.

Selasa, 01 Oktober 2019

Materi 5 : Kimia Industri (Bagian 2)

Pengelompokan industri kimia meliputi banyak versi, The Essential Chemical Industry dan The University of York, dalam situs web ECI (2013) menjelaskan, bahwa produk industri kimia meliputi empat kelompok, yaitu : Kimia Dasar,  Kimia Khusus,  Kimia Konsumen, dan Kimia yang Berkaitan dengan Ilmu Kehidupan (Biologi).


Berikan komentar, catatan, review terhadap bahan kuliah ini...

23 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ABSTRAK.
      Senyawa aromatik merupakan hidrokarbon tak jenuh yang mempunyai ikatan atom C siklis,berupa ikatan atom antara C6 — C8,seperti Benzena, Toluena, Cilena, dan sebagainya.

      Hapus
  2. (@N06-FIKRI)

    Bahan dasar senyawa kimia organik : bahan dasar klorin, natrium hidroksida, sulfat dan asam nitrat. Bahan dasar anorganik tersebut digunakan pada sektor pertanian maupun manufaktur.
    Negara berkembang mampu menghasilkan produk dari bahan dasar anorganik dengab ongkos produksi dan harga jual yang lebih rendah dibandingkan dengan di Amerika Serikat dan Eropa. Yang akan menyebabkan persaingan ketat di pasar internasional.

    BalasHapus
  3. Oky Maulana (@N07-Oky)

    menurut the essential chemical industry dan the university of york menyebutkan bahwa produk industri kimia dibagi menjadi 4 yaitu :

    1. Kimia dasar
    Bahan kimi dasar diproduksi dalam jumlah besar. Dikelompokkan menjadi bahan petrokimia, polimer, dan bahan anorganik.
    2.bahan kimia khusus
    Biasanya untuk perlindungan tanaman, cat, dan tinta
    3.bahan kimia konsumen
    Contohnya seperti deterjen, sabun kosmetik dan parfum
    4.industri kimia kehidupan
    Seperti produk farmasi, vitamin, dan produk kesehatan.

    BalasHapus
  4. Wida Ayu Amidah (@N17-WIDA)

    Menurut saya, Pencemaran adalah perubahan yang tidak dikehendaki dari lingkungan, yang sebagian besar akibat dari kegiatan manusia. Perubahan ekosistem atau habitat dapat berupa
    perubahan fisik, kimia, atau perilaku biologis yang akan mengganggu kehidupan manusia,
    spesies, biota bermanfaat, proses- proses industri, kondisi kehidupan, dan aset kultural. Selain itu perubahan ekosistem akibat kegiatan manusia yang merusak atau menghamburkan secara sia-sia sumberdaya yang ada di alam (menurut Palar,1994). Pencemaran lingkungan hidup menurut undang-undang No.23 tahun 1997, yaitu masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat energi, dan komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitas lingkungan menurun sampai tingkat tertentu.

    BalasHapus
  5. Shabilla Maharani Wiyana (@N18-SHABILLA)

    Industri petrokimia merupakan industri yang bergerak dibidang pengolahan minyak bumi dan gas alam dengan mempertimbangkan kebutuhan manusia akan bahan-bahan kimia yang dihasilakan dan pemanfaatannya.
    Industri petrokimia berbasis olefin ini merupakan industri petrokimia yang pembuatannya melalui jalur olefin.
    Gas olefin sendiri diperoleh melalui jalur olefin dimana menghasilkan butena/butadiena, propilena dan gas etilena.
    Dimana produk yang dihasilkan ini adalah bahan baku dalam industri petrokimia.

    BalasHapus
  6. Sahlevi Ariputra (N09-SAHLEVI)

    Isu lingkungan yang muncul di sekitar industri petrokimia di Kanada (IC,2011) dan hampir semua industri kimia di negara manapun, antara lain : masalah bau yang ditimbulkan oleh polusi bahan kimia;Pelepasan bahan kimia beracun;Emisi Senyawa Volatil (SOV); Penambahan konsentrasi gas rumah kaca (GRK). Dampaknya yang terpenting ialah menurunkan kualitas hidup manusia di sekitarnya, bahkan dapat menimbulkan penyakit kronis. Industri kimia menebarkan lebih dari 1,5 juta ton polutan ke udara, lebih dari 80 % diantaranya merupakan karbon monoksida (Co), sulfur dioksida (SO²), dan Nitrogen Oksida (NOx).

    BalasHapus
  7. May Rose Indah Pratiwi Tedjo (@N21-MAY)

    Industri Petrokimia adalah suatu industri yang bergerak pada pengolahan bahan kimia dengan mengunakan bahan baku dari hasil dari proses pengolahan minyak bumi dan gas bumi.
    Industri petrokimia dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu: industri petrokimia hulu (berupa produk dasar dan produk antara), dan industri petrokimia hilir (berupa produk akhir dan produk jadi)

    BalasHapus
  8. Hasil riset dan pengembangan menunjukkan bahwa industri yang menghasilkan bahan khusus memberikan keuntungan yang lebih baik dan relatif stabil artinya perusahaan industri kimia harus memfokuskan untuk mengembangkan bahan kimia khusus agar mendapat keuntungan yang lebih besar dan stabil
    (@N03-YOGA)

    BalasHapus
  9. ROMA WIBERO (@N04-ROMA)

    Industri petrokimia berbasis olefin menghasilkan ethylene,prophylene dan c4.
    Ethylene menghasilkan acetaldehyde,ethylene dichloride.
    Berbagai produk yang dihasilkan melalui industri petrokimia berbasis olefin antara lain ban, poly isobutylene,plastik dan minuman.

    BalasHapus
  10. Dymas Nurbayu Yulianto
    [@N02-DYMAS]

    Bahan kimia industri dasar diproduksi dalam jumlah besar, terutama dijual kepada industri kimia dan industri lainnya sebelum menjadi produk untuk konsumen (ECI, 2013). Sebagai contoh, asam etanoat dijual kepada industri yang membuat senyawa ester, kemudian di jual kembali kepada industri yang membuat cat, dan pada akhirnya cat ini dipasarkan untuk konsumen.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Wildan Bagus Purnomo (@N13-Wildan)
    Industri kimia yang menghasilkan bahan kimia khusus terutama untuk perlindungan tanaman, cat dan tinta, Pewarna dan pigmen, dan digunakan oleh industri tekstil dan kertas. Hasil riset dan pengembangan menunjukkan bahwa industri kimia yang menghasilkan bahan khusus memberikan keuntungan lebih baik dan relatif stabil. Bahan kimia khusus diproduksi untuk penggunaan khusus dengan volume yang lebih rendah dari bahan kimia dasar.

    BalasHapus
  13. MUHAMMAD FATHAN FADILAH
    41619010037

    industri kimia dasar dengan bahan dasar senyawa anorganik digunakan untuk manufaktur dan pertanian, diproduksi dalam jumlah yang sangat besar (dapat mencapai jutaan ton pertahun). Sebagaimana industri petrokimia, saat ini sudah banyak negara berkembang yang mampu menghasilkan beragam produk industri kimia dasar dengan bahan dasar senyawa anorganik

    BalasHapus
  14. Ni Wayan Andini Pitaloka
    (@N20-WAYAN)

    Industri kimia dasar dikelompokkan menjadi:
    - Bahan Petrokimia, yang umumnya berasal dari minyak.
    - Bahan Polimer
    - Bahan dasar anorganik
    Bahan kimia dasar kimia biasanya relatif murah. Tetapi industri kimia juga menimbulkan beragam persoalan lingkungan terbesar, industri kimia mengelola bahan kimia yang bersifat racun sehingga bahan kimia yang dikelola, dibuang / dilepaskan ke udara & air.
    Dengan demikian diperlukan adanya tindakan dalam mengendalikan pencemaran lingkungan oleh industri kimia & industri lainnya. Beberapa gerakan / konsep yang muncul ke permukaan seperti "Kimia Hijau" atau "Industri Hijau" tidak sekedar menjadi slogan

    BalasHapus
  15. Adrian rahadi (N16-ADRIAN)

    Bahan kimia dasar yg di produksi dalam jumlah besar terutama dijual kepada industri kimia merupakan sebuah penghasilan besar untuk negara, oleh karena itu industri bahan kimia dasar di indonesia harus di tingkatkan agar jumlah bahan yg di ekspor ke luar negeri akan semakin meningkat. karena negara negara di Eropa menjadi konsumen terbesar untuk bahan kimia dasar selanjutkan akan mereka olah kembali menjadi bahan sebuah produk sehari hari.

    BalasHapus
  16. Satria Hotma Hizkia (@N19-Satria)

    Materi tentang Isu lingkungan sekitar industri kimia membuka wawasan saya bahwa ternyata industri kimia yang memberikan sesuatu bermanfaat bagi manusia juga memberikan sesuatu yang merugikan bagi manusia seperti penyakit.
    Oleh karena itu setelah membaca materi ini, diharapkan ada gagasan untuk mengembangkan konsep "kimia hijau" atau "Industri hijau" agar mengurangi dampak negatif pada lingkungan dan manusia.

    BalasHapus
  17. Muhammad Arifin ( N14-Arifin )
    Bahwa industri dasar anorganik banyak di gunakan untuk manufaktur dan pertanian, di produksi dalam jumlah yang sangat besar. Sebagai contoh bahan klorin, natrium, hidroksida, sulfat dan asam nitrat, serta dan bahan kimia lainnya untuk pupuk.

    BalasHapus
  18. Caesar Antonius (@N05-Caesar)

    Bahan Petrokimia adalah industri yang berkembang berdasarkan suatu pola yang mengkaitkan suatu produk-produk industri minyak bumi yang tersedia, dengan kebutuhan masyarakat akan bahan kimia atau bahan konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh produk-produk industri petrokimia hulu antara lain Methanol, Ethylene, Propylene, Butadine, Benzene, Toluene, Xylenes, Fuel Coproducts, Pyrolisis Gasoline, Pyrolisis Fuel Oil, Raffinate dan Mixed C4.

    BalasHapus
  19. Ardy Triananda (@N08-Ardy)

    Olefin merupakan senyawa hidrokarbon tidak jenuh yang mempunyai ikatan rangkap terbuka yang sangat reaktif (mudah bereaksi dengan zat lain), bersifat mudah terpolimerisasi. Rumus umum senyawa ini adalah CnH2n.

    BalasHapus
  20. Adetha Muhammad Dzulfaqar (@N11-Adetha)

    Dalam industri kimia menimbulkan beragam persoalan lingkungan terbesar, dan merupakan salah satu pengguna gas alam terbesar, baik untuk bahan baku maupun kebutuhan energi. Selain itu industri kimia mengelola bahan kimia yang bersifat racun, bahan kimia yang dikelola, dibuang atau dilepaskan ke udara dan air. Karena banyaknya bahab beracun atau gas beracun yang dibuang perlu adanya tindakan dalam mengendalikan pencemaran lingkungan oleh industri kimia dan industri lainnya.

    BalasHapus
  21. Nama : Satria Aji Surya (@N15-SATRIA)

    Bahan kimia khusus
    Industri kima yang menghasilkan bahan kimia khusus terutama untuk perlindungan tanaman, cat dan tinta, pewarna(pewarna dan pigmen), termasuk didalamnya bahan kimia yang digunakan oleh industri tekstil dan kertas. Berbagai produk baru telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus memenuhi ketentuan dan peraturan mengenai lingkungan. Bahan kimia khusus juga digunakan sebagai bahan gas industri, perekat, bahan kimia pembersih industri, pelapis, aditif, antioksidan, inhibitor korosi, pewarna, pelumas, pigmen dan bahan kimia elektronik

    BalasHapus
  22. Alfina Septiyadevi (@N12-Alfina)
    Pada pengelompokan produk kimia industri di sub-kelompok bahan petrokimia khususnya industri petrokimia berbasis olefin yang bersumber dari : Natural gas,condensate,naphta,residu
    Selain menghasilkan produk untuk kehidupan sehari-hari seperti ban,plastik dan sabun kecantikan, industri petrokimia berbasis olefin juga dapat menghasilkan produk berupa minuman kesehatan (ethyl acetate) yang merupakan senyawa flavor yang aman digunakan dan biasanya digunakan sebagai perisa minuman.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.