.

Sabtu, 04 Agustus 2018

HORMON PADA TUBUH MANUSIA

Abstrak

Menurut Nugroho (2012), Hormon merupakan senyawa kimia, berupa protein yang mempunyai fungsi untuk memacu atau menggiatkan proses metabolisme tubuh. Dengan adanya hormon dalam tubuh maka organ akan berfungsi menjadi lebih baik. Pada makhluk hidup, khususnya manusia hormon dihasilkan oleh kelenjar yang tersebar dalam tubuh. Cara kerja hormon di dalam tubuh tidak dapat diketahui secara cepat perubahannya, akan tetapi memerlukan waktu yang lama. Tidak seperti sistem saraf yang cara kerjanya dengan cepat dapat dilihat perubahannya. Hal ini karena hormon yang dihasilkan akan langsung diedarkan oleh darah melalui pembuluh darah, sehingga memerlukan waktu yang panjang.

Kata kunci : Hormon dalam tubuh manusia

Isi


Pada makhluk hidup, khususnya manusia hormon dihasilkan oleh kelenjar yang tersebar dalam tubuh. Cara kerja hormon di dalam tubuh tidak dapat diketahui secara cepat perubahannya, akan tetapi memerlukan waktu yang lama. Tidak seperti sistem saraf yang cara kerjanya dengan cepat dapat dilihat perubahannya. Hal ini karena hormon yang dihasilkan akan langsung diedarkan oleh darah melalui pembuluh darah, sehingga memerlukan waktu yang panjang.

Kelenjar itu sendiri terbagi dari 2 madam dalam tubuh manusia , yaitu :
1. Kelenjar Eksokrin yaitu yg ada pada pencernaan
Kelenjar eksokrin adalah kelenjar yang sekret masuk ke sistem saluran yang mengarah pada akhirnya ke luar dari tubuh. Jadi permukaan bagian dalam dari kelenjar dan saluran yang mengalirkan mereka adalah topologi kontinyu dengan bagian luar tubuh (kulit). (Hisham,2015)

2. Kelenjar Endokrin yaitu seperti yg ada pada thyroid
Kelenjar endokrin ialah kelenjar yang menghasilkan produk kimia organik bebas yang biasa disebut hormon. Hormon ini dicurahkan langsung ke dalam sirkulasi darah dan ke dalam cairan jaringan tanpa melalui saluran ke luar. Hormon yang dihasilkan oleh suatu kelenjar endokrin mempunyai fungsi khusus yaitu mengintegrasi dan koordinasi aktifitas suatu macam jaringan atau organ. (Lukman, 2008)


Kelenjar merupakan organ dalam tubuh yang mensintesa hormon.

Fungsi hormon terdiri dari 4 bagian menurut Nugroho (2012), yaitu :
- memacu pertumbuhan dan metabolisme tubuh
- memacu reproduksi
- mengatur keseimbangan 
- mengatur tingkah laku

Ada pula mekanisme kerja hormon sampai menghasilkan respon pada tubuh manusia 
yaitu dimulai dari sekresi endokrin dimana sel endokrin mengalirkan hormon ke darah yang di arahkan ke reseptor,kemudian di neurosekresi dimana badan sel saraf mensekresi hormon lalu dialirkan ke reseptor dan neurotransmisi yaitu sel saraf mengeluarkan sinyal dan mempengaruhi sel sasaran melakukan sesuatu.


Daftar pustaka

Hidayat, Atep Afia dan Kholil,Muhammad.2017.Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Jakarta : Pantona Media.
Hisham.2015
Dalam :
https://hisham.id/2015/06/kelenjar-eksokrin-pengertian-contoh-dan-jenis.html
Kimball, J.W. 1992. Biologi Jilid 3, edisi kelima.Terjemahan Soetarmi T. dan Nawangsari S. Erlangga.Jakarta
Dalam :
http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._KESEHATAN_&_REKREASI/PRODI._KEPERAWATAN/197011022000121-HAMIDIE_RONALD_DANIEL_RAY/Bahan_Kuliah/Kul._Endokrin.pdf
Lukman, Aprizal.2008.Mekanisme Dan Regulasi Hormon Glukokortikoid Pada Manusia.
Dalam :
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=11774&val=861&title=Mekanisme%20Dan%20Regulasi%20Hormon%20Glukokortikoid%20Pada%20Manusia
Nugroho.2012.Sistem Hormon Manusia
Dalam :
http://staff.unila.ac.id/gnugroho/files/2012/12/SISTEM-HORMON-MANUSIA.pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.