.

Sabtu, 03 Februari 2018

Transformasi Bahan Kimia Dalam Industri Pertanian


Oleh : Andreas Yoga Pratama 
(@F32-Andreas, @ProyekD01)











Abstrak
Kimia dan industri mempunyai hubungan yang sangat erat dan saling berkaitan. Dalam perkembangan ilmu dan teknologi kimia secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan teknologi industri. Aplikasi ilmu kimia dalam bidang industri semakin luas dan berkembang pesat. Pertama-tama kita harus ketahui apa itu pengertian industri. Industri merupakan suatu kelompok usaha proses yang mengubah bahan baku menjadi produk yang berguna dan dapat digunakan secara langsung oleh konsumen. Istilah produk dalam kimia industri melibatkan industri yang menghasilkan zat kimia dan limbah kimia.

Kata kunci : Kimia Pertanian, Pupuk, Pestisida

Pembahasan
Menurut Sri dan Suci (2003) dalam Jamilah dan Mariani Sembiring  (2015), bahwa peningkatan pemakaian pupuk kimia dan pestisida dapat menyebabkan masalah lingkungan yang serius. Seiring dengan berkembangnya kesadaran tentang sistem pertanian organik, makin disadari pentingnya pemanfaatan bahan organik dalam pengelolaan hara di dalam tanah. Penggunaan bahan organik ke dalam tanah pada sistem pertanian ini diyakini dapat memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah sehingga menentukan warisan untuk generasi mendatang. Oleh dari itu, para peneliti terus bekerja supaya menemukan cara bagaimana reaksi bahan kimia dapat aman bagi lingkungan.

Bila menurut Nay (2013), bahan kimia yang sering digunakan adalah asam sulfat. Asam sulfat terbuat dari belerang yang diproses sedemikian rupa sehingga menjadi asam sulfat. Asam sulfat banyak digunakan oleh industri pupuk, industri minya, industri tekstil, dll.
Dalam bidang pertanian yaitu:
1. Bahan kimia dalam pupuk
Ada dua jenis pupuk yang digunakan dalam pertanian yaitu pupuk alami (berasal dari hewan dan tumbuhan), misalnya pupuk kandang dan pupuk kompos dan pupuk buatan (hasil industri) misalnya pupuk yang mengandung nitrogen, fosfor dan kalium. Selain bahan tersebut unsur-unsur seperti zink, mangan dan kobalt juga sangat diperlukan oleh tumbuhan agar tumbuhan tumbuh dengan subur.
2. Bahan kimia dalam pestisida
Pestisida adalah bahan racun yang dapat membunuh hewan atau tanaman yang mengganggu tanaman yang sedang dipelihara oleh manusia sehingga tanaman bisa terbebas dari hama tanaman yang merusak. Macam-macam pestisida diantaranya:
Insektisida yaitu pestisida yang digunakan untuk membunuh serangga.
Fungisida yaitu pestisida yang digunakan untuk membunuh jamur.
Herbisida yaitu pestisida yang digunakan untuk membunuh tumbuhan pengganggu atau gulma.
Rodentisida yaitu pestisida yang digunakan untuk membunuh binatang pengerat, misalnya tikus.
Akarisida yaitu pestisida yang digunakan untuk membunuh tungau dan caplak (acarina).

Kesimpulan
Dalam perkembangan ilmu dan teknologi kimia secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan teknologi industri. Aplikasi ilmu kimia dalam bidang industri semakin luas dan berkembang pesat. Seiring berkembangnya teknologi dari waktu ke waktu, maka para ilmiah melakukan penelitian dan percobaan. Penelitian yang menggunakan bahan kimia dan diaplikasikan ke dalam industri, khususnya industri pertanian. Bahan kimia yang sering digunakan dalam pertanian adalah asam sulfat. Asam sulfat terbuat dari belerang yang diproses sedemikian rupa sehingga menjadi asam sulfat. Dalam pengaplikasiannya terhadap pertanian terdapat pada pupuk dan pestisida.

Daftar Pustaka
-       Hidayat, Atep Afia dan M. Kholil. 2017. Kimia Industri dan Teknologi Hijau. Patona Media : Jakarta
-       Rizky Dharmawan Margolang, Jamilah dan Mariani Sembiring. 2015. Karakteristik Beberapa Sifat Fisik, Kimia, dan Biologi Tanah Pada Sistem Pertanian Organik. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=334776&val=4122&title=Karakteristik Beberapa Sifat Fisik, Kimia, dan Biologi Tanah Pada Sistem Pertanian Organik (diunduh tanggal 28 Januari 2018)

-       Nay. 2013. Bahan Kimia Di Bidang Industri dan Pertanian. http://umum.galihpamungkas.com/2013/11/01/bahan-kimia-di-bidang-industri-dan-pertanian/ (diunduh tanggal 29 Januari 2018)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.