.

Sabtu, 04 Agustus 2018

Pentingnya Ilmu Kimia Bagi Teknik Mesin



@H24-RIDWAN

Disusun Oleh     : Muhamad Ridwan


ABSTRAK

Ilmu kimia merupakan cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari sifat-sifat, struktur, komposisi, dan perubahan materi, serta energy yang menyertai perubahan materi. Pengaruh dari beberapa unsur paduan terhadap sifat baja paduan. Banyak sekali manfaat dari ilmu kimia yang tidak dapat digantikan oleh ilmu lain. Bahan Bakar dan Minyak Pelumas Mesin Oli atau minyak pelumas bekerja melumasi bagian-bagian mesin khususnya bagian yang bergerak. Teknik mesin atau Teknik mekanik adalah ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharan sebuah system mekanik. Ilmu ini membutuhkan pengertian mendalam atas konsep utama dari cabang ilmu mekanika, kinematika, teknik material, termodinamika dan energy.

Kata kunci: ilmu kimia bagi teknik mesin

ISI
              Ilmu Kimia Teknik Mesin
Manfaat ilmu kimia juga bisa mengenai bidang permesinan yaitu mempelajari sifat dan komposisi logam yang baik untuk pembuatan mesin, mempelajari sifat, komposisi bahan bakar dan minyak pelumas mesin.
Sifat dan Komposisi Logam yang Baik Untuk Mesin
Dari sekian banyak bahan logam, maka baja adalah salah satu jenis logam yang terbanyak dipakai dalam keteknikan, khususnya dalam pengelasan. Baja yang paling banyak dan umum dibuat adalah baja karbon. Untuk memperoleh baja-baja yang khusus yang mempunyai sifat-sifat tertentu yang diinginkan, maka unsur-unsur lain harus dipadukan ke dalam baja.

              Baja karbon biasanya mempunyai kekurangan-kekurangan di antaranya kekerasan baja ini tidak dapat merata atau kemampuan pengerasannya kurang baik. Di samping itu baja mempunyai sifat mekanis yang rendah pada suhu tinggi dan kurang tahan korosi pada lingkungan atmosfer, lingkungan-lingkungan lain atau pada suhu tinggi. Untuk mengurangi masalah tersebut, maka dibuat bermacam-macarn baja paduan yang pada dasarnya adalah memadu baja dengan unsur-unsur paduan lain.

  Pengaruh dari beberapa unsur paduan terhadap sifat baja paduan adalah sbb. :

C   :    Karbon dengan unsur-unsur lain umumnya membentuk karbid kecuali dengan Ni dan Mn.            
Cr  :     khrom menambah kekuatan tarik keplastisan, meningkatkan ketahanan terhadap korosi    dan tahan suhu tinggi.
W  :     Membentuk karbid yang keras dan tahan terhadap suhu tinggi, kebanyakan digunakan dalam baja perkasa dan baja potong cepat.
           Mo :     Menambah kekerasan dan kekuatan, terutama pada suhu tinggi.
          Mn  :      Menambah kekuatan, kekerasan dan keuletan.
Si  :      Menambah kekuatan dan elastisitas, ketahan terhadap asam pada suhu tinggi dan memperbaiki tahanan listrik.
Ni  :     Meningkatkan sifat mekanis dan mampu mengurangi sifat magnet, tahan asam dan menurunkan koefisien muai.

Bahan Bakar dan Minyak Pelumas Mesin.Oli atau minyak pelumas bekerja melumasi bagian-bagian mesin khususnya bagian yang bergerak dengan tujuan :
 
1.         Mengurangi gesekan pada permukaan
2.         Membersihkan mesin
3.         Mencegah korosi
4.         Untuk pengecekan
5.         Pendingin


Untuk mencapai tujuan tersebut, minyak pelumas tidak dapat bekerja dengan sempurna oleh karenanya dilakukan penamabahan aditif sehingga kerja minyak pelumas lebih baik.


Contoh penerapannya seperti pada prinsip termodinamika


a .        Motor bensin yang digunakan untuk kendaraan bermotor bekerja berdasarkan siklus otto, dimana mesin mengubah energy panas, dan kemudian diubah lagi menjadi energy gerak yang akan menggerakan roda mobil.
b.         Motor diesel yang biasa digunakan untuk penggerak kendaraan bekerja berdasarkan siklus diesel, dimana energy kimia berubah menjadi energy mekanis.
c.         Mesin jet pada pesawat terbang adalah sebuah turbin gas yang bekerja berdasarkan siklus brayton.
d.         PLTU (pembangkit listrik tenaga uap) bekerja berdasarkan siklus renkine.
e.         Pendingin udara (AC) yang kita gunakan sehari-hari untuk menyejukkan ruangan bekerja berdasarkan siklus reverse rankine.


Kesimpulan
            Mempelajari  sifat  dan  komposisi  logam  yang  baik  untuk  pembuatan  mesin, mempelajari  sifat, komposisi  bahan  bakar, dan  minyak  pelumas  mesin dan berbagai  manfaat  Ilmu  Kimia  di  bidang  mesin.

Daftar pustaka
Seprinalfi, Rozy. 2015. Teknik mesin. Jakarta: Universitas Dharma Andalas. http://rozyvrs26kimiateknikmesin.blogspot.com
Rais, Nasri. 2015. Kimia. Jakarta: Universitas Tarumajaya. http://nasrirais.blogspot.com/2015/10/pentingnya-ilmu-kimia-bagi-prodi-teknik.html
Pangidoan, Roma. 2015. Kimia Teknik Mesin. Bandung:ITB. http://boysromaunidha.blogspot.com/2015/10/pada-kesempatan-ini-kita-akan-membahas.html
Poliban, Hmm. 2011. Kimia Teknik. Banjarmasin: Poliban. http://hmmpoliban.blogspot.com/2011/10/kimia-teknik.html
Zikri,Fahrul. 2015. Ilmu kimia Untuk Program Teknik Mesin. Padang: Universitas Dharma Andalas http://fzeecryunidha.blogspot.com/2015/10/pentingnya-ilmu-kimia-untuk-program.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.