.

Kamis, 08 Desember 2016

Efek Rumah Kaca dalam Kehidupan Sehari-hari



Efek rumah kaca merupakan salah satu penyebab terjadinya fenomena pemanasan global, pemanasan global sendiri memiliki pengertian sebagai naiknya suhu rata-rata dipermukaan bumi baik didarat maupun dilaut.
Efek rumah kaca sangatlah mengkhawatirkan, karena bisa berdampak negatif bagi kehidupan dibumi. Dan inilah beberapa dampak efek rumah kaca terhadap kehidupan dimuka bumi.
Pengertian Efek Rumah Kaca

Sebelum membahas tantang dampak efek rumah kaca, kita harus mengerti dahulu apa itu efek rumah kaca. Pengertian efek rumah kaca adalah meningkatnya konsentrasi gas karbon dioksida di atmosfer bumi sehingga membuat semakin banyak gelombang yang dipantulkan dari permukaan bumi diserap oleh atmosfer. Hal ini yang membuat suatu peristiwa yang dinamakan pemanasan global.
 (diakses , 6 desember 2016)
Penyebab dari efek rumah kaca
Sebelum kita membahas lebih jauh, penting bagi kita untuk mengetahui, apa sebenarnya efek rumah kaca itu.
Efek rumah kaca adalah sebuah proses radiasi dari permukaan di atmosfer yang diserap gas rumah kaca, dan di pancarkan kembali ke segala arah.
Joseph Fourier adalah penemu efek rumah kaca tersebut. Namun sekarang efek rumah kaca sudah berlebihan dan akibatnya terjadi pemanasan global.
Tentunya, penting untuk kita mengetahui apa akibat dari efek rumah kaca itu sebenarnya. Akibat dari efek rumah kaca yang berlebihan adalah:
1.Meningkatnya suhu di permukaan bumi.
2. Terganggunya hutan.
3. Mencairnya es di kutub, hal ini menyebabkan meningkatnya volume air laut.
4. Meningkatnya suhu air laut, yang dapat menyebabkan air laut mengembang. Pada akhirnya terjadilah kenaikan di permukaan air laut.
5. Perubahan iklim yang ekstrim dan sulit diperkirakan.
6. Jika perubahan iklim menjadi ekstrim, beberapa makhluk hidup pun akan punah. Karena akan mengalami gangguan.
Sebenarnya apa yang menjadi penyebab efek rumah kaca? Penyebab efek rumah kaca adalah:
1. Penggunaan CFC pada lemari pendingin yang dapat mengurangi lapisan ozon.
2. Uap air yang dapat mencapai atmosfer akibat dari penguapan air laut, sungai ataupun danau.
3. Adanya gas CO2 pun dapat menimbulkan efek rumah kaca.
4. Pembakaran bahan-bahan limbah padat.
5. Pembakaran fosil.
6. Campuran berflourinasi yang dapat di hasilkan dari proses-proses manufaktur.
7. Hidroflouorokarbon yang di hasilkan pada saat manufaktur dari berbagai macam produk.
Pada dasarnya efek rumah kaca ini memang sangat di perlukan bagi makhluk hidup. Karena bila tidak ada efek rumah kaca, nantinya bumi akan membeku dan dipenuhi oleh es. Namun karena sekarang banyak gas yang membuat efek rumah kaca berlebihan, dan berkumpul di atmosfer membuat terjadinya pemanasan global. Bukan tidak mungkin, bukannya hal baik yang terjadi, namun hal buruk. Namun pasti tetaplah ada cara untuk menanggulangi efek rumah kaca yang sudah berlebihan ini, yaitu dengan menanami kembali pepohonan yang lebih banyak.
 (diakses , 6 desember 2016)
Efek rumah kaca akan mengakibatkan pemanasan global yaitu meningkatnya suhu permukaan bumi yang menyebabkan perubahan iklim yang ekstrem. Perubahan iklim yang ekstrem akan mengganggu keseimbangan ekosistem dan hutan yang ada di bumi sehingga cara mengatasi efek rumah kaca dan pemanasan global harus dilakukan sedini mungkin. Berikut beberapa cara ampuh untuk mengatasi efek rumah kaca dan pemanasan global yang ada di bumi:
6 Cara Mengatasi Pemanasan Global Akibat Efek Rumah Kaca :
1.      Membudayakan sikap hemat listrik

Listrik adalah salah satu bentuk energi yang sudah banyak dibutuhkan manusia. Meskipun tidak semua manusia menggunakan listrik, namun listrik adalah energi yang dibutuhkan dan digunakan oleh kebanyakan orang yang menjalani budaya hidup modern. Namun, listrik dari pembangkit listrik saat ini kebanyakan menggunakan bahan bakar fosil yang menghasilkan karbon dioksida. Semakin banyak penggunaan listrik, maka semakin banyak gas buangan yang berupa karbon dioksida sehingga efek rumah kaca bisa semakin memburuk.

Selain dengan membudayakan sikap hemat listrik, cara mengatasi efek rumah kaca dan pemanasan global bisa dilakukan dengan menggunakan energi alam untuk memproduksi listrik. Energi alam tersebut misalnya adalah energi aliran air maupun angin sehingga tidak ada gas buangan karbon dioksida.

2. Menanam pohon sebanyak mungkin dan menjaga hutan

Pohon dan jenis tumbuhan berklorofil lainnya memiliki peran yang besar dalam membersihkan udara karena tumbuhan berklorofil memiliki kemampuan untuk mengolah karbon dioksida, air, sinar matahari dan unsur hara menjadi bahan organik dan oksigen.

Oksigen adalah salah satu hal yang menjadi faktor penentu kehidupan seluruh makhluk hidup di bumi. Karena itulah keberadaannya sangat diperlukan. Tanpa adanya oksigen, manusia dan makhluk hidup lain tidak bisa bernapas dan tidak bisa hidup. Karena itulah semakin banyak pohon yang ditanam di bumi, semakin banyak udara yang bisa dibersihkan dari berbagai polutan.

Selain menanam pohon sebanyak mungkin, cara mengatasi efek rumah kaca dan pemanasan global juga bisa dilakukan dengan menjaga hutan. Pencegahan terhadap penebangan pohon di hutan secara sembarangan juga perlu dilakukan. Hal ini sangat penting karena hutan berfungsi sebagai paru-paru dunia sekaligus penyeimbang ekosistem. Hutan terutama jenis hutan yang belum terjamah manusia memiliki keseimbangan ekosistem yang sangat baik sehingga banyak hewan dan tumbuhan yang hidup dan bertahan dari pengaruh lingkungan luar.

3. Kurangi penggunaan alat transportasi berbahan bakar minyak

Pembakaran menghasilkan gas karbon dioksida sebagai gas buangan. Tidak hanya pembakaran bahan bakar fosil tetapi juga pembakaran bahan bakar minyak seperti bensin. Apabila alat transportasi yang berbahan bakar minyak banyak digunakan dan jumlahnya semakin bertambah, maka karbon dioksida yang dibuang ke atmosfer juga semakin banyak.

Akibatnya, efek rumah kaca dan pemanasan global yang terjadi akan semakin buruk. Karena itulah alat transportasi yang berbahan bakar minyak sebaiknya dikurangi penggunaannya. Kurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan alat transportasi umum untuk mengurangi gas karbon dioksida di udara.

Cara mengatasi efek rumah kaca dan pemanasan global dari aspek transportasi juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat transportasi dengan energi alternatif yang tidak menghasilkan karbon dioksida sebagai gas buangan misalnya seperti sepeda, mobil berbahan bakar hidrogen dan sebagainya.

4. Mengolah sampah dengan baik

Sampah selalu menjadi masalah di manapun manusia berada. Terutama sampah seperti plastik yang sulit terurai. Karena banyaknya sampah plastik dan jenis sampah lain yang mengganggu keindahan dan kebersihan lingkungan, kebanyakan orang menjadi tidak sabar dan membakar sampah tanpa mempertimbangkan akibatnya.

Tidak semua sampah harus dibakar karena ada jenis sampah yang juga bisa di daur ulang. Terutama karena pembakaran sampah juga menghasilkan gas karbon dioksida yang merupakan salah satu penyebab efek rumah kaca. Karena itulah sebaiknya sampah dipilah terlebih dahulu sebelum dilakukan tindakan lebih lanjut.

Sampah yang bisa didaur ulang sebaiknya didaur ulang dan sampah organik yang bisa segera terdekomposisi sebaiknya dijadikan kompos sehingga karbon dioksida yang dihasilkan dari pembakaran sampah bisa berkurang.

Cara mengatasi efek rumah kaca dan pemanasan global dengan metode ini cukup efektif jika diterapkan oleh banyak orang karena asap dari pembakaran sampah juga bisa mencemari lingkungan dan mengganggu sistem pernapasan.

5. Kurangi penggunaan alat yang menggunakan CFC

Chlorofluorocarbon atau yang biasa dikenal sebagai CFC adalah senyawa yang umumnya digunakan pada produk alat rumah tangga seperti pendingin ruangan dan kulkas. Teknologi tersebut memang bermanfaat bagi manusia, namun perlu diperhatikan juga dampak dari penggunaan teknologi tersebut.

CFC merupakan salah satu senyawa yang turut berperan menimbulkan efek rumah kaca. Karena itulah pengurangan penggunaan alat yang menggunakan CFC merupakan cara mengatasi efek rumah kaca dan pemanasan global yang cukup ampuh.

Untuk mengatasi suhu ruangan yang panas, Anda dapat merancangsebuah bangunan yang memiliki banyak ventilasi udara sehingga Anda tidak perlu menggunakan pendingin ruangan atau AC. Apabila Anda telah memiliki rumah atau bangunan dengan sedikit ventilasi udara, Anda bisa mengambil langkah alternatif dengan menggunakan AC non CFC yang ramah lingkungan. Begitu pula dengan kulkas, sebaiknya Anda menggunakan kulkas non CFC untuk mencegah efek rumah kaca dan pemanasan global agar tidak semakin memburuk dan merugikan manusia.

6. Menerapkan sistem budidaya pertanian dan peternakan yang baik

Sistem budidaya pertanian dengan menggunakan bahan kimia sintetik yang berupa pupuk dan pestisida bisa menyebabkan kerusakan dan pencemaran pada lingkungan. Karena itulah sistem pertanian organik yang tidak merusak dan mencemari lingkungan sudah mulai digalakkan di seluruh dunia.

Namun, penggunaan bahan organik yang tidak tepat ternyata juga bisa berdampak buruk pada lingkungan. Penggunaan pupuk organik berupa kotoran ternak yang belum matang turut berkontribusi dalam terjadinya efek rumah kaca. Hal ini terjadi karena kotoran ternak yang belum matang merupakan sumber gas metana yang merupakan salah satu penyebab terjadinya efek rumah kaca.

Cara mengatasi efek rumah kaca dan pemanasan global dengan cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang yang telah matang yaitu pupuk kandang yang telah mengalami proses dekomposisi.

Pupuk kandang matang umumnya memiliki warna yang lebih gelap daripada pupuk kandang segar dan juga sudah kehilangan bau tidak sedapnya tidak seperti pupuk kandang yang masih segar. Penggunaan pupuk kandang yang benar akan mengurangi gas metana yang dilepas ke atmosfer bumi.

Daftar pustaka :

(diakses , 6 desember 2016)

(diakses , 6 desember 2016)
Fattah, Nurhadi.2015, cara mengatasi efek rumah kaca,https://carapemanasanglobal.blogspot.co.id/2016/04/efek-rumah-kaca-dan-pemanasan-global.html (diakses, 6 desember 2016)


31 komentar:

  1. @A35-YULIANI
    poin 3
    wwwooooooowowowowowwowowowowowo keren myy artikel+mindmapnya

    BalasHapus
  2. @A16-SITI

    POIN 3

    Artikelnya sudah rapi dan bermanfaat

    BalasHapus
  3. @A18-FAKHRIZAL

    Poin 3

    Cukup menarik artikelnya

    BalasHapus
  4. @27-RINALDI
    POIN3
    Terimakasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. @A28-ZAKI

    POIN 3

    kalo rumah tembok ada efeknya gak ??

    BalasHapus
  6. @A19-Hariadi

    Poin 3

    Isi artikel sangat membantu

    BalasHapus
  7. @A03-KHARISMA

    Poin 3

    artikelnya sudah sangat jelas

    BalasHapus
  8. @A11-DINDA

    POINT 3

    Informasinya sangat menarik

    BalasHapus
  9. @A36-ANNA

    POIN 3

    Dalam artikel anda mengatakan zat cfc, nah apakah zat itu ada dalam parfum?

    BalasHapus
  10. @A36-ANNA

    POIN 3

    Dalam artikel anda mengatakan zat cfc, nah apakah zat itu ada dalam parfum?

    BalasHapus
  11. @A06-ANUGGRAH

    POIN 3

    Artikel yang bagus

    BalasHapus
  12. @A38-farida

    Poin : 3

    Artikel nya cukup menarik

    BalasHapus
  13. A30-YOSEPH
    POIN 3
    KALO DIRAPIHIN SEDIKIT PASTI AKAN MENJADI LEBIH BAIK

    BalasHapus
  14. @A39-JOSEPHINE
    Poin 3
    Artikel dan mindmapnya sudah bagus dan jelas

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. @A32-VARATRI

    poin 3

    apakah hanya ada 6 cara mengatasi pemanasan global dr efek rumah kaca?

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih atas pertanyaannya vara,
      sbenarnya tidak hanya itu sjaa
      melainkan banyak,
      tapi yg saya ketahui itu
      untuk info lanjut silahkan cari di web ya

      Hapus
  17. @A01-Rika
    Point 3

    Bagus banget dah asli.

    BalasHapus
  18. @A24-TANIA

    Poin 3

    artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  19. @A23-FERRY

    POIN 3

    Badhayyyyyyyy sangat bermanfaat

    BalasHapus
  20. @A29-Fauzi

    point 3

    manfaatnya apa yah mba

    BalasHapus
  21. @A07-RONA

    Poin 3

    Apa dampak positif dari efek rumah kaca ?

    BalasHapus
  22. @A15-RANIYAH

    POIN 3

    selain teknologi bersifat cfc seperti kulkas dan ac, apalagi ya?

    BalasHapus
  23. @34-KHOIRUL
    poin 3
    bagus sangatt sis

    BalasHapus
  24. @A14-Fadhli

    point 3

    sangat bagus dan bermanfaat

    BalasHapus
  25. @A17-DHICO

    Poin 3

    Artikelnya sangat bagus dan bermanfaat

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.