.

Sabtu, 04 Agustus 2018

Mengenal Lebih Dalam Polimer Teknik | Engineering Polymers

NUR SOFIYAN 41617110118 @G32-NUR












ABSTRAK
Polimer teknik memiliki sifat unggul tetapi harganya mahal. Konsumsi plastik teknik kimia hingga akhir tahun 1980-anmencapai kira - kira 1,5 x 109 kg/tahun di antaranya poliamida,polikarbonat, asetal, poli(fenilena oksida) dan poliester mewakili sekitar99% dari pemasaran. Yang tidak diperhatikan adalah bahan – bahan berkualitas teknik dari kopolimer akrilonitril, butadiene ,stirena ,berbagai polimer terfluorinasi dan sejumlah kopolimer serta bahan paduan polimer  yang meningkat jumlahnya. Ada banyak kesamaan dalam terutama dalam bidang transportasi seperti (mobil, truk, pesawat udara),konstruksi (perumahan, instalasi pipa ledeng, perangkat keras), barang -barang listrik dan elektronik (mesin bisnis, komputer), mesin - mesinindustri dan barang - barang konsumsi. Selain polimer - polimer yang telah diperlihatkan, kopolimer dan paduan polimer teristimewa yangdisesuaikan untuk memperbaiki sifat (mutu) semakin bertambah jumlahnya. Pemasaran plastik - plastik teknik tumbuh dengan cepatdengan proyeksi pemakaian yang meningkat hingga 10% per tahun

PENDAHULUAN
Sumber daya alam banyak menyediakan beragam jenis polimer , mulai dari protein , selulosa , katun dan wol . semua bahan alami tersebut tergolong makromolekul . kemudian para ahli kimia mempelajari bagaimana cara membuat makromolekul tersebut dengan memanfaatkan laboraturium . Berbagai hasil penelitian mengenai polimer telah terbukti dapat memperbaiki kesehjahteraan hidup manusia terutama melalui aplikasinya untuk bidang pertanian , kedokteran , dan industri.

KEYWORD : Polimer teknik

PERMASALAHANApa yang dimaksud dengan polimer teknik ? dan sifat apa saja yang terdapat pada polimer teknik ?

PEMBAHASAN
Polimer teknik adalah polimer yang memiliki kualitas unggul dengan daya tahan yang lebih baik . polimer ini biasa digunakan untuk berbagai bidang industry , bidang transportasi , bahan kontruksi , barang barang listrik dan elektronik . Adapun yang termasuk dalam katagori polimer teknik adalah sebagai berikut :
1.      Nylon
2.      Polikarbonat
3.      Polisulfon
4.      Poliester
5.      Asetal
6.      Poliamida
7.      Poli (amiadaimida)
8.      Poliarilat
9.      Polietereterketon
10.  Polietermida
11.  Poliimida
12.  Poli (fenelina oksida)
13.  Poli (fenelina sulfide)
14.  Polisulfon

Sifat fisik :

Beberapa faktor yang mempengaruhi sifat fisik polimer sebagai berikut.

     ·         Panjang rata-rata rantai .
     ·         Gaya antarmolekul
     ·         Percabangan
     ·         Ikatan silang antar rantai polimer
     ·         Sifat kristalinitas rantai polimer

 Sifat Makanik
·         Kekuatan Tarik (Tensile Strength):Kekuatan tarik adalah tegangan yang dibutuhkan untuk mematahkan suatu sampel. Kekuatan tarik penting untuk polymer yang akan ditarik,
·         Compressive strength:Adalah ketahanan terhadap tekanan.
·         Flexural strength:Adalah ketahanan pada bending (flexing).
·         Impact strength :Adalah ketahanan terhadap tegangan yang datang secara tiba-tiba.
·         Elongation:Semua jenis kekuatan memberitahu kita berapa tegangan yang dibutuhkan untuk mematahkan sesuatu, tetapi tidak memberitahu kita tentang apa yang terjadi pada sampel kita saat kita mencoba untuk mematahkannya, itulah kenapa kita mempelajari elongation dari polimer. Elongasi merupakan salah satu jenis deformasi. Deformasi merupakan perubahan ukuran yang terjadi saat material di beri gaya. % Elongasi adalah panjang polimer setelah di beri gaya (L) dibagi dengan panjang sampel sebelum diberi gaya (Lo) kemudian dikalikan 100. Elongation-to-break (ultimate elongation) adalah regangan pada sampel pada saat sampel patah.
·         Modulus:Modulus diukur dengan menghitung tegangan dibagi dengan elongasi. Satuan modulus sama dengan satuan kekuatan (N/cm2)
·         Ketangguhan (Toughness):Ketangguhan adalah pengukuran sebenarnya dari energi yang dapat diserap oleh suatu material sebelum material tersebut patah. 


KESIMPULAN

Polimer teknik memiliki kelebihan dibandingkan polimer komersial , dimana pada polimer teknik memiliki kekuatan dan daya tahan yang kuat , sehingga tidak mudah rusak atau hancur . polimer teknik biasa digunakan pada berbagai macam industry seperti transportasi , kontruksi dan sebagai material elektronik .

DAFTAR PUSTAKA

Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil (2017). Kimia, Industri dan Teknologi Hijau. Penerbit Pantona Media. JakartaMODUL 06_Polymer Material_Rev.01 (04.10.17) Universitas MercubuanaSetiawan, Eko . 2015 . https://www.academia.edu/9150167/Material_Teknik_Polimer_Mesin (diunduh tanggal 4 Agustus 2018 )Serang  , Mighuel Chonk . 2017 . https://www.scribd.com/document/354385572/Sifat-Fisik-Dan-Mekanik-Material-Teknik ( diunduh tanggal 4 Agustus 2018 )Pedia, Mesin . 2011 . https://mesinpedia.blogspot.com/2011/11/karakteristik-polimer.html ( diunduh tanggal 4 Agustus 2018 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.