.

Kamis, 08 Desember 2016

Nitrogen

Nitrogen atau zat lemas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang N dan nomor atom 7. Ini adalah pniktogen paling ringan pada temperatur kamar. Biasanya ditemukan sebagai gas tanpa warna, tanpa bau, tanpa rasa, dan merupakan gas diatomik, sangat sulit bereaksi dengan unsur atau senyawa lainnya. Dinamakan zat lemas karena zat ini bersifat malas, tidak aktif bereaksi dengan unsur lainnya. Nitrogen merupakan unsur umum di alam semesta, diperkirakan merupakan unsur ketujuh dari total kelimpahan di Bima Sakti dan Tata Surya. Di Bumi, unsur ini membentuk sekitar 78% dari atmosfer bumi dan dengan demikian merupakan unsur bebas yang paling melimpah. Unsur nitrogen ditemukan sebagai komponen yang dapat dipisahkan dari udara, oleh fisikawan Skotlandia Daniel Rutherford, pada tahun 1772.
Selain mengisi 78,08 persen atmosfer Bumi, nitrogen terdapat pula dalam banyak jaringan hidup. Zat lemas membentuk banyak senyawa penting seperti asam amino, amonia, asam nitrat, dan sianida.

Dimana nitrogen yang ditemukan di Bumi?
Meskipun kita sering merujuk pada udara yang kita hirup sebagai “oksigen”, elemen yang paling umum di udara kita adalah nitrogen. Atmosfer bumi mengandung sekitar 78% gas nitrogen atau N2.
Meskipun ada begitu banyak nitrogen di udara, tetapi sangat sedikit di kerak bumi. Hal ini dapat ditemukan di beberapa mineral yang cukup langka seperti potasium nitrat.
Nitrogen juga dapat ditemukan di semua organisme yang hidup di Bumi termasuk tanaman dan hewan. Hal ini memainkan peran penting dalam siklus protein dan asam nukleat.

Dampak Lingkungan Nitrogen
 Manusia telah secara radikal mengubah keseimbangan alami nitrat dan nitrit. Penyebab utama penambahan nitrat dan nitrit adalah dari penggunaan pupuk berlebih.
Proses pembakaran juga dapat meningkatkan nitrat dan nitrit akibat emisi nitrogen oksida yang dikonversi menjadi nitrat dan nitrit oleh lingkungan.
Penambahan senyawa nitrogen dalam lingkungan memiliki berbagai efek. Pertama, dapat mengubah komposisi spesies karena kerentanan organisme tertentu terhadap senyawa nitrogen.
Kedua, terutama nitrit dapat menyebabkan berbagai efek kesehatan pada manusia dan hewan.
Makanan yang mengandung terlalu banyak senyawa nitrogen membuat kemampuan darah dalam mengangkut oksigen menjadi menurun.
Serapan nitrogen tinggi juga bisa memicu masalah pada kelenjar tiroid dan menyebabkan kekurangan vitamin A.
Dalam lambung dan usus hewan, nitrat akan membentuk nitroamina, suatu senyawa karsinogenik berbahaya.
Fakta Menarik tentang Nitrogen :
  • ·         Nitrogen cair sangat dingin dan akan segera membekukan kulit ketika bersetuhan dan menyebabkan kerusakan parah dan radang dingin.
  • ·         Nitrogen termasuk tujuh unsur yang paling melimpah di alam semesta massa.
  • ·         Nitrogen adalah unsur yang paling berlimpah keempat dalam tubuh manusia. Ini menyumbang sekitar tiga persen dari massa tubuh manusia.
  • ·         Nitrogen dihasilkan di dalam bintang dengan proses yang disebut fusi.
  • ·         Nitrogen memainkan peran penting dalam molekul DNA.

Terkait dengan kandungannya untuk mendukung berbagai keperluan pokok atau pun sekunder bagi manusia, manfaat nitrogen dalam kehidupan sehari-hari sangat besar.
1. Untuk Dunia Medis
Nitrogen juga digunakan dalam dunia medis, terutama di berbagai rumah sakit. Jika anda pernah di rumah sakit tentu hampir tidak ada rumah sakit yang tidak memiliki nitrogen dalam persediaan gasnya.
Dalam dunia medis, Nitrogen cair (-196 ° C) digunakan untuk membekukan dan menjaga darah, sperma, embrio, sel-sel sumsum tulang dan sampel jaringan hidup lainnya dalam periode yang cukup lama.
Nitrogen cair juga digunakan dalam bidang dermatologi, di mana penggunaannya adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membakar kutil dan tumor kulit jinak kecil yang tetap menular.
Pemanfaatannya dalam dunia medis juga sangat banyak selain berbagai pemanfaatan yang disebutkan di atas, selain untuk medis, ada manfaat lainnya untuk menunjang kehidupan sehari hari.
2. Industri Kimia
Industri kimia menggunakan nitrogen sebagai pressurising gas atau yang lebih dikenal sebagai gas tekan. Nitrogen dapat membantu mendorong cairan melalui pipa. Hal ini juga digunakan untuk melindungi oksigen dari bahan sensitif dalam udara dan untuk menghilangkan bahan kimia organik yang mudah menguap dari berbagai proses.
3. Pesawat dan Kedirgantaraan
Nitrogen merupakan salah satu jenis gas yang sangat penting untuk industri kedirgantaraan & pesawat. Nitrogen digunakan membangun terowongan angin high Reynolds, panas untuk tungku dan autoklaf untuk membantu membuat bahan yang sangat kuat namun ringan dalam industri pesawat. Nitrogen juga digunakan sebagai gas yang dapat membantu aplikasi laser cutting.
4. Otomotif dan Transportasi
Pabrik perakitan dalam industri otomotif menggunakan nitrogen dalam kombinasi dengan gas lain untuk pengelasan suku cadang mobil, frame, muffler dan komponen lain karena kemampuannya untuk memberikan suasana yang dibutuhkan untuk menghasilkan lasan yang memadai dengan bahan apapun. Selain itu konsep airbag pada moda transportasi juga memanfaatkan nitrogen untuk keselamatan dalam dunia transportasi.

Pemanfaatan dalam dunia otomotif juga sangat dikenal sebagai gas yang digunakan untuk ban mobil atau motor. Pemanfaatan pada ban ini sudah sangat umum, karena dengan diisi nitrogen ban lebih elastis terutama untuk jalan berkerikil.
5. Energi dan Lingkungan Hidup
Nitrogen merupakan gas yang dapat memisahkan molekul atau produk sensitif dari udara, selain itu ia juga digunakan sebagai gas yang dapat digunakan dalam pipa untuk mencegah berbagai kontaminasi.
6. Makanan dan Minuman
Nitrogen adalah sumber kriogenik dalam membantu proses pendinginan, pembekuan dari berbagai makanan dan minuman. Karena suhu yang sangat dingin, perendaman/proses pembekuan dalam nitrogen cair adalah metode pembekuan tercepat untuk menghasilkan makanan yang beku. Nitrogen juga memainkan peran kunci dalam mengurangi pembusukan, perubahan warna dan perubahan rasa, memberikan kekuatan untuk kemasan ritel. Salah satu contohnya aplikasi pengunaannya adalah untuk pengemasan roti. Nitrogen digunakan agar roti tidak cepat busuk karena pertumbuhan bakteri di dalamnya.
7. Produksi Baja
Nitrogen digunakan sebagai gas untuk pembersihan berbagai gas lain dalam produksi baja. Nitrogen digunakan untuk mencegah oksidasi dan merupakan komponen kunci dalam proses pendinginan untuk baja.
8. Industri Minyak dan Gas
Industri minyak dan gas bumi menggunakan nitrogen untuk meningkatkan cadangan reservoir formasi fraktur hidrokarbon-bearing untuk meningkatkan signifikan produksi minyak dan gas, dan untuk meningkatkan efisiensi operasional.
9. Farmasi & Bioteknologi
Gas nitrogen biasanya digunakan untuk membersihkan, mentransfer tekanan, pencampuran dan melindungi proses intrusi kelembaban, oksidasi, degradasi dan kontaminasi. Nitrogen cair kriogenik digunakan untuk mengontrol suhu dalam aplikasi pendinginan reaktor dan untuk menjaga sampel biologis.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2016. Nitrogen dan fakta singkat efek kegunannya. [online]. Tersedia :
Anonim. 2014. Manfaat nitrogen dalam kehidupan sehari-hari. [online]. Tersedia :
Tatang. 2015. Sifat nitrogen beserta kegunaannya bagi manusia. [online]. Tersedia :
Mulyadi,tedi. 2015. Pengertian ciri dan sifat nitrogen. [online]. Tersedia :
Anonim. 2016. Nitrogen. [online]. Tersedia :
https://id.wikipedia.org/wiki/Nitrogen ( diakses 8 Desember 2016 )


30 komentar:

  1. @A28-ZAKI

    POIN 3

    78% gas dibumi adalah nitrogen. subhanallah

    BalasHapus
  2. @A25-PUTRI


    POIN 3

    Baru tau kalo nama lain dari nitrogen adalah zat lemas

    BalasHapus
  3. @A02-RAHMAT

    POIN : 3

    Apakah nitrogen dapat digunakan untuk mobil?

    BalasHapus
  4. @A19-Hariadi

    Poin 3

    Dalam biokimia nitrogen berperan seperti apa?

    BalasHapus
  5. @A12-ZARICA

    Poin 3

    Jadi tau lebih banyak nih tentang nitrogen

    BalasHapus
  6. @A31-ALAM

    POIN 3

    KOMENTAR : nitrogen jenis apa yg di jual pinggir pom bensin ?

    BalasHapus
  7. @A15-RANIYAH

    POIN 3

    Jadi nitrogen itu sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari hari yaa

    BalasHapus
  8. @A18-FAKHRIZAL

    Poin 3

    Apa ada nama lain selain zat lemas?

    BalasHapus
  9. @A24-TANIA

    poin 3

    artikelnya bermanfaat sekali, tetapi size mind mapnya terlalu kecil

    BalasHapus
  10. @A32-VARATRI
    poin 3
    artikelnya bagus sangat bermanfaat . terimakasih

    BalasHapus
  11. @A38-farida

    Poin : 3

    Artikel nya sangat menarik

    BalasHapus
  12. @A06-ANUGGRAH

    POIN 3

    apakah hipotermia bisa diakibatkan oleh nitrogen?

    BalasHapus
  13. @A04-ARIE

    POINT 3

    nitrogenya bisa buat ban ga?

    BalasHapus
  14. @A07-RONA

    Poin 3

    Adakah pencemaran air yang disebabkan oleh nitrogen ?

    BalasHapus
  15. @A05-RAMADHON

    POIN 3

    Artikel sudah jelas tetapi mindmap terlalu kecil sehingga sulit dibaca

    BalasHapus
  16. @A21-SYAFIQ

    POIN 3

    Mindmap nya menarik tetapi artikel nya kurang lengkap

    BalasHapus
  17. @A20-irwansyah

    Poin 3

    Good artiklnya

    BalasHapus
  18. @40-IBRAHIM

    POIN 3

    sangat menarik sekali untuk di baca

    BalasHapus
  19. A30-YOSEPH
    POIN 3
    KALO DIRAPIHIN SEDIKIT PASTI AKAN MENJADI LEBIH BAIK

    BalasHapus
  20. @A39-JOSEPHINE
    Poin 3
    Artikel dan mindmapnya sudah bagus dan lengkap

    BalasHapus
  21. @A29-Fauzi

    point 3

    artikelnya sangat membantu

    BalasHapus
  22. @A03-KHARISMA

    Poin 3

    makasih infonya sis

    BalasHapus
  23. @A13-RIFKA

    POINT 3

    mind map terlalu kecil tulisannya

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.