.

Minggu, 08 September 2019

PENTINGNYA MENGETAHUI ILMU KIMIA


Oleh : Rachmatika Anantia A 
@P18-ANANTIA, @Proyek P01

Abstrak
Menurut Sunarya (2007) Ilmu kimia merupakan salah satu cabang ilmu alam (sains) yang mempelajari materi dan perubahannya, baik perubahan secara fisik maupun perubahan secara kimia Menurut Sirhan (2007) Dengan mempelajari kimia, orang bisa mengerti apa yang terjadi di sekitar mereka. Oleh sebab itu, ilmu kimia dianggap sebagai salah satu cabang ilmu alam yang penting untuk dipelajari. Perkembangan kimia tidak terlepas dari kemunculan alkimia yang diduga pertama kali muncul di Mesir yang selanjutnya berkembang di Yunani, Romawi, India dan Tiongkok. Ilmu kimia turut memperbaiki peradapan dan peningkatan kualitas hidup manusia serta menjadi cabang sains yang mapan. Perkembangan ilmu dan teknologi kimia secara langsung berpengaruh  terhadap perkembangan teknologi industri.
Kata Kunci
            Ilmu Kimia, perkembangan, manfaat
I.         Pendahuluan
Saat ini perkembangan ilmu kimia sangat pesat dan telah memberikan andil yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari, banyak produk kimia yang telah kita pergunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hal-hal yang terkait dengan makanan, pakaian, bahan bakar, obat-obatan, bahan konstruksi bangunan, bahan industri elektronik dan bahan yang melibatkan ilmu kimia. Oleh karena itu, peran ilmu kimia sangat dirasakan dalam kehidupan dan berbagai bidang kajian keilmuan.
II.      Permasalahan
Setiap orang mempunyai pandangan tersendiri terhadap ilmu kimia dan peran ilmu kimia bagi kehidupan. Ada yang berpandangan negatif, ada pula yang menerima kehadirannya. Mereka yang berpandangan negatif adalah orang-orang yang belum memahami pentingnya manfaat kimia dalam kehidupan , kurangnya ilmu pengetahuan bisa menjadi penyebab utamanya. Mereka menganggap bahwa hal yang berkaitan dengan kimia berhubungan dengan zat-zat berbahaya yang mengandung racun. Ditambah lagi kesan yang timbul dikalangan masyarakat mengenai kimia adalah kesan negatif dibandingkan dengan manfaatnya. Sehingga peran ilmu kimia semakin tersamarkan. Kesan negatif ini timbul akibat sering terjadinya penyalahgunaan ilmu kimia atau kesalahan penanganan dalam penerapan ilmu kima.
III.   Pembahasan
Ilmu kimia merupakan ilmu yang mempelajari tentang komposisi, struktur, sifat dan perubahan dari suatu zat. Ilmu ini akan erat kaitannya dengan permasalahan sifat suatu unsur dan atom, pembentukan suatu senyawa, atom berikatan satu sama lainnya, apa kegunaan dari suatu material, bagaimana reaksi yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan manusia. Oleh karena luasnya bahasan yang termasuk dalam ruang lingkup kimia, maka para ahli menyebut ilmu kimia sebagai “central science” atau pusat dari ilmu pengetahuan. Ilmu kimia merupakan dasar ilmu yang dapat menjembatani semua ilmu pengetahuan alam, seperti biologi, fisika, geologi bahkan astronomi. Definisi dari ilmu kimia yang berasal dari kata bahasa arab “alkemi” yang bermakna seni menyepuh logam dan mineral. Jadi ilmu kimia ini merupakan ilmu yang telah dikembangkan di daerah arab kuno jauh sebelum peradaban di eropa menjadi maju. Cabang- cabang ilmu kimia antara lain :
Kimia Analitik, melibatkan kemampuan analisis unsur kimia dalam sebuah sampel.
Biokimia, cabang yang khusus mempelajari senyawa, reaksi serta interaksi kimia pada organisme hidup. Biokimia juga memiliki ikatan dengan fisiologi, genetika dan juga biologi jenis molekular.
Kimia Anorganik, mempelajari sifat serta reaksi senyawa yang terjadi pada alam (semua senyawa kimia, kecuali organik) . Seperti pelapisan, bahan bakar, pertanian, dan lain-lain.
Kimia Organik, mengkaji unsur karbon antara lain; sabun, gula, obat-obatan serta aditif makanan. Cabang ini mempelajari unsur kimia yang terdapat pada organisme hidup. Seperti proses terjadinya fotosintesis pada daun.
Kimia Fisik, mempelajari mengenai sifat fisik yang merekat pada molekul. Bekaitan erat dengan proses penyatuan unsur atom dengan molekul.

Manfaat Ilmu Kimia
·         Pangan, Mengetahui kandungan kimia yang ada di makanan dan minuman.
·         Biologi, Mempelajari makhluk hidup pada proses pencernaan makanan, fotosintesis, dan lain-lain.
·         Permesinan, Menentukan sifat dan komposisi logam yang baik untuk pembuatan mesin.
·         Peternakan, Menentukan makanan sehat yang baik untuk hewan ternak.
·         Kedokteran, Membuat obat-obatan.
·         Pertanian, mengetahui manfaat dan bahaya penggunaan pupuk dan pestisida

IV.    Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari komposisi dan sifat zat atau materi dari sekala atom atau molekul. Ilmu kimia menghubungkan berbagai ilmu lain seperti fisika, biologi, farmasi, kedokteran, dan geologi. Ilmu kimia juga telah menghantarkan produk-produk baru yang sangat bermanfaat bagi kehidupan.
Saran
 ilmu kimia, karena sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari. Jangan hanya tau bahwa kimia adalah zat-zat yang berbahaya dan beracun saja. Mengingat pentingnya peran ilmu kimia dalam hidup, ilmu kimia harus terus dikembangkan. Berbagai penelitian harus dilakukan dan penemuan harus dilahirkan.

Daftar Pustaka
Hidayat, A.A dan M Kholil. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri. Jakarta, 1 September 2018.
Anonim, 2014. Pengertian Ilmu kimia dan Bidang-Bidang Kimia. Dalam https://mystupidtheory.com/pengertian-ilmu-kimia-dan-bidang-bidang/
Anonim, 2014. Cabang-Cabang Ilmu Kimia beserta Pengertiannya. Dalam https://tatangsma.com/2014/09/cabang-cabang-ilmu-kimia.html
Khuwazaki, M. 2011. Ilmu Kimia dalam Kehidupan Sehari-Hari. Dalam http://zaky-goldenzero.blogspot.com/2011/09/ilmu-kimia-dalam-kehidupan-sehari-hari.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.