.

Kamis, 11 Oktober 2018

Cegah Pemanasan Global!



Oleh: Muhammad Rivaldi @K15-Rivaldi






Abstak
Pemanasan Global adalah kondisi peningkatan suhu rata-rata bumi akibat konstentrasi gas rumah kaca yang berlebih. Selama satu abad terakhir, suhu rata-rata permukaan bumi telah menunjukkan peningkatan sebesar 0,6 derajat celsius. Meski dapat dibilang kecil, peningkatan suhu tersebut berpengaruh pada kehidupan makhluk hidup dan kondisi alam di bumi. Gejala pemanasan global yang mulai kita rasakan saat ini di antaranya adalah pergantian musim yang semakin sulit diprediksi, es di kutub yang mulai mencair, serta bencana alam yang semakin sering menghampiri.

Kata Kunci    :           Penipisan Ozon, Pemanasan Global
Pembahasan 
            Penyebab terjadinya pemanasan global tidak lain karena ulah manusia itu sendiri, berikut saya akan membahas beberapa penyebab, dampak, dan cara menanggulangi pemanasan global:
A.    Penyebab Pemanasan Global
·         Meningkatnya Gas KarbonMonoksida
Penyebab pemansan global ini disebabkan oleh aktivitas manusia sendiri, semakin padatnya penduduk yang ada diseluruh dunia dan populasi manusia terus bertambah maka jumlah kendaraan bermotor juga akan selalu bertambah
·         Efek Rumah Kaca
Penyebab efek rumah kaca adalah akibat efek panas yang dipantulkan permukaan bumi yang terperangkap oleh gas-gas yang ada di lapisan atmosfer.
·         Penggunaan CFC yang Tidak Terkontrol
CFC merupakan bahan kimia yang digabungkan menjadi sebuah bahan lalu digunakan menjadi sebuah bahan lalu digunakan sebagai memproduksi peralatan rumah tangga CFC biasanya terdapat pada kulkas dan AC.
·         Luas Hutan Menurun
Penebangan Hutan secara tidak beraturan merupakan salah satu penyebab terjadinya pemanasan global karena tidak adanya pohon yang dapat menyerap gas-gas berbahaya.
·         Polusi Kendaraan Bermotor
Hasil pembakaran bahan bakar fosil sangat memberikan pengaruh dalam pemanasan global karena menghasilkan gas karbondioksida yang berlebihan.
B.     Dampak Pemanasan Global
·         Naiknya Permukaan Laut
Meningkatnya suhu rata- rata Bumi dan atmosfer Bumi ini akan menyebabkan es di kutub menjadi cair, baik kutub Utara Bumi maupun kutub Selatan Bumi. Akibat mencairnya bongkahan es atau gunung es ini, air laut pun menjadi bertambah volumenya. Hal ini karena es yang mencair akan lari ke dalam lautan dan akan menambh jumlah atau volume air laut.
·         Mencairnya Es di Kutub
Kenaikan suhu ini akan menyebabkan mencairnya es- es yang ada di Bumi, termasuk juga es yang ada di wilayah kutub Bumi. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan berkurangnya volume es yang berada di Bumi. Akibat selanjutnya adalah suhu di wilayah kutub Bumi menjadi lebih hangat dan penguapan air menjadi lebih banyak.
·         Menipisnya Lapisan Ozon
Pemanasan global yang membuat suhu rata- rata Bumi menjadi naik ini akan menyebabkan lapisan ozon menjadi tipis dan bahkan berlubang. Apabila lapisan ozon berlubang maka berbagai macam ancaman yang membahayakan akan masuk ke Bumi.
C.     Cara Menanggulangi Pemanasan Global
·         Reboisasi
Menanam pohon atau reboisasi merupakan langkah untuk menyeimbangkan kadar gas CO2 di lapisan atmosfer. Karena pohon akan menyerap gas CO2 untuk melakukan proses fotosintesis dan akan melepaskan oksigen ke udara. Dan hal ini akan membuat udara pada lapisan atmosfer lebih sejuk dan pemanasan global sedikit teratasi
·         Hemat Listrik
Dengan berhemat listrik, secara tidak langsung kita telah mengurangi kadar CO2 pada lapisan atmosfer karena sebagian besar gas CO2 ini dihasilkan dari pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil.
·         Menggunakan Energi Alternatif
Kita dapat menggunakan energi alternatif guna meminimalisir hal – hal yang dapat menjadi penyebab pemanasan global. Misalnya mengganti pemakaian pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil dengan energi yang dikeluarkan oleh sinar matahari, panas bumi, angin atau air.
DAFTAR PUSTAKA
·         Adam, Harry. 2017. Penyebab Pemanasan Global
(Diunduh pada 10 oktober 2018)
·         Anonim. 2016. Pemanasan Global
Dalam : https://www.sayanda.com/pemanasan-global/
(
Diunduh pada 10 oktober 2018)
·         Anonim. 2016. Dampak Pemanasan Global
Dalam : https://lingkunganhidup.co/pengertian-pemanasan-global-penyebab-dampak/
(Diunduh pada 10 oktober 2018)
·         Adam, Harry. 2017. Akibat Pemanasan Global
Dalam : https://ilmugeografi.com/fenomena-alam/akibat-pemanasan-global
(Diunduh pada 10 oktober 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.