang menjadi lebih bahagia karena turunnya tingkat stres

Bahaya Kopi untuk kesehatan tubuh 

1. Gangguan Pencernaan 
bila kita minum kopi terlalu banyak, maka saluran pencernaan kita berpotensi terkena masalah. Kafein yang terlalu banyak konsumsi dapat menyebabkan penyakit diare, meningkatkan asam lambung, serta iritasi pada usus.
2. Insomnia
seperti yang disebutkan sebelumnya, kopi dikonsumsi untuk membuat menjadi lebih terjaga. Minum kopi terlalu banyak dapat membuat kita kesulitan untuk tidur dan menyebabkan penyakit insomnia. Usahakan untuk mengurangi kopi diwaktu jam tidur.
3. Resiko penyakit jantung
meskipun kopi secukupnya berguna untuk menurunkan resiko banyak penyakit berat, minum kopi berlebihan justru dapat membuat efek tersebut berbalik menyerang tubuh kita. Kafein yang dikonsumsi terlalu banyak justru membuat jantung kita sering berdetak kencang dan tidak teratur, sehingga berpotensi meningkatkan resiko penyakit jantung

Kesimpulan

Kopi adalah minuman yang baik bagi kesehatan tubuh. Tetapi dibalik semua itu, terdapat bahaya besar yang mengancam kesehatan tubuh kita. Menjaga dari sekarang akan lebih baik dari pada mengobati esok hari. Boleh mengkonsumsi Kopi, akan tetapi tidak berlebihan dan tetap mengutamakan menu makanan sehat dan bergizi.


Daftar Pustaka 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.