.

Sabtu, 04 Agustus 2018

Kimia dan Penerapannya




@H07-ALFIN
Oleh : Alfin Priyogie 

ABSTRAK

      Kimia merupakan ilmu yang mempelajari sifat, komposisi, dan transformasi materi. Setiap materi memiliki sifat tersendiri yang khas, memiliki komposisi yang unik dan memiliki spesifikasi transformasi menjadi bentuk materi lainnya. Perubahan kimia atau lebih popular dengan istilah rekasi kimia  memungkinkan terbentuknya zat-zat baru yang sebelumnya tidak dikenal. Hal ini memberikan peluang yang besar untuk berbagai kepentingan, mulai dari penerapan di bidang industri, pertanian, kedokteran, konstruksi, dan sebagainya.


PENDAHULUAN

Ilmu Kimia adalah ilmu yang mempelajari komposisi dan sifat materi serta berbagai perubahan yang dialaminya. Sebagaimana cabang sains lainnya Kimia juga berupaya mengungkapkan fakta tentang materi. Adapun pemahaman tentang materi ialah apapun yang dapat menempati ruang dan mempunyai massa. Dengan demikian pada dasarnya Kimia mengupas-tuntas menganai materi dan perubahannya. Dalam Perspektif Kimia materi dapat berubah menjadi materi yang lebih sederhana atau lebih kompleks. Hal itu karena materi meliputi zat murni atau koalisi dari beberapa zat murni (campuran).
Ilmu kimia memilki kedudukan yang begitu penting dan menjadi komponen yang dibutuhkan oleh bidang ilmu lainnya.  Kimia juga sering disebut dengan ” ilmu pusat ” karena dapat menghubungkan ilmu- ilmu yang lain, seperti biologi, fisika, nanoteknologi, ilmu bahan, farmasi, kedokteran, geologi, bioinformat. 

PEMBAHASAN

          Dalam penerapannya ilmu kimia tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia. Karena mulai dari perkara sandang dan pangan, obat- obatan, bahan bakar, konstruksi bangunan sampai bahan produk dan bahan industri elektrik melibatkan ilmu kimia di dalamnya. Beberapa manfaat yang sebenarnya merupakan hasil dari ilmu kimia dalam kehidupan sehari- hari manusia seringkali tidak disadari. Berikut beberapa peranan ilmu kimia dalam berbagai bidang :

1) Peranan Kimia Dalam Bidang Kesehatan
          Ilmu Kimia berperan sangat penting dalam bidang kesehatan, karena kemajuan ilmu kimia berperan dalam penemuan / eksperimen dan [penelitian obat obatan untuk  membantu penyembuhan pasien yang mengidap suatu penyakit, digunakan obat-obatan yang dibuat berdasarkan hasil riset terhadap proses dan reaksi kimia bahan-bahan yang berkhasiat yang dilakukan dalam cabang kimia farmasi.

2) Peranan Kimia Dalam Bidang Pertanian 
          Kimia di bidang pertanian sangatlah penting pada era modern seperti ini. Kemajuan ilmu kimia berperan dalam penemuan dan pembuatan komposisi baru pada pertanian seperti pada pembuatan obat pembasmi hama yang notabene terdiri dari bahan – bahan kimia, kemudian sekarang ini telah berkembang banyak jenis dari pupuk pupuk kimia dipasaran yang juga hasil dari kemajuan ilmu kimia di bidang pertanian.

3) Peranan Kimia Dalam Bidang Geologi
Peran ilmu kimia di bidang geologi adalah mempermudah geolog dalam mempelajari kandungan material bumi seperti logam maupun minyak bumi dengan sifat-sifat kimia dari berbagai material bumi dan teknik analisisnya.

     4) Peranan Kimia Dalam Bidang Hukum
     Di Bidang Hukum Manfaat di bidang hukum yaitu ketika terjadi kejahatan-kejahatan ataupun pembunuhan, dengan begitu dibutuhkan sample hasil tes DNA, yang menggunakan ilmu kimia.

     5) Peranan Kimia Dalam Bidang Pertenakan
Ilmu kimia pada bidang pertenakan sangat berperan khususnya untuk pertenakan di era modern ini. Kemajuan dari ilmu kimia mendorong terobosan-terobosan baru yang dapat meningkatkan nilai ekonomis dari hasil pertenakan ini, contohnya pada penggunaan hormon penggemuk sapi yang tak lepas dari eksperimen-eksperimen kimia di dalam pembuatannya, dan juga pada proses pengolahan dari limbah itu sendiri menjadi pupuk, dll yang  di dalamnya terkandung dari proses-proses pengolahan senyawa2 kimia seperti gas methana, ammonia dan gas organik lainnya.

     6) Peranan Kimia Dalam Bidang Biologi
Peranan kimia di bidang biologi tak bisa dilepaskan, mengingat dari objek2 biologi yang terdiri dari unsur2 senyawa kimia. Pembelajaran enzim, hormon, dll termasuk contoh dari adanya peranan kimia di dalam ilmu biologi. Ilmu kimia bermanfaat untuk mempelajari mekanisme metabolisme dalam sel-sel hidup, mempeljari peran senyawa-senyawa organik seperti protein, lemak, karbohidrat dalam tubuh, dll

     7) Peranan Kimia Dalam Bidang Industri
Penerapan ilmu Kimia di bidang industri, ilmu Kimia seringkali sangat dibutuhkan. Mesin-mesin di industri membutuhkan logam yang baik dengan sifat tertentu yang sesuai dengan kondisi dan bahan-bahan yang digunakan. Seperti semen, kayu, cat, beton, dsb. dihasilkan melalui riset yang berdasarkan ilmu Kimia. Kain sintetis yang Anda gunakan juga merupakan hasil penerapan ilmu Kimia

      8) Peranan Kimia Dalam Bidang Arsitektur
Kimia berperan penting dalam bidang arsitektur. Dengan kemajuan ilmu kimia maka berkembang pula keragaman arsitektur, variasi model, dan bahan-bahannya. Bahan2-baham baru hasil eksperimen dari berbagai senyawa kimia telah menghasilkan banyak komposisi di bidang arsitektur, contohnya dengan adanya penggunaan semen, cat dinding dalam desain pewarnaan, dll.

KESIMPULAN

Ilmu kimia memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat karena manusia setiap hari tidak lepas dari zat - zat kimia. Ilmu kimia termasuk dalam rumpun Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), yang mempelajari gejala khusus yang terjadi pada zat dan segala sesuatu yang berhubungan dengan zat yaitu komposisi, struktur dan sifat, transformasi, dinamika dan energetika zat. Ilmu kimia mempelajari tentang teori, aturan - aturan, fakta, deskripsi dan per istilahan kimia (Depdiknas, 2006).
Ilmu Kimia juga memiliki banyak peranan yang sangat erat dengan kehidupan sebagai upaya dalam peningkatan kesejahteraan, mulai dari kehidupan sehari-hari hingga di berbagai bidang kesehatan, pertanian, geologi, hukum, peternakan, biologi, industry dan arsitektur.

DAFTAR PUSTAKA :

Hidayat, Atep Afia. Dan Kholil, Muhammad.2017. Kimia, Industri dan Teknologi Hijau


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.