.

Rabu, 13 Desember 2017

Teknologi Pengendalian Pencemaran Lingkungan


Teknologi sungguh bermacam-macam. Ada teknologi informasi, komunikasi, transportasi, pengobatan, pendidikan, mesin, elektronika, bangunan, robot, dan masih banyak lagi. Tentu saja semua alat-alat teknologi tersebut memberikan dampak positif dan negatif terutama bagi lingkungan.
Adapun salah satu dampak positifnya adalah proses penghijauan lingkungan semakin mudah. Misalnya, di saat kita ingin menanam pohon tentu saja kita menggunakan teknologi. Seperti teknologi informasi untuk mencari tahu bagaimana cara menanam dan memelihara pohon tersebut, teknologi mesin untuk menggali tanah, teknologi untuk membuat pupuk, teknologi komunikasi untuk mengajak teman-teman kita atau orang lain untuk ikut menanam pohon, teknologi kamera untuk mendokumentasikan kegiatan kita, dan masih banyak lagi. Teknologi tersebut memberikan kemudahan kepada kita untuk melakukan gerakan penghijauan lingkungan. Pencemaran yang juga sangat prihatin ialah pencemaran yang di akibatkan oleh sampah, lingkungan di Jakarta sampah sudah jadi pemandangan yang tidak asing. Maka dengan itu di ciptakan alat pengolah sampah jadi BBM untuk pengendalian pencemaran lingkungan.    

Mesin Pengolah Sampah Plastik Jadi BBM :
Mesin pengolah sampah plastik jadi BBM merupakan mesin yang berfungsi untuk mengolah limbah atau sampah plastik menjadi Bahan Bakar Minyak. Mesin pengolah sampah plastik jadi BBM sering juga disebut Mesin Pirolisis PlastikMesin pengolah sampah plastik jadi BBM ini dapat menjadi solusi dalam menangani masalah sampah plastik. Plastik tidak lagi dianggap sebagai masalah, namun bisa dimanfaatkan menjadi salah satu sumber energi alternatif.
 Kegunaan Mesin Pengolah Sampah Plastik Jadi BBM :
Sampah plastik yang semakin meningkat, akan menjadi masalah serius bila tidak dicari penyelesaiannya. Sampah plastik akan berdampak negatif terhadap lingkungan karena tidak dapat terurai dengan cepat dan dapat menurunkan kesuburan tanah. Penanganan sampah plastik yang popular selama ini adalah 3 R (Reuse, Reduce, Recycle). Salah satu alternatif yang dilakukan adalah dengan memanfaatkan sampah plastik menjadi sesuatu yang bermanfaat. Misalnya mengolah limbah plastik menjadi energi. Dengan Mesin Pengolah Sampah Plastik Menjadi BBM, limbah plastik yang tidak dimanfaatkan untuk menjadi biji plastik dan kerajinan bisa diolah menjadi Bahan Bakar Minyak.
Dengan mesin pengolah sampah plastik jadi BBM, dua permasalahan penting bisa diatasi, yaitu bahaya menumpuknya sampah plastik dan mendapatkan sumber energi alternatif . Teknologi untuk mengkonversi sampah plastik menjadi bahan bakar minyak yaitu dengan metode Pirolisis/ Cracking (perekahan).
Setiap satuan berat plastik, dapat menghasilkan:
• 70% minyak ( tergantung jenis plastik )
• 16% gas
• 6% carbon solid
• 8% air
Mesin pengolah sampah plastik jadi BBM dapat digunakan di Rumah Sakit, Klinik, Perusahaan, Industri, UKM, Tempat Pengolahan Sampah Terpadu, Bank Sampah, Sekolah, Universitas, Dinas Pasar, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan unit pengolahan sampah lainnya

Cara kerja Mesin Pengolah Sampah Plastik Jadi BBM : 
Sebagaimana kita ketahui, bahwa plastik sendiri terbuat dari minyak bumi. sehingga proses mengkonversi sampah plastik menjadi bbm hanya mengembalikan plastik ke bentuk asalnya. Teknologi mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak ini menggunakan metode pirolisis, yaitu memanaskan plastik pada suhu tertentu tanpa oksigen.
Pada suhu tertentu plastik akan mencair dan kemudian berubah menjadi gas. Gas dari hasil pemanasan tersebut mengalami proses pendinginan dan membentuk cairan. Sehingga cairan inilah yang menjadi bahan bakar berupa minyak plastik yang setara dengan solar dan premium.

Keunggulan Mesin Pengolah Sampah Plastik Jadi BBM :
1. Membantu program pemerintah dalam rangka mengurangi sampah plastik
2. Membantu program pemerintah dalam rangka menciptakan solusi energi terbarukan
3. Menjadi alternatif sumber energi bagi pelaku usaha
4. Membantu masyarakat mendapatkan sumber energi alternatif
5. Sumber bahan baku plastik melimpah dan mudah didapatkan
6. Operasional usaha mudah dijalankan
7. Hasil produk minyak

Daftar Pustaka :
http://kiarapedes2.blogspot.co.id/2011/01/dampak-teknologi-terhadap-lingkungan.html
https://nabilahmaudiyanti28.wordpress.com/2015/10/19/dampak-teknologi-terhadap-lingkungan/
https://www.kompasiana.com/syamsiro/mengintip-teknologi-pengolahan-sampah-plastik-menjadi-bahan-bakar-minyak-bbm-di-jepang_552823c46ea834af448b457d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.