.

Sabtu, 08 Februari 2020

KIMIA DASAR



ABSTRAK
Kimia adalah ilmu tentang materi dan perubahannya Materi adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan memiliki massa. Materi dapat berupa benda padat, cair, maupun gas. Zat adalah materi yang memiliki susunan tertentu atau tetap dan sifat-sifat yang tertentu pula. air, amonium, sukrosa, emas, oksigen




Ilmu Kimia
Ilmu kimia adalah bagian dari ilmu alam yang mempelajari komposisi dan struktur zat kimia serta hubungan dengan sifat zat tersebut. Struktur zat kimia menggambarkan letak atom-atom dalam ruang.
Sejarah dan Perkembangan Ilmu Kimia Ilmu Kimia didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang secara khusus mempelajari perubahan materi, baik perubahan secara kimia, maupun perubahan secara fisika. Dan dapat dikaji melalui aspek proses, sifat, dan energi yang terlibat dalam perubahan materi.
Kimia berasal dari bahasa Arab ‫"كيمياء seni transformasi" dan bahasa Yunani “alkimia” yaitu ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Ilmu kimia sebagai ilmu yang melibatkan kegiatan ilmiah dilahirkan oleh para ilmuwan muslim bangsa Arab dan Persia pada abad ke-8. Salah seorang bapak ilmu kimia yang terkemuka adalah Jabir ibn Hayyan (700-778), yang lebih dikenal di Eropa dengan nama Latinnya, Geber. Ilmu yang bari itu diberi nama al-kimiya (bahasa Arab yang berarti “perubahan materi”). Dari kata al-kimiya inilah segala bangsa di muka bumi ini meminjam istilah: alchemi (Latin), chemistry (Inggris), chimie (Perancis), chemie (Jerman), chimica (Italia) dan kimia (Indonesia).




Daftar Pustaka
Karindilla, 2016 "SEJARAH KIIA"https://www.slideshare.net/karindilla/sejarah-perkembangan-ilmu-kimia (diakses 7 Febuari 2020)

1 komentar:

  1. @Q012_Aulya

    Bagaimana perkembangan ilmu kimia pada saat ini?

    Artikel sangat bermanfaat terimakasih
    Penulisan daftar pustaka baik

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.