.

Minggu, 08 September 2019

Kimia dan Industri

@Proyek P01 Oleh: Rosa Amaria Putri (@P09-Rosa)


Abstrak
           Korelasi antara kimia dan industri sangat erat,perkembangan ilmu dan teknologi kimia secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan teknologi industri.Aplikasi ilmu kimia dalam bidang industri 9industri proses kimia) semakin meluas baik untuk industri kimia dasar;makanan dan minuman;bahan pewarna dan pemcelup;bahan peledak;bubur kertas;semen dan keramik;karet;kulit dan plastik;alat rumah tangga;pembersih dan toiletries;kemasan;alat tulis;farmasi;perumahan/pembangunan;otomotif;sandang;serta pertanian dan perternakan.Istilah produk dalam kimia industri melibatkan industriyang menghasilkan zat kimia dan limbah kimia dan mempunyai dampak bagi lingkungan dan masayarakat,dan bahan baku kimia diperoleh dari beberapa proses.
Kata Kunci
             Industri proses kimia;limbah kimia;zat kimia;proses bahan baku dalam industri;dampak limbah;manfaat kimia dan industri.

       I.            Pendahuluan
            Terlebih dahulu dijabarkan mengenai pengertian industri.Industri merupakan suatu kelompok usaha proses yang mengubah bahan baku menjadi produk yang berguna atau mempunyai nilai tambah,serta produk tersebut dapat digunakan secara langsung oleh konsumen sebagai pengguna akhir dan produk tersebut disebut dengan produk akhir. pengertian kimia adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, reaksi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul.Definisi kimia juga mencakup perubahan atau transformasi serta interaksi untuk membentuk materi yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Kimia juga mempelajari tentang pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan.
     II.            Permasalahan
     Kimia dan industri digunakan dalam kehidupan sehari-hari karena memudahkan kegiatan
di dalam rumah tangga,namun bahan kimia dan limbah kimia yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan dan kehidupan sehari-hari.

  III.            Pembahasan

                                      
            Produk dalam kimia industry melibatkan industry yang menghasilkan zat kimia dan limbah kimia.Dalam halini produk adalah barang atau jasa yang ditawarkan oleh suatu usaha.Adapun bahan baku  yang  diproses  dalam industri tersebut dapat diperoleh melalui proses penambangan,petrokimia,pertaniam atau sumber-sumber lain.Produk yang dihasilkan dari industri.Merupakan produk yang diperlukan oleh manusia dalam hal ini produk tersebut mempunyai nilai tambah.
Contoh zat kimia adalah:
1.       Air = H2O
2.      Besi = Fe
3.      Tembaga = Cu
4.      Garam dapur = NaCl
5.      Karbon monoksida = CO
6.      Karbon dioksida = CO2
7.      Oksigen = O2
8.      Gula = C6H12O6
9.      Metana = CH4
10.  Nitrogen Dioksida = NO2
11.  Belerang = S
12.  Fosfor = P
13.  Aki = Hg
14.  Emas = Au
15.  Perak = Ag
16.  Asam sulfat = H2SO4
17.  Alkohol = C2H5OH
18.  Aspirin = C9H8O4
19.  Ozon = O3
20.  Asam Klorida = HCl

Contoh produk-produk yang dihasilkan adalah industri organik dan anorganik,produk keramik,petrokimia,agrokimia,polimer,karet,oleokimia (minyak,lemak,wax),peledak,dan aroma buatan.
Dampak-Dampak Limbah
1. Dampak Limbah Terhadap Kesehatan Manusia
               Lingkungan yang tercemar oleh limbah akan menyebabkan kerusakan keanekaragaman hayati, termasuk dampaknya terhadap manusia. Beberapa contoh gangguan kesehatan pada manusia, yakni:
  1. Menyebabkan kondisi lingkungan kotor dan berbau.
  2. Menyebabkan berbagai penyakit dan infeksi, misalnya gangguan pencernaan, diare, tifus, jamur, gangguan saraf, gangguan nafas, dan penyakit lainnya.
  3. Menyebabkan keracunan.
2. Dampak Limbah Terhadap Alam dan Lingkungan
               Tidak hanya dampak bagi manusia, kontaminasi limbah juga berdampak terhadap alam dan lingkungan sekitar. Kerusakan lahan dan lingkungan adalah salah satu dampak yang paling sering terjadi. Selain itu, lingkungan menjadi kurang sehat untuk dihuni.Limbah yang menyumbat system aliran sungai dan drainase juga akan menyebabkan masalah, seperti banjir. Hewan-hewan akan mendapatkan dampak, seperti keracunan. Kemudian, tanaman akan layu jika terpapar limbah.
  IV.                               Kesimpulan dan Saran
             Kimia dan industri saling berkesinambungan dengan baik  dalam banyak hal,dan menghasilkan produk yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki dampak dalam kehidupan sehari-hari maupun dampak bagi lingkungan.

             Saran saya adalah dengan kemajuan yang berkembang pesat di era modern sekarang kita dapat membuat teknologi yang terbarukan yang ramah akan lingkungan dan kehidupan sehari-hari.

Daftar Pustaka

Hidayat, A A; kholil, Muhamad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkaran Industri. Yogyakarta: Penerbit  Wahana Resolusi.





       

6 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.