.

Senin, 10 Februari 2020

Pengaruh Kimia Terhadap Lingkungan

Pengaruh Kimia Terhadap Lingkungan




Abstrak

Pencemaran lingkungan khususnya yang disebabkan akibat adanya bahan-bahan pencemar seperti bahan kimia yang biasanya terjadi akibat adanya ulah manusia untuk kepentingan pribadi tanpa memperhatikan makhluk sosial di sekitarnya, sehingga menyebabkan adanya kerusakan lingkungan yang cukup memprihatinkan terhadap kelangsungan hidup manusia ataupun makhluk hidup lainnya.

Kata kunci : Pencemaran lingkungan, Dampak Pencemaran lingkungan

Pendahuluan

Pencemaran lingkungan ini merupakan masalah besar kita bersama dan pencemaran lingkungan ini sudah terjadi di berbagai daerah hingga berbagai negara. Permasalahan dari pencemaran lingkungan ini harus secepatnya kita atasi, ini bukan persoalan tanggung jawab pemerintah tetapi ini tanggung jawab kita sebagai semua dengan begitu sebelum menyebabkan dampak – dampak yang lebih parah alangkah baiknya kita harus mangatasi masalah ini demi kepentinggan ini karena menyangkut terhadap keselamatan, kesehatan, dan kelangsungan hidup.

Pembahasan

I. Apa itu Kimia Lingkungan?

Kimia lingkungan merupakan studi ilmiah yang mengacu terhadap fenomena kimia dan biokimia yang terjadi di alam. Ilmu ini  dapat di artikan sebagai pembelajaran terhadap sumber, reaksi, transport, efek, dan zat kimia yang ada di lingkungan udara, tanah , dan air; serta efektivitas manusia terhadapnya. Kimia lingkungan juga merupakan ilmu antar disiplin yang memasukan ilmu kimia atmosfer, akuatik, hingga tanah,

https://www.google.co.id/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.slideshare.net%2Fharyodhanardono%2Fpencemaran-lingkungan-61654937&psig=AOvVaw2Q4aNPxRJyrekRQ6Ty3x38&ust=1581361918090000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCKjF9rWWxecCFQAAAAAdAAAAABAD

II. Pengertian Pencemaran Lingkungan

Menurut Palar (2009), mengemukakan bahwa pencemaran atau polusi adalah suatu kondisi yang telah berubah dari bentuk asal pada keadaan yang lebih burukkondisi buruk ini terjadi akibat adanya masukan dari bahan-bahan pencemar atau polutan.

Selain itu, menurut Ramdhoni (2015) Pencemaran adalah peristiwa penyebaran bahan kimia dengan kadar tertentu yang dapat merubah keadaan keseimbangan pada daur materi dalam lingkungan baik keadaan struktru maupun fungsinya sehingga dapat menganggu kelangsungan hidup manusia.

Dengan begitu penjelasan pencemaran lingkungan dari beberapa ahli tersebut merupakan adanya bahan kimia atau bahan pencemar yang menyebabkan adanya pencemaran air, udara, tanah, yang mana itu disebabkan dari manusia, dan terjadi pada manusia tersebut juga.

III. Jenis Pencemaran Lingkungan

1. Pencemaran Udara, Pencemaran udara menurunya dapat dibagi menjadi dua macam yakni sebagai berikut:
a. Pencemaran udara alami, pencemaran udara alami ini terjadi akibat masuknya zat pencemar ke dalam udara atau atmosfer akibat dari proses alam contoh asap dari kebakaran hutan, debu gunung berapi hingga pancaran garam dari laut.
b. Pencemaran udara non alami, pencemaran udara non alami ini merupakan masuknya zat pencemar oleh aktivitas manusia, yang pada umumnya tanpa disadari seperti berupa gas-gas beracun, asap, senyawa belerang, senyawa kimia, dan buangan panas.

2. Pencemaran Air, Pencemaran air meruapakan suatu perubahaan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan, dan air tanah akibat aktivitas manusia. Danau, Sungai, Lautan, dan Air merupakan bagian-bagian yang penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. (Kristianto, 1995)

3. Pencemaran Tanah, Pencemaran tanah adalah suatu keadaan dimana adanya macam-macam bahan subtansi kimia yang masuk ke dalam lapisan tanah, yang mengakibatkan terjadinya perubahan struktur dan lingkungan didalam tanah. Salah satu sumber utama dari adanya penyebab pencemaran tanah ini adalah adanya kebocoran limbah kimia yang biasanya terjadi di pabrik baik itu bahan kimia organic ataupun yang kimia tulen.

III. Dampak Pencemaran Lingkungan
Pencemaran lingkungan memberikan beberapa dampak negative yang mengakibatkan kerusakan lingkungan bagi manusia, hewan, hingga pada tumbuhan. Berikut dampak-dampaknya:

1. Terganggunya Keseimbangan lingkungan

Pencemaran lingkungan dapat memberikan dampak terhadap ketidakseimbangan lingkungan atau ekosistem yang ada. Tentu ini terjadi karena pencemaran lingkungan otomatis akan merusak keadaan yang awalnya baik sehingga menjadi tidak baik. Ketika pencemaran itu terjadi sehingga akan banyak pihak yang terganggu, tidak hanya manusia melainkan juga binatang hingga tumbuhan.

2. Punahnya berbagai spesies flora dan fauna

Pemcemaran lingkungan ini sangat berpotensi besar pengaruhnya dalam mempengaruhi keadaan lingkungan. Sehingga saat polutan sudah masuk ke dalam lingkungan hidup, maka akan menyebabkan kematian beberapa jenis flora dan fauna yang telah hidup. Hal ini didukung oleh keadaan kekebalan setiap flora dan fauna yang berbeda-beda pula.

3. Berkurangnya Kesuburan tanah
Pencemaran lingkungan juga akan menyebabkan kurangnya kesuburan pada tanah. Penurunan kesuburan tanah yang terjadi ini diakibatkan oleh adanya penggunaan isektisida yang berlebihan. Ketika penggunaan insektisida secara berlebihan, maka hal ini akan mencemari tanah. Sehingga tanah akan mengalami kehilangan kesuburannya sedikit demi sedikit sehingga produktivitas tanah dapat terganggu.

Daftar Pustaka
Damanik, Nita Grecia. "Kimia Lingkungan dan peranannya" https://www.academia.edu/30242368/KIMIA_LINGKUNGAN_Kimia_lingkungan_dan_Peranannya (Diakses Tanggal 10-02-2020).
Default, Site. (2016) "Pencemaran Tanah : Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Pencegahan" https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/tanah/pencemaran-tanah (Diakses Tanggal 10-02-2020).
Toruan, Carlos Halmes Tumban. (2016). "7 Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan" https://www.bengkulunews.co.id/7-dampak-pencemaran-lingkungan-bagi-kehidupan/ (Diakses Tanggal 10-02-2020).
Sinta. "Pencemaran air" https://sinta.unud.ac.id/uploads/wisuda/1108105021-3-BAB%20II.pdf (Diakses Tanggal 10-02-2020).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.