.

Sabtu, 04 Agustus 2018

KIMIA DAN PERKEMBANGANNYA



Pengertian

Kimia merupakan ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Kimia merupakan disiplin ilmu yang mempelajari sifat, komposisi dan transformasi materi. Setiap materi memiliki sifat tersendiri yang khas, memiliki komposisi yang unik dan memiliki spesifikasi transformasi menjadi bentuk materi lainnya.

Perekembangan Ilmu Kimia 

Kimia Modern
      Kimia modern berakar dari perkembangan alkimia, metalurgi, dan farmasi di benua-benua Eropa, Afrika, dan Asia.
  • Alkimia, merupakan protosains yang menggabungkan unsur-unsur kimia, fisika, astrologi, seni, semiotika, metalurgi, kedokteran, mistisisme, dan agama. Alkimia dapat dipandang sebagai cikal-bakal ilmu kimia modern sebelum dirumuskannya metode ilmiah.
  • Metalurgi, merupakan ilmu yang mempelajari sifat-sifat kimia dari logam dan cara memanfaatkan logam untuk kegunaan sehari-hari. Kata 'Metalurgi' sebenarnya berasal dari Bahasa Yunani 'Metallougos', merupakan istilah yang digunakan oleh ahli kimia untuk mendeskripsikan ekstraksi logam dari mineral.
  • Farmasi, merupakan salah satu bidang profesional kesehatan yang merupakan kombinasi dari ilmu kesehatan dan ilmu kimia, yang mempunyai tanggung-jawab memastikan efektivitas dan keamanan penggunaan obat.

Kimia Terkini
     Sebagai salah satu cabang sains kimia terus mengalami perkembangan, sehingga harus dibagi menjadi beberapa cabang :
  • Kimia analisis, Studi pemisahan, identifikasi, dan kuantifikasi komponen kimia dalam bahan alam maupun buatan. Analisis kualitatif memberikan indikasi identitas spesies kimia di dalam sampel.
  • Biokimia, Kimia makhluk hidup. Biokimiawan mempelajari molekul dan reaksi kimia terkatalisis oleh enzim yang berlangsung dalam semua organisme.
  • Bioteknologi, Cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.
  • Kimia Anorganik, Salah satu cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang senyawa anorganik dan organologam. Bidang ilmu ini mempelajari seluruh senyawa kimia kecuali senyawa organik (senyawa organik adalah senyawa yang mengandung karbon dan ikatan C-H).
  • Kimia organik, Percabangan studi ilmiah dari ilmu kimia mengenai struktur, sifat, komposisi, reaksi, dan sintesis senyawa organik. Senyawa organik dibangun terutama oleh karbon dan hidrogen, dan dapat mengandung unsur-unsur lain seperti nitrogen, oksigen, fosfor, halogen dan belerang.

Kimia dan Industri 
     Kimia dan industri mempunyai hubungan yang sangat erat, perkembangan ilmu dan tekonologi kimia secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan teknologi industri, seperti pengolahan minyak bumi, petrokimia, pengolahan logam, dan banyak contoh lainnya dalam industri saat ini. 


Daftar Pustaka

Hidayat, Atep Afia dan Kholil,Muhammad.2017.Kimia Industri dan Teknologi Hijau,Jakarta:Pantona Media.

Hasanuddin.2018. Perkembangan Ilmu Kimia. http://kimiadasar.com/perkembangan-ilmu-kimia/ .  Diakses pada (4 Agustus 2018 jam 19.00 WIB)


Natalia, Agnes Devia Advenia.2012. Perkembangan Ilmu Kimia. Makalah Jurusan Psikologi. Dalam : https://agnesdevia.wordpress.com/2012/07/16/perkembangan-ilmu-kimia/. Diakses pada (4 Agustus 2018 pukul 19.00 WIB)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.