.

Sabtu, 11 Agustus 2018

Industri Kimia Dasar


The Essential Chemical Industy dan The University of York, dalam situs web ECI (2013) menjelaskan, bahwa produk idustri kimia meliputi empat kelompok, Yaitu : Kimia Dasar, Kimia Khusus, Kimia Konsumen, dan Kimia yang berkaitan dengan ilmu kehidupan (Biologi).

Kelompok Bahan Industri Kimia

A. Petrokimia ?
Petrokimia adalah suatu industri yang bergerak pada pengolahan bahan kimia dengan menggunakan bahan baku dari hasil dari proses pengolahan minyak bumi dan gas bumi, dari pengertian tersebut jelas kita telah mengerti mengapa kedua industri tersebut memiliki hubungan yaang erat. Pola perkembangan industri petrokimia bergantung pada produk-produk hasil pengolahan minyak dan gas bumi yang tersedia.

B. 3 Bagian Besar Industri Petrokimia, Yaitu,


Produk petrokimia hulu.

Bagian hulu bertindak sebagai proses pengolahan produk dasar (premier) dan akan menghasilkan produk setengah jadi (produk antara) maupun langsung dapat diolah enjadi produk jadi pada bagaian industri hilir. Contoh produk hulu yang diolah menjadi produk setengah jadi anatara lain: propilena, benzena, toluena, etilena, methanol dan sebagainya.
Produk antara.
Produk antara merupakan hasil dari proses pengolahan petrokimia hulu dan selanjutnya akan diolaha menjadi produk siap pakai (jadi) maupun produk yang masih bisa diolah pada proses selanjutnya, contoh dari produk anatara ialah polietilena, ammonia, butena, dikloroetilen-vinil klorida dan sebagainya.
Produk petrokimia hilir.
Bagian ini bergerak sebagai pengolah produk antara menjadi produk jadi sehingga dapat digunakan oleh masyarakat. Berbagai macam jenis produk jadi dengan fungsinya masing-masing seperti pupuk, serat pakaian, alat kosmetik, bahan pelarut, cat, lilin, karet nilon, bahan peledak dan berbagai jenis produk lain.
Industri Petrokimia dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu berbasis Aromatik (Pohon Industri Petrokimia-Berbasis-Aromatik);   Olefin (Pohon Industri Petrokimia Berbasis Olefin); dan C1 (Pohon Industri Petrokimia Berbasis C1).

Petrokimia Berbasis Aromatik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar