.

Sabtu, 04 Agustus 2018

POLIMER

POLIMER

ABSTRACK
Menurut Moore (2007) Sumber alam banyak menyediakan beragam jenis polimer, mulai dari protein, selulosa, katun dan wol. Semua bahan alami tersebut tergolong makromolekul. Kemudian para ahli kimia mempelajari bagaimana cara membbuat makromelekul tersebut dengan memanfaatkan laboratorium.

Keyword : Polimer, plastic


Belakangan ini terdapat enam jenis polimer yang paling banyak digunakan yaitu polyethylene, polypropylene, polyvinyl chloride, polyethylene terephthalate, polystyrene, dan polycarbonate. Setiap polimer memiliki sifat degradasi dan ketahanan panas, cahaya, dan kimia yang berlainan.

Berdasarkan sumbernya meliputi: Polimer alami, terjadi secara alami, seperti kayu, kulit binatang, kapas, karet alam, rambut, wol, karbonhidrat, protein dan selulosa; Berikutnya Polimer semi sintetik, diperoleh melalui hasil modifikasi polimer alam dan bahan kimia, contoh karet sintetis; Berikutnya Polimer sintetis, dibuat melalui polimerisasi dari monomer-monomer, contoh nylon, polyester, polipropilen, dan polistiren.
Menurut Moore (2007) Berdasarkan kegunaanya polimer dikelompokan menjadi: Elastomer (sering disebut karet, bersifat dapat dipantulkan dan diulur) Fiber (sering disebut tekstil, antara lain untuk pembuatan baju dan karpet); serta Plastik (memiliki dapat dicetak).
Berdasarkan aplikasinya polimer dibagi menjadi;
1.     Polimer komersial, dihasilkan di negara berkembang, harganya relatif murah dan banyak digunakan untuk kebutuhan sehari hari contoh : PE, PP, PS, PVC melamin formaldehid
2.     Polimer Teknik, sebagian dihasilkan di negara berkembang dan negara maju. Harganya relative mahal dan canggih dengan sifat mekanik  yang unggul dan daya tahan yang lebih baik. Polimer ini banyak digunakan di bidang transportaasi (kendaraan darat, pesawat), bahan kontruksi dan bangunan (pipa ledeng), barang barang listrik dan elektronik (computer), mesin mesin industry dan barang barang konsumsi (nylon, polikarbonat, polisulfon dan polyester).
3.     Polimer fungsional, dikembangkan di negara mmaju dan dibuat untuk tujuan khusus dengan produksinya dalam skkala kecil. Contoh: Kevlar, yaitu serat fiber sintetis aramid yang memiliki kekuatan 5 kali baja dengan berat yang sama, anatara lain digunakan untuk rompi anti peluru; Nomex; Textura; Polimer penghantar arus dan foton; polimer peka cahaya, membrane dan biopolymer.

Daftar pustaka 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.