.

Sabtu, 08 Februari 2020

POSTIF DAN NEGATIF MINYAK BUMI


Oleh : Fahtu  Rokhman Sidik
Abstrak
            Energi dan minyak bumi merupakan kebutukan yang bisa dibilang pokok karena tanpa adanya dua hal tersebut di era modern sekarang akan terjadi masalah yang serius seperti berhentinya komukiasi dimana jaman sekarang komunikasi sangat penting,
berhentinya produksi yang menyebabkan kerugian dan menganggu aktivitas sehari-hari.tetapi penggunan energi dan minyak bumi masih kurang bagus dalam pengolahannya sehingga menghasilkan pencemaran baik lingkungan sekitar maupun bumi itu sendiri yang akibatanya berefek panjang.
Pendahuluan
            Adanya sumber daya energi yang dihasilkan oleh alam tak lain merupakan anugerah bagi kehidupan manusia. Tentu saja, sumber daya alam tersebut memberikan sejumlah manfaat yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari. Mulai dari produksi serta pengolahan makanan dan minuman, membangun tempat tinggal, membuat pakaian, hingga urusan telekomunikasi dan transportasi, sumber daya energi sangat dibutuhkan.Salah satu sumber daya alam penghasil energi yang paling dibutuhkan adalah minyak dan gas bumi. Minyak dan gas bumi merupakan sumber daya alam yang ditemukan tersimpan di bawah permukaan bumi.
Pembahasan
            energi adalah kemampuan suatu benda atau seseorang untuk melakukan usaha atau gerak. Makhluk hidup dan makhluk tak hidup semuanya memiliki energi. Misalnya manusia, traktor, truk, mesin diesel, dan sebagainya. Matahari, arus air, dan hewan, juga mempunyai energi.           
Minyak bumi (bahasa Inggrispetroleum, dari bahasa Latin petrus – karang dan oleum – minyak), dijuluki juga sebagai emas hitam, adalah cairan kental, berwarna coklat pekat/gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya.
Penggunaan Energi Minyak Bumi.
1. Liquified Petroleum Gas (LPG atau Elpiji)
Gas yang sering kita gunakan untuk memasak ini merupakan salah satu olahan dari minyak bumi Squad. LPG didominasi gas propana (C3H8) dan butana (C4H10) yang telah dimampatkan sehingga menjadi cair dan ditempatkan ke dalam tabung logam bertekanan tinggi. Selain itu, LPG juga mengandung sedikit hidrokarbon lain seperti etana (C2H6) dan pentana (C5H12).
2. Bensin
Bahan bakar kendaraan bermotor ini tersusun dari hidrokarbon rantai lurus, mulai dari C5 sampai C11. Bensin atau yang biasa juga disebut sebagai Bahan Bakar Minyak (BBM) ini berguna bagi kendaraan roda dua, tiga ataupun empat. Oh iya, kamu harus tahu Squad bahwa kita dianjurkan untuk tidak mengisi bensin kendaraan kita secara sembarangan karena setiap mesin kendaraan memiliki kebutuhan oktan yang berbeda-beda.
3. Nafta
Nafta merupakan bahan baku dan harus diolah pada tahap kedua, jadi nafta tidak dapat langsung digunakan Squad. Biasanya, nafta banyak digunakan sebagai bahan baku pembuat plastik, pelarut, karet dan industri petrokimia lainnya. Nafta juga digunakan sebagai bahan baku produksi komponen bensin oktan tinggi seperti pertamax.
4. Kerosin
Kerosin merupakan salah satu komponen minyak mentah yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan manusia. Pada zaman dahulu, kerosin digunakan sebagai bahan bakar kompor minyak dan lampu minyak sebelum kompor gas dan lampu bohlam banyak digunakan seperti sekarang ini Squad. Selain digunakan untuk kompor minyak dan lampu minyak, kerosin juga digunakan sebagai bahan bakar mesin jet yang secara teknikal lebih dikenal dengan nama avtur (aviation turbine).
5. Solar
Solar adalah bahan bakar diesel yang paling umum di Indonesia. Solar merupakan campuran alkana dengan rantai C15H32–C16H34. Hasil olahan minyak bumi yang satu ini digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel pada kendaraan bermotor Squad. Contohnya antara lain ada bus, truk, kereta api diesel dan traktor. Selain itu, solar juga dapat menjadi bahan bakar pada mesin industri.
6. Pelumas
Pelumas merupakan zat kimia yang umumnya cairan dan diberikan di antara dua benda yang bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Pelumas berfungsi sebagai lapisan pelindung yang memisahkan dua permukaan yang berhubungan. Jadi, selain mengurangi gaya gesek, pelumas juga dapat melindungi mesin dari karat. Contoh dari pelumas adalah oli mesin yang digunakan pada mesin pembakaran dalam.
7. Aspal
Squad pasti sering melihat aspal kan karena aspal merupakan pelapis jalan raya. Pada dasarnya, aspal adalah bahan hidrokarbon yang bersifat melekat dan berwarna hitam kecoklatan. Selain itu, aspal juga tahan terhadap air. Sebenarnya, aspal adalah hasil hasil residu dari proses distilasi yang tidak menguap. Selain aspal, hasil residu yang lain juga ada parafin yang digunakan sebagai bahan baku dari lilin.
Penecemarn ang terjadi akibat pengunaan minayk bumi dan pengolahan limbah yang salah
1. Pemanasan Global
Penggunaan minyak bumi untuk bahan bakar kendaraan ataupun dalam perindustrian yang mengeluarkan karbon dioksida dapat menyebabkan terjadinya pencemaran udara). Selain hal tersebut, karbon dioksida yang dihasilkan juga dapat menyebabkan terjadinya pemanasan global yang nantinya juga akan mempengaruhi lapisan ozon. Pemanasan global dari tahun ke tahun semakin parah, hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatknya masyarakat dalam menggunakan kendaraan bermotorPemanasan global sebenarnya dapat diminimalisir dengan cara penghijauan di beberapa tempat seperti di perkotaan, disekitar pabrik dan di tempat-tempat yang memang menghasilkan karbon dioksida.
Proses pembentukan minyak bumi sering terjadi di daerah sekitar pantai. Sedangkan pendistribusiannya dilakukan dengan ditampung dengan kapal khusus untuk menampung minyak bumi. Akan tetapi ada beberapa kejadian yang menyebabkan kapal yang menampung minyak bumi tersebut mengalami kebocoran bahkan sampai terjadi ledakan yang tidak terduga, hal ini tentunya akan menyebabkan minyak yang ditampung di kapal tersebut menjadi tumpah ke laut dan akan mengganggu ekosistem air laut. Tidak hanya itu, selain mengganggu ekosistem air laut juga mencemari perairan disekitarnya yang dapat menyebabkan keanekaragaman hayati laut menjadi banyak yang mati. Maka dari itu perlu diperhatikan lagi akan keselamatan ketika membawanya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.
3. Pencemaran Udara
Dalam setiap harinya kita pasti menemukan banyak orang menggunakan kendaraan bermotor, entah itu roda 2 ataupun roda 4. Asap yang dikeluarkan dari kendaraan tersebutlah yang nantinya akan membuat udara menjadi tercemar dan menjadi udara yang tidak sehat. Agar pencemaran udara tidak begitu parah, maka sebaiknya perlu adanya penanaman pohon didaerah yang sering dilalui, akan tetapi juga memperhatikan tinggi dan besarnya pohon agar tidak tumbang ketika terjadi hujan lebat yang disertai dengan angin kencang.
Kesimpulan
Energi minyak bui eman snagat dibutuhkan untuk sat ini apalagi dengan berjalannya industri otomatif dan lainnya dimana membuat industri otomatif yng sangat perkembanganna akan tetatpi hal tersebut tidak diimbangi dengan penanganan penecemaran  yang terjadi membuat bumi semakin memburuk kondisinya .apalagi minya bumi merupakan energi ang tidak dapat diperbarui sehingga pasti akan habs cepat atau lambat pasti kana habis
Saran
Karena  energi minyak bumi pasti akan habis perlu dikembangnkanna energi alternatif yang pastinya ramah lingkungan sehinga tdak menyebabkan pencemaran seperti bioetnol,bioediesel maupun kendaran bertenaga listrik sehingga mampu mengurangi atau tidak menyebabkan pencemaran.dan pastina bisa lebih murah dan mudah didapat.

Daftar Pusaka

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. @Q15-Bowo
    Setuju dengan artikel ini, menurut saya lebih baik lagi menggunakan energi yang dapat diperbaharui atau bioenergi yang lain.
    Terima kasih, artikelnya bagus dan bermanfaat

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.