.

Kamis, 27 September 2018

Peran Vital Industri Logistik Bagi Kehidupan.



Oleh : Erlangga Maulana Sakhi (@K02-Erlangga).









Abstrak:
            Industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah, bahan baku, barang setengah jadi atau menjadi barang yang bermutu tinggi atau bernilai jual dipasaran. Namun bidang industri bukan hanya dalam bentuk industri barang dan industri jasa. Industri dalam industri jasa salah satunya adalah industri logistik. Industri logistik adalah industri yang mengandalkan kecepatan, ketepatan dan efisensi waktu dalam pengiriman. Industri logistik salah satu industri jasa yang sedang berkembang diIndonesia. Banyak perusahan diIndonesia yang yang sedang berusaha berlomba-lomba untuk mengungguli satu sama lain dalam hal pelayanan. Karena industri logistik adalah industri yang menjajikan banyak keuntungan dalam ekonomi kecil hingga besar jika dikelola dengan benar.

Kata kunci : industri, ekonomi, logistik, jasa, Indonesia, industrial, economics, logistics.
            Ada banyak jenis industri didunia ini. Ada tiga jenis industri yang digolongkan yaitu industri ekstraktif, nonekstraktif dan fasilitatif. Ekstraktif adalah industri yang bahan bakunya diambil dari bahan sekitar. Nonekstrektif adalah bahan bakunya diambil bukan dari alam sekitar. Fasilitatif adalah industri yang  produk utamanya adalah bentuk jasa yang ditawarkan terhadap konsumen contohnya bidang logistik.
           
            Menurut Hidayat dan Kholil (2018), “Industri semakin meluas, tidak hanya meliputi proses pengolahan bahan baku atau bahan setengah jadi, tidak hanya selalu berhubungan dengan manufaktur, akan tetapi sudah diterapkan dibidang-bidang yang lebih luas.” Seperti yang ingin dibahas yaitu industri jasa (Logistik).
            
            Industri logistik sangatlah berperan dalam segala sudut kehidupan manusia saat ini. Karena logistik adalah salah satu cara yang dilakukan untuk menyalurkan berbagai segala kebutuhan sehari-hari. Jasa pengiriman barang merupakan salah satu dari sekian banyak bidang usaha yang dijalankan oleh perusahaan jasa angkutan. Keberhasilan perusahaan jasa sangat ditentukan oleh pelayanan yang diberikan dan ketepatan waktu yang dijadwalkan oleh perusahaan.

            Menurut Mulia dan Kasmiruddin (2014). Persaingan yang semakin ketat menghendaki suatu upaya dan terobosan agar mencapai sasaran yang dikehendaki. Kondisi persaingan yang semakin ketat harus mampu diatasi dan jika ingin dapat bertahan maka pihak produsen harus memperoleh market share yang luas, agar menguasai pasar.

            Industri logistik melingkupi banyak hal bukan hanya mengirim atau menyalurkan bahan untuk industri pabrik, tetapi juga menyalurkan bahan-bahan makanan, obat-obatan, pertambangan dan masih banyak lagi.

            Dalam hal industri logistik pangan dan kedokteran, pengiriman bahan makanan dan obat-obatan sangatlah penting. Bayangkan saja jika bahan pertanian dan makanan yang mudah basi jika tidak disegerakan maka akan basi yang menyebabkan kerugian. Disitulah kimia berpengaruh dalam hal pengiriman, para pengusaha industri logistik menyiasati untuk menambahkan senyawa kimia untuk mengawetkan bahan makanan tersebut.

            Dalam bidang kedokteran indutri logistik juga sangat berperan  penting dalam dunia kedokteran. Seperti dalam proses pengiriman suplay obat-obatan, suplay pendonor darah dan semacamnya.

            Jadi dapat disimpulkan bahwa industri logistik sangatlah berperan penting dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya dalam bidang industri manufacturing tapi juga dalam hal industri yang mecakup hal-hal kecil kehidupan. Industri logistik sangatlah bergantung kepada kecepatan pengiriman barang dan seberapa baik pelayanan karena industri logistik merupakan salah satu industri dibidang jasa.

DAFTAR PUSTAKA.
  1. Yusriana, dan Jaya, Rachman. 2013. RANCANG BANGUN TRANSPORTASI LOGISTIK KAKAO AGROINDUSTRI COKLAT KABUPATEN PIDIE JAYA PROVINSI ACEH. http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=143283&val=3955&title=Rancang%20Bangun%20Transportasi%20Logistik%20Kakao%20Agroindustri%20Coklat%20Kabupaten%20Pidie%20Jaya%20Provinsi%20Aceh. dan diakses pada (26 september 2018)
  2. Mulia,Rita dan Kasmiruddin. 2014. Pelaksanaan strategi differensiasi sebagai suatu strategi bersaing guna mempertahankan pelanggan. Dan http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=186391&val=6444&title=PELAKSANAAN%20STRATEGI%20DIFFERENSIASI%20SEBAGAI%20SUATU%20STRATEGI%20BERSAING%20GUNA%20MEMPERTAHANKAN%20PELANGGAN%20(%20Kasus%20Industri%20Jasa%20Pengiriman%20PT%20Indah%20Logistik%20Cabang%20Pekanbaru%20). Dan diakses pada (26 September 2018).
  3.  Sutapa, I Nyoman. 2009. Komitmen dan Kapabilitas Untuk Meningkatkan Kinerja Logistik. Dan   http://jurnalindustri.petra.ac.id/index.php/ind/article/view/17685 . diakses pada (2018)
  4.  Arianes,Dianne Putri. Dan Suryani, Fitri. 2018. Sistem Transportasi Logistik Kawasan Industri Di Jabodetabek.  Dan https://scholar.google.com/scholar?q=%2Bintitle%3A%22SISTEM+TRANSPORTASI+LOGISTIK+KAWASAN+INDUSTRI+DI+JABODETABEK%22 . dan diakses pada (26 september 2018)
  5. Widijaman, Dhanang. 2012.  Konvergensi Regulasi dan Kelembagaan Struktur Industri Logistik, Pos, dan Kurir. Dan   http://download.garuda.ristekdikti.go.id/article.php?article=298952&val=7282&title=Konvergensi%20Regulasi%20dan%20Kelembagaan%20Struktur%20Industri%20Logistik,%20Pos,%20dan%20Kurir . diakses pada (26 september 2018) 
  6. Hidayat, Atep Afia. Dan Kholil, Muhammad. 2018. Kimia dan Pengetahuan Lingkungan Industri. Yogyakarta : Penerbit WR.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.