.

Rabu, 02 Januari 2019

Green Technology

Faisal Rafi Prayogo
(@K06-Faisal)

    Pada era globalisasi sekarang ini, teknologi sangatlah dibutuhkan dalam bidang apapun. Oleh karena itu, teknologi sangat berkembang pesat. Tetapi, teknologi masih banyak menggunakan bahan bakar fosil yang mengakibatkan habisnya bahan bakar yang tidak dapat diperbaharui. Seiring berjalannya waktu teknologi perlu adanya perbaharuan yang ramah lingkungan.

Kata Kunci : Teknolgi Hijau, Teknologi Masa Depan
 
    Maka dari itu, kita perlu membuat atau menggunakan teknologi yang ramah lingkungan atau Teknologi Hijau, Teknolog itu sendiri menurut Puwasasmita (2000), bahwa manifestasi  dalam arti materil yang lahir dari daya cipta manusia, untuk membuat segala sesuatu yang bermanfaat guna mempertahankan kehidupannya. menurut Karyono (2009), bahwa teknlogi masa kini menawarkan kemudahan, kenyamanan dan kecepatan bagi aktifitas manusia. tetapi teknologi masa kini cenderung menggunakan energi fosil. Maka dari itu, kita harus membuat teknolgi hijau ini.  Pada teknologi hijau ini bertujuan untuk praktis pada metode penggunaan bahan maupun proses produksi yang menghasilkan produk tidak beracun dan aman bagi lingkungan. Pada sektor industri, kita ingin bahan bakar fosil dikurangi penggunaannya seperti kendaraan listrik. Karena lebih hemat dan aman bagi lingkungan masyarakat.
    Teknologi hijau masih terus dikembangkan dan cenderung teknologi masa depan seperti :
1. Energi Terbarukan (Renewable Energy), kita perlu adanya energi alternatif karena energi menjadi masalah yang palng mendesak dalam bidang teknologi hijau.
2. Bagunan Hijau (Green Building), Pembangunan infrastruktur yang ramah lingkungan  perlu dilihat pula karena bahan bangunan yang dipakai dan lokasinya harus melestarikan lingkungan hidup.
3. Kimia Hijau (Green Chemistry), bahan kosmetik yang kita pakai mengandung kimiawi yang harus kita proses dengan baik agar tidak mengandung bahan beracun.
4. Teknlogi nano Hijau (Green Nanotechnology), Penerapan ini tingkat lanjut kimia hijau dengan prinsip-prinsip rekayasa teknologi yang ramah lingkungan.

DAFTAR PUSTAKA
Hidayat, Atep Afia dan Kholil, Muhammad. 2018. "Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri" Cetakan 1. Yogyakarta. Penerbit Wahana Resolusi.
Lakitan, Benyamin. 2018. Dengan artikel "Teknologi Hijau: Pertumbuhan Ekonomi, Keberlanjutan Pembangunan, dan Kesejahteraan Rakyat" danhttps://www.academia.edu/7535708/Teknologi_Hijau_Pertumbuhan_Ekonomi_Keberlanjutan_Pembangunan_dan_Kesejahteraan_Rakyat  Diakses pada 2 Januari 2018.
Putra, Y.Manggala. 2016. Dengan artikel "https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/12/16/oia1aa284-teknologi-hijau-bantu-pecahkan-masalah-limbah-industri . Diakses pada 2 Januari 2018.
Anonim. 2009. Dengan artikel "Teknologi Hijau" dan https://fitb.itb.ac.id/2009/06/05/teknologi-hijau/  Diakses pada 2 Januari 2018.
Anonim. 2018. Dengan artikel "Teknologi Hijau (Green Technology): Kecenderungan Teknologi di Masa Datang" dan http://d3ipii-d3ipii.blogspot.com/2011/01/teknologi-hijau-green-technology.html . Diakses pada 2 Januari 2018.
Annim. 2018. Dengan artikel " Maju dengan Teknologi Hijau" dan https://www.tatsachen-ueber-deutschland.de/id/kategori/lingkungan-dan-iklim/maju-dengan-teknologi-hijau . Diakses pada 2 Januari 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.