.

Sabtu, 07 September 2019

Mengenal Ilmu Kimia


Mengenal Ilmu Kimia
Oleh : Wening Suciati (@P05-WENING)
Abstrak
Ilmu kimia adalah didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang secara khusus mempelajari perubahan materi, baik pengetahuan yang secara kimia maupun perubahan secara fisika dan dapat dikaji melalui aspek proses, sifat dan energy yang terlibat dalam perubahan materi. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa kimia merupakan ilmu yang mempelajari komposisi dan sifat materi serta berbagai perubahan yang dialaminya. Kimia merupakan disiplin ilmu yang mempelajari sifat, komposisi dan transformasi materi. Setiap materi memiliki sifat tersendri yang khas, memiliki komposisi yang unik dan memiliki spesifikasi transformasi menjadi bentuk materi lainnya
Kata kunci : sifat, komposisi, transformasi

I.    Pendahuluan
Ilmu kimia sebagai ilmu yang melibatkan kegiatan ilmiah dilahirkan oleh para ilmuwan muslim bangsa Arab dan Persia pada abad ke-8. Salah seorang bapak ilmu kimia yang terkemuka adalah Jabir ibn Hayyan (700-778), yang lebih dikenal di Eropa dengan nama Latinnya, Geber. Ilmu yang baru itu diberi nama al-kimiya (bahasa arab yang berarti “perubahan materi”) dari kata al-kimiya inilah segala bangsa dimuka bumi ini meminjam istilah : alchemi (latin), chemistry (inggris), chimie (perancis).

II.   Pembahasan

Sejarah Kimia

Akar kimia dapat ditelusuri ke fenomena pembakaran atau api. Api sebagai kekuatan mistik yan dapat mengubah suatu zat menjadi zat lain. Setelah emas ditemukan dan menjadi sebuah logam mulia, banyak orang yang tertarik untuk menemukan metode yang dapat mengubah zat lain menjadi emas. Hal ini menciptakan protosains yang disebut Alkimia Alkemis menemukan banyak proses kimia yang mengarah pada pengembangan kimia modern. Selama sejarah, alkemis terkemuka (terutama Abu Musa Jabir bin Hayyan dan Paracelsus) mengembangkan alkimia menjauh dari filsafat dan mistisisme dan mengembangkan lebih sistematis dan ilmiah. Para alkemis pertama yang Dianggap menerapkan metode ilmiah untuk membedakan antara alkimia dan kimia dan alkimia adalah Robert Boyle (1627-1691). Nobel Kimia diciptakan pada tahun 1901 Memberikan gambaran yang baik dari penemuan kimia selama 100 tahun terakhir. Pada bagian awal abad ke-20, mengungkapkan sifat mekanika kuantum atom dan subatom mulai menjelaskan sifat fisik ikatan kimia. Pada abad ke-20 pertengahan, kimia telah berkembang dan mampu memahami aspek biologi yang meluas ke bidang biokimia.
Cabang Ilmu Kimia
Ilmu Kimia memiliki beberapa cabang meliputi :
Kimia analitik
Kimia analitik adalah sebuah ilmu kimia yang menganalisis bahan rekaman untuk mendapatkan suatu pemahaman tentang komposisi kimia dan struktur.
Biokimia
Biokimia merupakan cabang ilmu kimia yang mengkaji reaksi, interaksi dan senyawa kimia yang terjadi dalam organisme hidup. Biokimia dan kimia organik berhubungan erat, seperti dalam kimia neurokimia atau medisinal.
Kimia anorganik
Kimia anorganik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari reaksi dan sifat senyawa anorganik. Perbedaan antara bidang organik dan anorganik tidak begitu mutlak, khususnya di bidang kimia organologam.
Kimia organic
Kimia organik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari struktur, sifat, komposisi, mekanisme, dan reaksi senyawa organik. Suatu senyawa organik sebagai segala senyawa yang berdasarkan rantai karbon.
Kimia fisik
Kimia fisik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari dasar fisik sistem dan proses kimia, khususnya, dinamika dan energetika sistem. Daerah penting dalam penelitian ini antara spektroskopi, kinetika kimia, elektrokimia, mekanika statistik dan termodinamika kimia.

Konsep dasar

Nomenklatur kimia mengacu pada sistem penamaan senyawa kimia. yang telah menciptakan sistem penamaan spesies kimia secara baik. Senyawa organik diberi nama menurut sistem tatanama organik.

·         Atom

Atom merupakan kumpulan materi yang terdiri dari inti bermuatan positif, yang berisi proton dan neutron dan sejumlah elektron untuk menyeimbangkan muatan positif inti. Atom juga merupakan unit terkecil yang dapat diekstraksi dari unsur-unsur dan masih mempertahankan sifatnya, terbentuk dari inti padat dan dikelilingi oleh sistem elektron bermuatan positif.

·         Unsur

Elemen atau unsur merupakan sekelompok atom yang memiliki jumlah proton yang sama pada intinya. Angka ini dikenal sebagai nomor atom unsur tersebut. Contoh : semua atom dengan 6 proton dalam inti atom mereka karbon unsur kimia, dan semua atom dengan 92 proton dalam inti mereka adalah atom dari unsur uranium.

·         Ion

Ion atau spesies bermuatan, atau suatu atom atau molekul yang kehilangan atau mendapatkan satu atau lebih elektron. Kation bermuatan positif (misalnya kation natrium Na +) dan anion bermuatan negatif (misalnya klorida Cl-) dapat membentuk garam netral (misalnya natrium klorida, NaCl). Contoh : ion poliatom yang tidak terpecah sewaktu reaksi asam-basa adalah hidroksida (OH-) dan fosfat (PO43-).

·         Senyawa

Senyawa merupakan zat yang dibentuk oleh dua atau lebih elemen dengan rasio tetap menentukan komposisi. misalnya, air adalah senyawa yang mengandung hidrogen dan oksigen dengan perbandingan dua banding satu. Senyawa terbentuk dan dipecah oleh reaksi kimia.

·         Molekul

Molekul adalah yang terkecil terpisahkan bagian dari senyawa murni yang masih mempertahankan kimia dan sifat fisik yang unik. Molekul terdiri dari dua atau lebih atom terikat satu sama lain.

·         Zat kimia

Suatu ‘zat kimia’ mungkin unsur, senyawa, atau campuran senyawa, unsur atau senyawa dan unsur-unsur. Sebagian besar materi yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari adalah bentuk campuran, misalnya air, paduan, biomassa, dll.

·         Ikatan kimia

Ikatan kimia merupakan kekuatan yang memegang atom dalam molekul atau kristal pertemuan.  Teori ikatan valensi dan konsep bilangan oksidasi dapat digunakan untuk memprediksi struktur molekul dan komposisi. Demikian pula, teori-teori dari fisika klasik dapat digunakan untuk memprediksi banyak struktur ionik. Dalam lebih kompleks senyawa / kompleks, seperti kompleks logam, teori ikatan valensi tidak dapat digunakan sebagai pemahaman yang lebih kritis mekanika kuantum dasar.

·         Wujud zat

Fase atau tahapan adalah kumpulan keadaan sebuah sistem fisik makroskopis adalah homogenisasi relatif baik dari komposisi kimia dan sifat fisik (yaitu kepadatan, struktur kristal, indeks refraksi, dan lain sebagainya). Contoh negara fase seperti yang kita tahu itu adalah padat, cair, dan gas. Tahap kurang akrab, termasuk plasma, Bose-Einstein kondensat dan kondensat fermion.

·         Reaksi Kimia

Reaksi kimia adalah transformasi / perubahan dalam struktur molekul. Reaksi ini dapat menghasilkan molekul membentuk molekul yang lebih besar, molekul menjadi dua atau lebih kecil molekul. Reaksi kimia selalu melibatkan terbentuk atau terputusnya ikatan kimia.

·         Kimia Kuantum

Kimia kuantum secara matematis menjelaskan perilaku dasar materi pada tingkat molekul. Pada prinsipnya, adalah mungkin untuk menjelaskan semua sistem kimia dengan menggunakan teori ini. Dalam prakteknya, hanya sistem kimia paling sederhana yang dapat secara realistis diinvestigasi di kuantum murni mekanik dan harus dibuat untuk tujuan yang paling praktis (misalnya, Hartree-Fock, pasca-Hartree Fock atau Density teori fungsional).

·         Hukum Kimia

Hukum kimia merupakan sebuah hukum fisika yang diterapkan didalam sistem kimia. Konsep mendasar dalam kimia yakni hukum kekekalan massa, menyatakan, tidak ada perubahan dalam kuantitas materi selama reaksi kimia.

Daftar Pustaka
Safitri,Nadya, Ramadani dkk tentang perkembangan ilmu kimia https://www.slideshare.net/karindilla/sejarah-perkembangan-ilmu-kimia
Hidayat,A.A, Muhammad Kholil (2018) Kimia dan pengetahuan lingkungan industri
Unknown tentang cabang ilmu kimia
Unknown sejarah kimia
Wibowo, Heri (2005) konsep dasar kimia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.