.

Minggu, 09 September 2018

Perkembangan Ilmu kimia dan Dampaknya

Oleh: @J01-Triyatno, @proyekJ01

Abstrak
Kimia (dari bahasa Arab: كيمياء, transliterasi: kimiya = perubahan benda/zat atau bahasa Yunani: χημεία, transliterasi: khemeia) adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan untuk menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik. Menurut kimia modern, sifat fisik materi umumnya ditentukan oleh struktur pada tingkat atom yang pada gilirannya ditentukan oleh gaya antaratom dan ikatan kimia.


Kata Kunci : Manfaat ilmu kimia, dan dampaknya.

Manfaat Ilmu Kimia Dalam Kehidupan dan Industri
Tahukan Anda bahwa manfaat ilmu kimia cukup banyak bagi kehidupan manusia dan industri, ilmu kimia merupakan cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari sifat-sifat, struktur, komposisi, danperubahan materi, serta energi yang menyertai perubahan materi. Ilmu kimia erat kaitannya dengan kehidupan manusia dan industri sehari-hari. Manfaat ilmu kimia sangat dirasakan dalam kehidupan dan berbagai bidang kajian keilmuan.

Manfaat Di kehidupan
Bagi banyak orang, kimia adalah konsep yang asing, milik dunia akademis dan buku pelajaran dengan sedikit relevansi dengan kehidupan kita sehari-hari.Bahkan, kita akan kesulitan untuk menemukan aspek dari rutinitas harian kita yang tidak terkena dampak langsung oleh penelitian kimia. Mengingat pentingnya manfaat ilmu kimia dalam hidup, tidaklah mengherankan jika kemudian ilmu kimia terus dikembangkan. Berbagai penelitian tentang apapun terus dilakukan. Penemuan terus dilahirkan. Itu semua bertujuan untuk kehidupan masyarakat banyak.
Kimia adalah ilmu yang mendasar dan memungkinkan yang menyelidik pembangun semua materi dan bagaimana mereka berinteraksi memengaruhi komposisi, struktur, dan sifat zat. Aplikasi industri kimia secara langsung memengaruhi kehidupan kita sehari-hari, apa yang kita makan, apa yang kita kenakan, transportasi kita, teknologi yang kita gunakan, bagaimana kita mengobati penyakit dan bagaimana kita mendapatkan listrik dan masih banyak lagi.

Manfaat Di industri
Penerapan ilmu Kimia di industri, ilmu Kimia seringkali sangat dibutuhkan. Mesin-mesin di industri membutuhkan logam yang baik dengan sifat tertentu yang sesuai dengan kondisi dan bahan-bahan yang digunakan. Seperti semen, kayu, cat, beton, dsb. dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu Kimia. Kain sintetis yang Anda gunakan juga merupakan hasil penerapan ilmu Kimia.
Berbagai produk bahan yang dihasilkan dari produk petrokimia dewasa ini banyak ditemukan. Petrokimia adalah bahan-bahan atau produk yang dihasilkan dari minyak dan gas bumi. Bahan-bahan petrokimia tersebut dapat digolongkan ke dalam plastik, serat sintetis, karet sintetis, pestisida, detergen, pelarut, pupuk, berbagai jenis obat maupun vitamin.

Dampak Ilmu Kimia
Dalam Perkembangan ilmu kimia di kehidupan dan industri sehari-hari, banyak yang mempunyai pandangan berbeda pada perkembangan ilmu kimia ada yang mempunyai pandangan positif pada perkembangan ilmu kimia dan mempunyai dampaknya, selain mempunyai pandangan positif perkembangan ilmu juga mempnyai pandangan negatif dan mempunyai dampaknya.

Dampak Positif
Setiap orang mempunyai pandangan terhadap ilmu kimia dan manfaat ilmu kimia bagi kehidupan dan industri. Setiap orang pasti mempunyai pandangan yang positif, mereka yang berpandangan positif pasti mereka yang sudah betul memahami perkembangan ilmu kimia di kehidupan dan industri, memang perkembangan ilmu kimia di kehidupan dan industri saat ini sudah melaju pesat dengan adanya hal-hal yang baru pada perkembangan ilmu kimia semua menjadi mudah dengan adanya ilmu kimia di kehidupan dan industri.

Dampak Negatif
Setiap orang mempunyai pandangan tersendiri terhadap ilmu kimia dan manfaat ilmu kimia bagi kehidupan. Ada yang berpandangan negatif, ada pula yang menerima kehadirannya. Mereka yang berpandangan negatif adalah orang-orang yang belum memahami betapa penting manfaat ilmu kimia dalam kehidupan ini, kurangnya ilmu pengetahuan bisa menjadi penyebab utamanya.
Mereka menganggap bahwa hal-hal yang berkaitan dengan kimia akan berhubungan dengan zat-zat berbahaya yang mengandung racun. Ditambah lagi kesan yang dominan timbul di kalangan masyarakat umum mengenai kimia adalah kesan negatif dibandingkan dengan manfaatnya. Sehingga manfaat ilmu kimia semakin tersamarkan. Kesan negatif ini timbul sebagai akibat dari sering terjadinya penyalahgunaan ilmu kimia atau kesalahan penanganan dalam penerapan ilmu kimia. Banyak persoalan yang belum terungkap secara baik di kalangan masyarakat mengenai ilmu kimia dan manfaat ilmu kimia itu sendiri, dikarenakan pemahaman mengenai ilmu tersebut masih terbatas.

Kesimpulan
Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari mengenai komposisi dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari- hari.
Kimia juga mempelajari pemahaman sifat dan interaksi atom individu dengan tujuan menerapkan pengetahuan tersebut pada tingkat makroskopik.
Ilmu kimia sering disebut ilmu pusat karena menghubungkan berbagai ilmu lain seperti fisika, ilmu bahan, nanoteknologi, biologi, farmasi, kedokteran, bioinformatika, dan geologi.
Saat ini perkembangan ilmu kimia sangat pesat dan telah memberikan andil yang sangat besar dalam kehidupan manusia ilmu kimia telah menghantarkan produk – produk baru yang sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Daftar Pustaka

4 komentar:

  1. Luh Kurang Jurnal Tuh Daftar Pustakanya,

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. materi kurang menarik
    lebih singkat padat dan jelas dalam menulis artikel
    selebihnya mantul(80)

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.