.

Senin, 14 Oktober 2019

Bahaya Limbah Bagi Air

Oleh : Rachmatika A.A. (@P18-ANANTIA, @Proyek P06)

ABSTRAK
     Air merupakan komponen lingkungan yang penting bagi kehidupan. Makhluk hidup dimuka bumi ini tak dapat terlepas dari kebutuhan akan air. Air merupakan kebutuhan utama bagi proses kehidupan dibumi, sehingga tidak ada kehidupan seandainya dibumi tidak tersedia air. Pada akhir-akhir ini, persoalan penyediaan air yang memenuhi syarat menjadi masalah seluruh umat manusia.

Kata Kunci 
Air, Pencemaran, Limbah

I. PENDAHULUAN
     Air merupakan sumber kehidupan dimuka bumi ini, kita semua sebagai makhluk hidup bergantung pada air. Saat ini air sudah menurun kualitas dan kuantitasnya yang disebut juga pencemaran air. Pencemaran air dalam PP No.20/1990 tentang pengendalian pencemaran air adalah, masuknya atau dimasukannya makhluk hidup, zat, energy, atau komponen lain kedalam air oleh kegiatan manusia sehingga kualitas air turun sampai ketingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya. Untuk mendapatkan air yang baik sesuai dengan standar tertentu, saat ini menjadi barang
yang mahal.

II. PERMASALAHAN
      Pada saat ini air menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian serius. Air yang relative bersih sangat didambakan oleh manusia, baik untuk kehidupan sehari-hari, untuk keperluan industry, untuk keperluan pertanian dan lain sebagainya. Air sudah banyak tercemar oleh bermacam-macam limbah dari hasil kegiatan industry atau manusia. Sehingga secara kualitas, sumber daya air telah mengalami penurunan. Dengan demikian pula secara kuantitas, yang sudah tidak mapu memenuhi kebutuhan yang terus meningkat. Penggunaan pestisida yang berlebihan dan berlangsung lama juga akan mengakibatkan pencemaran air.

III. PEMBAHASAN
      Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan disuatu tempat penampungan air, seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Pencemaran air bukan hanya merugikan bagi biota perairan, namun mencemari seluruh rantai pangan, yang lebih jauh lagi akan mengganggu sediaan pangan untuk manusia.

Sumber Pencemaran Air 
1. Kontaminan langsung, seperti efluen yang keluar dari industry, TPA tempat sampah, buangan limbah rumah tangga, dan sebagainya.

2. Kontaminan tak langsung, adalah kontaminan yang memasuki badan air dari tanah, air tanah atau atmosfir berupa hujan.

Komponen Pencemaran Air 
1. Padat, bahan yang berbentuk padat, baik halus maupun kasar, misalnya sampah.
2. Bahan buangan organis dan olahan bahan makanan, berupa limbah yang dapat membusuk.
3. Bahan buangan anorganis, umumnya adalah logam yang biasanya berasal dari limbah industry.
4. Bahan buangan cairan berminyal, jika dibuang keair akan mengapung menutupi permukaan air.
5. Bahan buangan berupa panas, dapat menurunkan tingkat oksigen dalam air yang akan merusak ekosistem.
6. Bahan buangan zat kimia seperti sabun, bahan pemberantas hama, zat warna kimia, zat radioaktif.

Dampak Pencemaran Air 
1. Terhadap kehidupan biota lain, zat pencemar akan menurunnya kadar oksiger terlarut dalam air tersebut, panas dari industry juga akan membawa dampak bagi kematian organisme.
2. Terhadpa kualitas air tanah, pencemaran air oleh tinja yang biasa diukur dengan faecalcoliform telah terjadi dalam skala yang luas.
3. Terhadap kesehatan, membawa penyakit menular. 
4. Jumlah air yang tersedia tidak cukup sehingga manusia bersangkutan tidak bisa membersihkan diri.
5. Terhadap estetika lingkungan, perairan yang tercemar yang ditandai dengan bau yang menyengat disamping tumpukan sampah yang dapat mengurangi estetika lingkungan.

Cara Menanggulangi 
Cara penanggulangan pencemaran yaitu dengan cara menciptakan peraturan yang dapat mengatur dan mengawasi segala macam bentuk kegiatan industry serta penanggulangan pencemaran airdapat dimulai dari diri kita sendiri. Dalam keseharian kita dapat mengurangi pencemaran air dengan cara mengurangi produksi sampah yang kita hasilkan setiap hari. Selain itu, kita dapat mendaur ulang sampah tersebut.


IV. KESIMPULAN DAN SARAN
Kesimpulan
Air merupakan sumber daya alam yang diperlukan oleh banyak orang, perlu dipelihara untuk menjaga kualitas air agar tetap bersih, bermanfaat bagi kehidupan manusia. Pencemaran air perlu dikendalikan untuk mendapatkan kehidupan yang bersih. Pencemaran limbah juga dapat dihindari apabila masing-masing pihak bisa menjaga kelestarian ini. Pencemaran air sangat berdampak dikehidupan ini, baik untuk manusia maupun biota laut atau ekosistem.

Saran
Kita perlu memperhatikan bahan kimia yang kita buang dari rumah kita. Karena saat ini kita telah menjadi masyarakat kimia yang menggunakan ratusan jenis zat kimia. Seperti mencuci, memasak, membersihkan rumah, dll. Kita harus bertanggung jawab terhadap berbagai sampah. Melalui penanggulangan pencemaran ini diharapkan bahwa pencemaran akan berkurang dan kualitas hidup manusia akan lebih ditingkatkan.

DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, AA, dan Muhammad Kholil. 2018. Kimia Pengetahuan Lingkungan.

Adack, Jessy. 2013. Dampak Pencemaran Limbah Pabrik Tahu Terhadap Lingkungan Hidup. Dalam https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/administratum/article/view/3200/2742

Agustiningsih, Dyah dkk. 2012. Analisis Kualitas Air Dan Strategi Pengendalian Pencemaran Air Sungai Blukar Kabupaten Kendal. Dalam file:///C:/Users/Rachmatika%20Anantia%20A/Downloads/4928-10757-1-SM%20(1).pdf

Warlina, Lina. 2014. Pencemaran Air : Sumber, Dampak dan Penanggulangannya. Dalam http://www.rudyct.com/PPS702-ipb/08234/lina_warlina.pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.